Sejarah Hari Ini: 25 Februari 1932, Adolf Hitler Jadi Warga Negara Jerman

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pemimpin Partai Nazi Adolf Hitler berhasil memperoleh kewarganegaraan Jerman, 25 Februari 1945. Kewarganegaraan Jerman yang diperoleh Hitler itu kemudian memuluskan usahanya untuk menjadi pemimpin Jerman.

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 25 Februari setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 25 Februari yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

Ilustrasi pasukan Teutonik. (Realmofhistory.com)
1336
Pasukan Teutonik berhasil mengalahkan pasukan pertahanan Lituania di Pilenai. Sekitar 4.000 tentara pertahanan Lituania di Pilenai kemudian lebih memilih bunuh diri dibanding ditangkap pasukan Teutonik.

1570
Pemimpin Gereja Katolik Paus Pius V menyatakan ekskomunikasi bagi Ratu Elizabeth I dan para pengikutnya dari Gereja Inggris. Ratu Elizabeth I dan para pengikutnya dianggap telah melakukan pelanggaran berat menurut Gereja Katolik. Dalam Gereja Katolik, istilah ekskomunikasi adalah hukuman terberat yang dijatuhkan gereja kepada seseorang yang melakukan dosa tertentu yang sangat berat.

1821
Petinggi militer Yunani, Alexander Ypsilantis, mengumumkan kemerdekaan Yunani dari Kesultanan Ottoman di Iasi, Rumania. Selain itu, ia mengklaim telah mendapatkan bantuan dari kekuatan besar untuk melawan Kesultanan Ottoman dalam Perang Kemerdekaan Yunani. Bantuan besar yang ia maksud adalah negara yang dianggap memiliki kekuatan militer hebat seperti Kekaisaran Rusia.

1916
Pasukan Jerman berhasil merebut wilayah Douaumont dari Prancis di tengah berlangsungnya Pertempuran Verdun. Namun demikian, kekuasaan Jerman di wilayah Douaumont tak bertahan lama setelah kalah dari Prancis dalam Pertempuran Verdun yang berakhir pada 18 Desember 1916.

1921
Pasukan Rusia berhasil menguasai Ibu Kota Georgia di Tbilisi dalam usahanya menguasai sejumlah negara di Eropa Timur yang kelak menjadi Uni Soviet. Sekitar setahun kemudian, Georgia secara resmi menjadi salah satu negara anggota Uni Soviet.

1932
Pemimpin Partai Nazi Adolf Hitler berhasil memperoleh kewarganegaraan Jerman. Sebelumnya Hitler merupakan pria berkewarganegaraan Austria. Kewarganegaraan Jerman yang diperoleh Hitler itu kemudian memuluskan usahanya untuk menjadi pemimpin Jerman.

1933
Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) pertama yang dirancang untuk mengangkut pesawat atau yang disebut dengan kapal induk diluncurkan. Kapal induk pertama milik AS itu diberi nama USS Ranger.

George Harrison. (Rollingstone.com)
1943
George Harrison lahir di Wavertree, Liverpool, Inggris. Namanya kemudian dikenal sebagai gitaris dari band legendaris asal Liverpool, The Beatles, sejak awal terbentuk pada 1960 hingga bubar pada 1970. George meninggal pada 2001 karena kanker tenggorokan dan kanker paru-paru.

1945
Turki mendeklarasikan perang terhadap Jerman dalam Perang Dunia II. Padahal sebelumnya, Turki merupakan negara netral dalam Perang Dunia II. Dengan deklarasi perang itu, secara otomatis Turki menjadi anggota Sekutu meski Perang Dunia II sedah mendekati akhir.

1968
Tentara Korea Selatan (Korsel) membunuh dan membakar hidup-hidup 135 warga sipil tak bersenjata di Desa Ha My, Provinsi Quang Nam, Vietnam pada masa Perang Vietnam-Korsel. Kekejaman tentara Korsel itu kini dikenang rakyat Vietnam dengan nama Pembantaian Ha My.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.

Eks Napi Terorisme Desak Pembubaran BNPT

Para eks Napiter NKRI itu meyebut program BNPT pemberdayaan para alumni napiter yang sudah bebas tidak jelas.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Rusak Gembok, Pasutri di Ponorogo Mencuri di Toko Dua Kali

Pasangan suami ini dua kali berturut-turut mencuri di sebuah Toko di Desa Brahu, Kecamatan Siman, Ponorogo.

500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha

500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha

Dukung Herd Immunity, PDIP Grobogan Gelar Vaksinasi Gratis

Kegiatan vaksinasi yang digagas DPC PDIP Grobogan dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan menyasar 1.000 warga.

KAI Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA sampai Sarjana

PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka rekrutmen pegawai untuk beberapa posisi seperti masinis sampai teknisi pemeliharaan.

Mesin ATM Bank Jateng di Kota Semarang Dibobol, Rp849 juta Raib

Peristiwa pembobolan ATM milik Bank Jateng terjadi di sebuah minimarket di Jalan Raya Plalangan Gunungpati, Semarang.