Sejarah Hari Ini: 26 Desember 2004, Gempa & Tsunami Samudra Hindia Tewaskan 250.000 Orang
Dampak gempa bumi dan tsunami di Aceh, 2004. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,9 sR mengoyak Samudra Hindia, lepas pantai Aceh, 26 Desember 2004. Gempa bumi tektonik itu kemudian memicu tsunami yang menewaskan sedikitnya 250.000 orang di belasan negara di Asia Tenggara, Asia Selatan dan pantai Afrika Timur.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 26 Desember. Berikut rangkuman Sejarah Hari Ini, 26 Desember, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1793
Pertempuran Wissembourg II antara Prancis dan Austria meletus di Wissembourg, Bas-Rhin, Prancis. Salah satu pertempuran di masa Perang Revolusi Prancis itu berlangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan Prancis. Austria yang kalah terpaksa harus menarik pasukannya dari wilayah Wissembourg.

1806
Pasukan Rusia berhasil mengalahkan pasukan Prancis di Goymin, Polandia. Atas kemenangan Rusia itu, pasukan Prancis gagal menguasai wilayah Goymin yang kala itu masih dikuasai Rusia.

1806
Pasukan Prusia yang dibantu pasukan Rusia mengalahkan pasukan Prancis di Pultusk, Prusia Timur Baru yang kini menjadi bagian dari Polandia. Pada pertempuran itu, jumlah tentara Prancis memang kalah jauh. Prancis hanya membawa sekitar 25.000 tentara sedangkan Prusia dan Rusia mengerahkan 40.000 hingga 45.000 tentaranya.

Pangeran Antasari. (Wikimedia.org)
Pangeran Antasari. (Wikimedia.org)

1859
Kapal Onrust milik Belanda ditenggelamkan laskar pengikut Pangeran Antasari dalam Perang Banjar di Lewu Lutung Tuwur, Barito Utara Kalimantan Tengah. Serangan itu dipimpin para panglima Dayak, di antaranya ada Panglima Sogo.

1871
Untuk kali pertama, masyarakat di Inggris, Wales,dan Irlandia Utara merayakan Boxing Day. Boxing Day merupakan hari ke-2 perayaan Natal dan awalnya dirayakan di lingkungan kerajaan. Boxing Day sekaligus dimanfaatkan untuk memperingati Hari Santo Stefanus.

1943
Kapal perang milik Jerman, Scharnhorst, tenggelam setelah terlibat dalam pertemuran North Cape, Norwegia melawan Inggris. Pasukan Jerman yang memang hanya mengandalkan kapal Scharnhorst kalah dalam pertempuran tersebut.

1990
Aaron James Ramsey lahir di Caerphilly, Wales. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub besar di Inggris, Arsenal, sejak 2008. Pemain yang berposisi sebagai pemain tengah itu tercatat sudah mencetak 32 gol dari 225 penampilannya bersama Arsenal di Liga Inggris.

Bendera Uni Soviet. (Freepik.com)
Bendera Uni Soviet. (Freepik.com)

1991
Uni Soviet yang sudah berdiri sejak 1922 secara resmi dibubarkan. Sehari sebelumnya, pemimpin Uni Soviet Mikhail Sergeyevich Gorbachev resmi melepas jabatannya.

2003
Gempa bumi berkekuatan 6,6 sR mengguncang Kota Kuno Bam di Iran bagian selatan. Gempa bumi itu merusak situs kuno Citadel Arg-e Bam. Selain itu, bencana tersebut juga menewaskan lebih dari 10.000 orang.

2004
Gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,9 sR mengoyak Samudra Hindia, lepas pantai Aceh. Gempa bumi tektonik itu kemudian memicu tsunami yang menewaskan sedikitnya 250.000 orang di belasan negara di Asia Tenggara, Asia Selatan dan pantai Afrika Timur.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho