Sejarah Hari Ini: 25 Januari 750, Kekhalifahan Umayyah Runtuh
Benteng Al-Ukhaidir di dekat Karbala, Irak, merupakan benteng pertama yang dibangun di masa Kekhalifahan Abbasiyah. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Kekhalifahan Ummayah runtuh setelah kalah bertempur melawan pasukan pemberonyak Abbasiyah pimpinan As-Saffah dalam pertempuran di Zab Raya, wilayah antara Turki dan Irak, tepat pada 25 Januari 750. Kekalahan Kekhalifahan Ummayah itu menandai berakhirnya Pemberontakan Abbasiyah yang kemudian berkuasa menggantikan Kekhalifann Umayyah.

Runutuhnya Kekhalifahan Umayyah itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 25 Januari. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

750
Pasukan Pemberontak Abbasiyah pimpinan As-Saffah berhasil mengalahkan pasukan Umayyah yang dipimpin Marwan II dalam pertempuran di Zab Raya, wilayah antara Turki dan Irak. Pertempuran itu merupakan yang terakhir di masa Pemberontakan Abbasiyah yang mengakibatkan runtuhnya Kekhalifahan Umayyah yang berdiri sejak 661. Kekhalifahan Ummayah kemudian digantikan Kekhalifahan Abbasiyah yang berdiri hingga 1517.

1576
Penjelajah asal Portugal Paulo Dias de Novais mendirikan permukiman di wilayah pantai barat Afrika dengan nama Sao Paulo da Assumpcao de Loanda. Kini, wilayah tersebut menjadi ibu kota Angola dan dikenal dengan nama Kota Luanda.

1879
Bank Nasional Bulgaria secara resmi didirikan di Sofia, Bulgaria. Bank tersebut merupakan bank sentral tertua ke-13 di dunia. Meski secara resmi didirkan pada 25 Januari 1879, Bank Nasional Bulgaria baru beroperasi 6 Juni di tahun yang sama.

Thomas Alva Edison (kiri) dan Alexander Graham Bell (kanan). (Scroll.in-Biography.com)
1881
Thomas Alva Edison dan Alexander Graham Bell seacra resmi mendirikan perusahaan telepon bernama Oriental Telephone Company. Perusahaan tersebut memegang izin untuk menjual produknya di Yunani, Turki, Afrika Selatan, India, Jepang, Tiongkok, dan beberapa negara lain di Asia.

1918
Ukraina memproklamasikan kemerdekaannya dari Rusia. Kemerdekaan Ukraina itu tak berlangsung lama setelah menjadi bagian Uni Soviet pada 1922. Ukraina baru merdeka dari Uni Soviet pada 1991.

1932
Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Tiongkok meletus di Harbin, Manchuria, Tiongkok. Salah satu pertempuran di masa Invasi Jepang ke Manchuria itu berlangsung selama 11 hari dan berakhir dengan kemenangan Jepang. Tiongkok yang kalah harus rela kehilangan sekitar 1.800 tentaranya yang tewas.

1942
Thailand secara resmi mendeklarasikan perang terhadap Sekutu dalam Perang Dunia II. Deklarasi perang itu dipicu serangan udara yang dilancarkan Sekutu ke ibu kota Thailand, Bangkok, sehari sebelumnya.

1945
Pertempuran Bulge antara pasukan Jerman dan Sekutu di Belgia, Luksemburg, dan Jerman resmi berakhir dengan kemenangan Sekutu. Atas kemenangan di pertempuran yang berlangsung hampir sebulan itu, kesempatan Sekutu merebut wilayah kekuasaan Jerman di masa Perang Dunia II semakin besar. Hasil pertempuran itu juga menjadi tanda-tanda kemunduran Jerman dalam Perang Dunia II.

Xavier Hernandez Creus. (Uefa.com)
1980
Xavier Hernandez Creus lahir di Terrassa, Spanyol. Namanya kemudian menjadi terkenal saat mulai menjadi pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Liga Spanyol, Barcelona. Gelandang tengah yang akrab disapa Xavi itu membela Barcelona sejak 1998 hingga 2015 dan sudah mencetak 58 gol dari 505 penampilannya di Liga Spanyol. Sejak 2015 hingga kini, Xavi membela salah satu klub di Qatar, Al Sadd SC.

1981
Alicia Augello Cook dilahirkan di Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi, penulis lagi, aktris, sekaligus produser rekaman dengan nama panggung Alicia Keys. Berkairer di dunia hiburan sejak 1996 silam, Alicia Keys sudah menorehkan enam album studio dan membintangi sejumlah judul serial televisi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom