Sejarah Hari Ini: 25 Juni 2009 Michael Jackson Meninggal

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 25 Juni.

 Penyanyi Michael Jackson saat diundang ke Gedung Putih. (Wikipedia.org)

SOLOPOS.COM - Penyanyi Michael Jackson saat diundang ke Gedung Putih. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Michael Joseph Jackson lebih dikenal dengan nama Michael Jackson meninggal dunia di usia 50 tahun, pada 25 Juni 2009 karena serangan jantung.

Masih banyak peristiwa bersejarah dan penting yang terjadi pada 25 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

1689

Armada kapal Bangsa Portugal dipimpun Kapten Cotingo memasuki sungai di Kalimantan kini menjadi wilayah Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kedatangan mereka untuk menjalin hubungan dengan orang Dayak Ngaju demi menghadapi pasukan Kesultanan Banjar.

1928

Komunitas orang Yahudi di Amerika Serikat (AS) menyatakan tekad mereka untuk mengumpulkan dana US$3 juta dalam kurun waktu lima tahun. Pengumpulan dana dilakukan mereka demi kembali ke Palestina dan membangun permukiman Yahudi di Palestina.

BJ Habibie
BJ Habibie. (dok.Solopos.com)

1936

Bacharuddin Jusuf Habibie lebih dikenal dengan nama BJ Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni. Ia presiden ke-3 Indonesia, menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 24 Juni 1987 Lahirnya Pemain Sepakbola Lionel Messi

1938

Tanggal 25—27 Juni 1938 dilangsungkan Kongres Bahasa Indonesia I di Solo. kongres pertama ini memutuskan bahwa buku buku tata bahasa yang sudah ada tidak memuaskan lagi, tidak seusai dengan perkembangan bahasa Indonesia sehingga perlu disusun tata bahasa baru yang sesuai dengan perkembangan bahasa.

1944

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan Inggris membombardir Kota Cherbourg, Prancis untuk membantu pasukan Angkatan Darat AS yang berusaha mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Cherbourg.

1948

Tentara Amerika Serikat (AS) dan Inggris melakukan patroli di perbatasan Berlin Barat di Jerman Barat dan Berlin Timur di Jerman Timur. Patroli itu menyusul ketegangan antara pihak AS-Inggris yang menguasai Jerman Barat dan Uni Soviet yang menguasai Jerman Timur.

Baca juga: AHY Sowan Prabowo, Ini Hasil Pertemuan di Kertanegara

perang korea perang korea korea
Pasukan AS yang terlibat dalam Perang Korea. (Wikipedia.org)

1950

Perang Korea yang melibatkan kubu Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) meletus di Semenanjung Korea setelah pasukan Korut menyerang pasukan Korsel. Perang mereda setelah ada gencatan senjata pada 1953 meski tak ada perjanjian damai.

1951

Acara televisi berwarna komersial pertama ditayangkan melalui saluran Columbia Broadcasting System (CBS) di Amerika Serikat (AS). Diperkirakan sekitar 40.000 orang melihat program televisi berwarna pertama itu.

1967

The Beatles merekam lagu All You Need Is Love dan ditayangkan secara langsung di televisi. Perekaman lagu itu ditayangkan di saluran televisi BBC dan disiarkan di 26 negara.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 23 Juni 2012 Grup Musik Westlife Bubar

1975

Mozambik memperoleh kemerdekaannya dari Portugal dan mendeklarasikan sebuah negara dengan nama resmi Republik Rakyat Mozambik. Setelah merdeka, rezim komunis menguasai Mozambik hingga akhir 1990.

1978

Piala Dunia FIFA 1978 dimenangkan Argentina yang mengalahkan Belanda 3-1 setelah Perpanjangan waktu di final. Ini adalah gelar pertama bagi Argentina yang menjadi tim ke enam (setelah Uruguay, Italia, Jerman Barat, Brasil, dan Inggris) yang menjadi juara.

2009

Michael Joseph Jackson lebih dikenal dengan nama Michael Jackson meninggal dunia di usia 50 tahun karena serangan jantung yang disebabkan keracunan propofol dan benzodiazepin. Michael Jackson dijuluki King of Pop atau Raja Musik Pop.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      + PLUS Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Berita Terkini

      Harga Gandum Mahal? Tenang, IPB Berhasil Buat Mi dari 5 Bahan Ini Lo...

      Institut Pertanian Bogor di Jawa Barat berhasil membuat mi menggunakan lima bahan dasar pangan lokal, yakni jagung, ganyong, sukun, kasava atau singkong, dan sagu.

      212 Calon PMI Ilegal Gagal Berangkat ke Kamboja, Terkait Judi Online?

      Sebanyak 212 calon PMI dari berbagai provinsi gagal berangkat ke Kamboja saat transit di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut) pada Jumat (12/8/2022) lalu.

      Keluarga Bharada E Minta Maaf, Begini Jawaban Ayah Brigadir J

      Keluarga Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E kembali meminta maaf kepada keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

      Kuasa Hukum Sebut Bos Duta Palma Surya Darmadi Akan Ikuti Proses Hukum

      Kuasa hukum bos PT Duta Palma, Surya Darmadi, menyatakan kliennya bakal tiba di Indonesia, Minggu (14/8/2022) dan siap menghadiri rangkaian proses hukum.

      Latihan Super Garuda Shield 2022 Resmi Ditutup

      Latihan Tempur Super Garuda Shield tahun 2022 yang dilaksanakan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan selama 14 hari secara resmi ditutup pada Minggu (14/8/2022).

      Satu Mobil Hias Jakarnaval 2022 Terbakar saat Parade, Begini Ceritanya

      Satu unit mobil hias terbakar saat Parade Jakarnaval 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta, pada Minggu (14/8/2022).

      Ahli Komunikasi: Kasus Brigadir J Jangan Berlarut-larut Kayak Sinetron!

      Akademisi UIN Jakarta, Moh. Ali Irvan, meminta Kabareskrim Polri agar bertindak tegas menangani kasus penembakan Brigadir J dan jangan berlarut-larut seperti sinetron.

      Besok, Komnas HAM Cek Lokasi Penembakan Brigadir J di Duren Tiga Jaksel

      Komnas HAM akan mengecek TKP penembakan Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Polri Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Senin (15/8/2022).

      Timsus Polri Berangkat ke Magelang Telusuri Motif Penembakan Brigadir J

      Kabareskrim Polri. Komjen Pol. Agus Andrianto, menyampaikan bahwa penyidik dari tim khusus Polri berangkat ke Magelang untuk menyelidiki motif penembakan Brigadir J.

      Kecelakaan Maut Truk Hantam 5 Kendaraan di Cianjur, 6 Orang Meninggal

      Kecelakaan maut melibatkan truk bermuatan terigu dengan lima kendaraan di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menyebabkan enam orang meninggal.

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Mengendus Peran Putri Sambo dalam Kasus Brigadir J

      “Miss X ini adalah Ibu Putri sendiri. Ini keterangannya Richard. Jadi Ibu Putri sama Pak Sambo memanggil ya Pak Kuwat, Pak Richard, Ricky."

      Komunikasi dan Sinergi Kunci Menghadapi Ancaman Krisis Pangan

      Sinergi yang kuat dan komunikasi efektif menjadi unsur penting dalam upaya mempercepat diseminasi informasi melalui kanal milik instansi pemerintah untuk menghadapi ancaman krisis pangan.

      Bohong Dilecehkan, Putri Istri Ferdy Sambo Ikut Pembunuhan Brigadir J?

      Apakah Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo, terlibat dalam pembunuhan Brigadir J?

      Ini Dia Daftar Pesawat Tempur Milik Indonesia, Gagah Banget!

      Tahukah Anda bahwa kekuatan militer di suatu negara dapat dilihat dari armada perangnya? Nah berikut ini Solopos.com sajikan daftar pesawat tempur milik Indonesia.

      Mahfud MD: Ferdy Sambo Bikin Jebakan Tutupi Pembunuhan Brigadir J

      Mhfud MD menyebut Ferdy Sambo membuat jebakan psikologis untuk menutupi pembunuhan Brigadir J.