Sejarah Hari Ini: 24 Januari 1848 Mulai Penambangan Emas di California

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 24 Januari.

 Pencari emas di California, 1850. (Wikimedia.org)

SOLOPOS.COM - Pencari emas di California, 1850. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — James W. Marshall menemukan tambang emas di Sutters Mill, dekat Sacramento, California, Amerika Serikat (AS), 24 Januari 1848. Penemuan itu kemudian memicu ratusan ribu orang mendatangi lokasi tersebut untuk mencari emas dan sebagian lagi membuka kios peralatan pertambangan.

Penambangan emas di Sutters Mill, dekat Sacramento, California, Amerika Serikat (AS)merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 24 Januari.

PromosiDijual Rp1,5 Miliar/Kg, Gaharu Sudah Jadi Upeti Sejak Era Sriwijaya

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 24 Januari yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

41

Kaisar Romawi Caligula, yang dikenal sebagai pemimpin kejam, dibunuh pengawalnya yang tak puas dengan kepemimpinan Cilagula. Pengawalnya itu kemudian menobatkan paman Caligula, Claudius, sebagai kaisar Romawi.

1458

Matthias Corvinus, menjadi Raja Hongaria dan Kroasia setelah pamannya Mihály Szilágyi, berhasil meyakinkan para bangsawan untuk menyatakan Matthias sebagai raja pada tanggal 24 Januari 1458. Usulan ini setelah Raja Ladislaus meninggal mendadak menyusul adanya pemberontakan akibat ayah Matthias ditahan oleh Raja Ladislaus.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 23 Januari 1963 Perang Kemerdekaan Guinea Bissau 

1848

James W. Marshall menemukan tambang emas di Sutters Mill, dekat Sacramento, California, Amerika Serikat (AS). Penemuan itu kemudian memicu ratusan ribu orang mendatangi lokasi tersebut untuk mencari emas dan sebagian lagi membuka kios peralatan pertambangan. Namun pada 1855, emas di kawasan tersebut semakin sulit dicari dan membuat sebagian orang berhenti menambang emas. Fenomena itu kini dikenang sebagai California Gold Rush atau Demam Emas California.

1859

Pangeran Alexander John Cuza menyatukan wilayah kekuasaannya, Wallachia dan Moldavia, menjadi satu negara. Wilayah yang disatukan itu kemudian dikenal sebagai Rumania. Pada penyatuan itu, kawasan Transylvania belum menjadi bagian Rumania.

1905

Putra Pangeran Antasari, Sultan Muhammad Seman, gugur kala memimpin rakyatnya berperang melawan Belanda. Gugurnya Sultan Muhammad Seman itu menjadi pertanda berakhirnya perlawanan rakyat terhadap Belanda dalam Perang Banjar di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

1915

Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Jerman di perairan Dogger Bank, Laut Utara. Pada salah satu pertempuran dalam Perang Dunia I itu, Jerman harus kehilangan satu kapal tempurnya yang tenggelam dan 945 tentaranya yang tewas. Sedangkan Inggris hanya kehilangan 15 tentaranya yang tewas.

Baca juga: Jadi Saksi 400.000 Nyawa Melayang, Ini Fakta Unik Colosseum di Italia

1916

Soedirman lahir di Purbalingga, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Ia kemudian dikenal sebagai seorang perwira tinggi militer pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Ia juga dikenal sebagai panglima besar pertama di Indonesia yang memiliki tanda pangkat lima bintang.

1924

Kota Saint Petersburg di Rusia yang sebelumnya telah diubah namanya menjadi Petrograd kembali lagi diubah menjadi Leningrad demi mengenang pemimpin Uni Soviet, Vladimir Lenin, yang meninggal tiga hari sebelumnya. Nama kota itu kemudian kembali menjadi Saint Petersburg setelah pemerintahan Uni Soviet runtuh pada 1991.

Pesawat tempur milik Thailand yang digunkana melawan Sekutu di masa Perang Dunia II. (Wikimedia.org)
Pesawat tempur milik Thailand yang digunkana melawan Sekutu di masa Perang Dunia II. (Wikimedia.org)

1942

Pasukan Sekutu mulai membombardir Kota Bangkok di Thailand demi mengusir tentara Jepang yang menguasainya. Namun di bawah kontrol Jepang, Thailand kemudian mendeklarasikan perang terhadap Sekutu setelah pengeboman Kota Bangkok tersebut.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 22 Januari Hari Lahir Garda Swiss Sri Paus

1987

Luis Alberto Suarez Diaz lahir di Salto, Uruguay. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool, sejak 2011 sampai 2014. Semasa di Liverpool, Suarez sudah mencetak 69 gol dari 110 penampilannya di Liga Inggris. Setelah hengkang dari Liverpool, Suarez bergabung ke salah satu klub raksasa di Spanyol, Barcelona.

2001

Untuk kali pertama, Tahun Baru Imlek di Indonesia dapat dirayakan di tempat umum setelah Presiden Abdurrahman Wahid mencabut Instruksi Presiden No. 14/1967. Pada masa Orde Baru, perayaan tahun baru sesuai tarikh Imlek memang dilarang dilakukan di tempat umum. Pada 2002, Tahun Baru Imlek secara resmi menjadi salah satu hari libur nasional di Indonesia.

Sahal Mahfudz meninggal dunia 24 Januari 2014
Sahal Mahfudz (news.firmadani.com)

2014

Dr. (HC). KH. Mohammad Ahmad Sahal Mahfudh lahir 17 Desember 1937, adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak 2000 hingga 2014. KH Sahal juga menjabat sebagai Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama selama dua periode sejak 1999. KH Sahal meninggal pada 24 Januari 2014.

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

IDI dan 4 Dokter Radiologi Digugat Rp50 Miliar

Perkumpulan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (PDSRI) menggugat IDI dan empat dokter spesialis radiologi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Stok Melimpah, Jokowi Kembali Buka Ekspor Minyak Goreng

Menurut Jokowi, dirinya kembali membuka ekspor minyak goreng karena pasokan di pasar melimpah pada bulan ini.

Fajar Kebangkitan Industri Penerbangan Makin Terang

Pemulihan industri penerbangan telah mulai di sejumlah negara. Mudik Lebaran 2022 menjadi laksana fajar merekah pertanda pemulihan industri penerbangan domestik Indonesia.

Sosok Lin Che Wei, Pembongkar Kasus Lippo yang Terjerat Kasus Migor

Analisis Lin Che Wei sempat menuai kontroversial karena membongkar skandal di Bank Lippo pada 2003.

Dea Onlyfans Hamil dan Minta Tak Ditahan, Ini Aturan Hukumnya

Dea OnlyFans meminta polisi tidak menahannya karena dirinya sedang berbadan dua.

Keren! Pemilik Miyago Naknan Dapat Suntikan Dana dari Menteri Investasi

Bukan hanya pemilik Miyago Naknan, terdapat tiga mahasiswa lainnya yang juga memperoleh suntikan dana segar dari Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

Pulau Terkecil di Dunia Ternyata di Indonesia, di Sini Lokasinya

PBB mengakui Pulau Simping di Singkawang Kalimantan Barat merupakan pulau terkecil di dunia.

Pentagon Buka Suara Soal UFO, Bukan Fiksi dan Jadi Ancaman Serius

Setelah puluhan tahun Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) bungkam mengenai fenomena UFO (Unidentified Flying Object) atau benda terbang tak dikenal, akhirnya mereka buka suara pada audiensi publik pertama, Selasa (17/5/2022), yang dapat ditarik kesimpulan bahwa fenomena tersebut bukan fiksi dan dianggap sebagai ancaman serius.

Kinerja Kabinet Jokowi Kian Terpuruk karena Menteri Sibuk Kampanye

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengatakan manuver politik para menteri Jokowi tidak hanya menimbulkan persoalan moral dan etika, tapi juga kontradiksi kompleksitas sistem presidensial.

Kisah Pilu Medusa, Wanita Cantik Jelita yang Dikutuk Berambut Ular

Dalam mitologi Yunani, Medusa dikenal sebagai sosok wanita cantik jelita yang dikutuk berambut ular namun memiliki kekuatan yang mematikan.

Semangat Merdeka Belajar untuk Pemulihan Pendidikan Asia Pasifik

Sistem pengajaran yang memerdekakan adalah jalan terbaik memulihkan sektor pendidikan di kawasan Asia Pasifik. Semua negara di kawasan ini harus bekerja sama memulihkan sektor pendidikan.

Hadir di UKSW, Menteri KKP Ungkap Strategi Ekonomi Biru dan Riset PT

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono hadir dalam ajang Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Leaders Forum hari ke-2 yang berlangsung di Balairung Universitas.

Mengintip Isi Cawet, Desa Nan Indah di Pemalang

Inilah pemandangan indah di Desa Cawet, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

PT BSI (BRIS) Akan Right Issue Kuartal III/2022, Segini Nilainya

Kuartal III/2022, PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk. (BRIS) akan melakukan right issue sebagai upaya penambahan modal.

Siapa Wirda Mansur yang Bilang Paytren Baik-Baik Saja?

Di Paytren Wirda Mansur menjabat Direktur Inovasi & Pengembangan.