Patung An Nasir Salah Ad Din Yusuf Ibn Ayyub alias Saladin di Damaskus, Suriah. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pendiri Dinasti Ayyubiyah, An Nasir Salah Ad Din Yusuf Ibn Ayyub alias Saladin, berhasil menaklukkan wilayah Damaskus, Suriah pada 23 November 1174 dan mengklaim sebagai penguasa Mesir dan Suriah.

Tragedi itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 23 November. Berikut rangkuman Sejarah Hari Ini, 23 November, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1174
Pendiri Dinasti Ayyubiyah, An Nasir Salah Ad Din Yusuf Ibn Ayyub alias Saladin, berhasil menaklukkan wilayah Damaskus, Suriah. Dia kemudian menambahkan wilayah itu dalam kekuasannya. Sejak saat itu, Saladin mengumumkan dirinya sebagai penguasa wilayah Mesir dan Suriah.

1510
Kesultanan Ottoman melancarkan serangan pertama ke wilayah Kerajaan Imereti. Pasukan Ottoman menyerang ibu kota Kerajaan Imereti di Georgia, Kutaisi, dan membakar wilayah Gelati Monastery.

Raja William III dari Belanda. (Wikimedia.org)
Raja William III dari Belanda. (Wikimedia.org)

1890
Raja William III dari Belanda meninggal tanpa memiliki keturunan pria sebagai pewaris takhtanya. Akhirnya, raja yang meninggal di usia 73 tahun itu mewariskan takhtanya kepada putrinya, Wilhelmina, berdasarkan undang-undang khusus.

1971
Untuk kali pertama, Republik Rakyat Tiongkok mengirimkan perwakilannya pada pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

1980
Italia diguncang gempa berkekuatan 6,5 skala Richter dan 6,8 skala Richter yang berpusat di Conza. Daerah yang terkena dampak paling parah adalah Sant' Angelo, Lombardi, Lioni, Naples, Teora, dan Balvano. Bencana alam ini menelan korban tewas lebih dari 4.800 jiwa.

1985
Kelompok militan Palestina yang dipimpin Abu Nidal membajak pesawat Egypt Air nomor penerbangan 648, sesaat setelah lepas landar dari Athena, Yunani. Pilot terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Luqa, Malta. Kelompok teroris itu menembaki penumpang selama 15 menit yang menewaskan 60 orang.

Destiny Hope Cyrus alias Miley Cyrus. (Reuters)
Destiny Hope Cyrus alias Miley Cyrus. (Reuters)

1992
Destiny Hope Cyrus dilahirkan di Franklin, Tennessee, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal sebagai penyanyi papan atas dengan nama panggung Miley Cyrus. Sejak berkarier di dunia hiburan pada 2001, Miley Cyrus telah meluncurkan enam album studio.

1996
Pesawat Ethiophian Airlines nomor penerbangan 961 dibajak. Padahal, pesawat tersebut baru kali pertama terbang dari rute dari Addis Ababa, Ethiopia, ke Nairobi, Kenya, dilanjutkan ke Brazzaville, Kongo, Lagos, Nigeria, dan terakhir di Abidjan, Pantai Gading. Pembajak berjumlah tiga orang memaksa pilot terbang ke Australia. Pesawat itu akhirnya justru jatuh di perairan Kepulauan Komoro lantaran mesin mati akibat kehabisan bahan bakar. Kejadian ini menewaskan 123 penumpang dari 175 penumpang.

2001
Konvensi Cybercrime ditandatangani oleh anggota dewan Eropa, Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, dan Afrika Selatan, di Budapest, Hungaria. Tujuan perjanjian ini adalah melindungi masyarakat dari kejahatan dunia maya. Perjanjian ini dibuat lantaran maraknya kejahatan yang memanfaatkan komputer dan Internet.

2005
Ellen Johnson Sirleaf terpilih sebagai presiden wanita pertama di Liberia. Dia juga merupakan wanita pertama yang menjabat sebagai kepala negara di Benua Afrika. Sebelum menjabat sebagai presiden ke-24, dia sempat menjadi Menteri Keuangan pada 1979.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten