SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Komandan Koninklijke Nederlands-Indische Leger (KNIL) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda, Dirk Cornelis Buurman van Vreeden, menyerahkan markas besar KNIL kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 25 Juli 1950.

Penyerahan markas besar KNIL kepada TNI itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 25 Juli dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 25 Juli:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1603
Raja Skotlandia, James VI, dinobatkan sebagai raja Inggris dan Irlandia dengan nama James I. Ia adalah raja Irlandia yang menggantikan ibunya, Mary, saat dirinya masih berusia satu tahun. James VI lantas memimpin Skotlandia, Inggris, dan Irlandia hingga akhir hayatnya pada 27 Maret 1625.

1799
Pasukan Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte yang berjumlah 7.700 tentara dengan 1.000 penunggang kuda berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman yang berjumlah 18.000 tentara dalam Pertempuran Abukir di Abu Qir, Mesir. Kemenangan Prancis itu sekaligus membuat Kesultanan Ottoman kehilangan kekuasaan atas Abu Qir.

1894
Pertempuran Pungdo yang melibatkan pasukan Tiongkok dan Jepang meletus di Asan, Korea setelah pasukan Jepang menyerang kapal perang milik Tiongkok. Pertempuran tersebut berhasil dimenangi Jepang dan memicu Perang Tiongkok-Jepang I yang berlangsung hingga 17 April 1895.

1917
Pengadilan Prancis menetapkan seorang penari berkebangsaan Belanda, Margaretha Geertruida Zelle, atau yang lebih dikenal sebagai Mata Hari, sebagai mata-mata Jerman di Prancis. Pengadilan lantas menjatuhi hukuman mati bagi Mata Hari. Mata Hari dieksekusi dengan ditembak mati pada 15 Oktober 1917.


Benito Mussolini. (Politico.com)
1943
Pemimpin Italia yang sudah berkuasa selama 21 tahun, Benito Musolini, terpaksa melepaskan kekuasaannya setelah Majelis Agung Fasisme Italia memakzulkannya. Ia lantas digantikan Pietro Badoglio.

1943
Pasukan Kanada memulai Operasi Musim Semi di Bukit Verrieres, Prancis demi mengusir pasukan Jerman. Namun karena pertahanan Jerman yang kokoh, operasi itu terhitung gagal dan bahkan menjadi operasi militer paling berdarah bagi Kanada selama Perang Dunia II. Sekitar 450 tentara Kanada tewas dalam Operasi Musim Semi.

1950
Komandan Koninklijke Nederlands-Indische Leger (KNIL) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda, Dirk Cornelis Buurman van Vreeden, menyerahkan markas besar KNIL kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI). Penyerahan markas itu sekaligus menjadi tanda pembubaran KNIL yang sudah berdiri selama 120 tahun.


Louise Brown saat dewasa. (Youtube)
1978
Bayi tabung pertama lahir di Rumah Sakit Oldham General, Oldham, Manchester, Inggris. Bayi tabung pertama itu berjenis kelamin wanita dan dinamai Louise Brown. Kini, Louise Brown hidup sehat dan sudah menikah dengan Wesley Mullinder pada 2004 silam.

1986
Sekelompok orang menghentikan bus di Negara Bagian Punjab, India dan meminta semua orang beragama Hindu keluar dari bus. Sebanyak 15 orang ditembak mati sekolompok orang yang dituding sebagai orang Sikh. Peristiwa itu adalah salah satu bagian dari serangkaian konflik berdarah di India yang terjadi antara 1980 hingga 1990-an.

2006
Georgia mulai menginvasi Abkhazia dengan menempatkan pasukannya di tempat-tempat strategis di Abkhazia. Hal itu lantas diprotes Rusia yang menganggap Georgia telah melanggar perjanjian damai yang ditandatangani di Moskow pada 1994. Meski diprotes, Georgia justru juga meminta Rusia untuk menarik pasukannya yang ditempatkan di Abkhazia. Abkhazia adalah sebuah negara yang kedaulatannya tak diakui dunia Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya