SOLOPOS.COM - Ilustrasi Perang Dunia I. (History)

Solopos.com, SOLO — Christmas Truce atau Gencatan Senjata Natal terjadi ketika hari Natal. Dalam peristiwa itu tentara Jerman, Inggris, dan Prancis yang terlibat Perang Dunia I sepakat untuk menghentikan sementara pertempuran demi menyambut Hari Natal. Guna mengenang peristiwa Gencatan Senjata Natal pada 24 Desember 1941, didirikanlah sebuah salib dekat Ypres di Belgia pada 1999.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-358—hari ke-359 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 24 Desember.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 24 Desember yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com, Okezone.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 24 Desember:

1524

Ekspedisi Mudik 2024

Penjelajah asal Portugal Vasco da Gama meninggal dunia karena malaria pada usia sekitar 55 hingga 64 tahun—karena tanggal lahirnya belum bisa dipastikan—di Goa, India. Semasa hidupnya, Vasco da Gama merupakan penjelajah yang menemukan jalur laut langsung dari Eropa ke Malabar, India dengan melakukan penjelajahan laut mengelilingi Afrika.

1814

Amerika Serikat (AS) dan Inggris menandatangani Perjanjian Ghent di Ghent, Belgia. Dari perjanjian itu, AS dan Inggris sepakat menghentikan Perang Tahun 1812 yang melibatkan kedua negara tersebut. Meski demikian, beberapa pertempuan masih meletus hingga 12 Februari 1815.

Para anggota Ku Klux Klan berkumpul pada 1920-an. (Wikimedia.org)
Para anggota Ku Klux Klan berkumpul pada 1920-an. (Wikimedia.org)

1865

Beberapa veteran Konfederasi yang pernah terlibat dalam Perang Sipil Amerika Serikat (AS) membentuk kelompok bernama Ku Klux Klan pada 24 Desember. Kelompok ini berkeyakinan bahwa ras kulit putih adalah ras yang terbaik. Mereka mendirikan organisasi tersebut dengan maksud untuk berjuang memberantas kaum kulit hitam dan minoritas di AS seperti Yahudi, Asia, dan Katolik Roma.

1914

Christmas Truce atau Gencatan Senjata Natal terjadi ketika hari Natal. Dalam peristiwa itu tentara Jerman, Inggris, dan Prancis yang terlibat Perang Dunia I sepakat untuk menghentikan sementara pertempuran demi menyambut Hari Natal.

Guna mengenang peristiwa Gencatan Senjata Natal pada 24 Desember 1941, didirikanlah sebuah salib dekat Ypres di Belgia pada 1999.

Jenderal Hideki Tojo dari Jepang menginspeksi pasukan di Kuching, 7 Juli 1943. (Wikimedia.org)
Jenderal Hideki Tojo dari Jepang menginspeksi pasukan di Kuching, 7 Juli 1943. (Wikimedia.org)

1941

Jepang berhasil menguasai wilayah Kuching, wilayah yang kini menjadi bagian dari Sarawak, Malaysia. Jepang lantas berkuasa di Kuching hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

1951

Libya menjadi negara merdeka setelah dibebaskan dari cengkeraman Inggris dan Prancis di bawah pengawasan PBB pada 24 Desember. Sebelumnya, Libya merupakan wilayah kekuasaan Kesultanan Ottoman yang direbut Italia pada Perang Dunia I. Namun pada akhir Perang Dunia II, Italia menyerahkan Libya kepada Sekutu, dalam hal ini Inggris dan Prancis.

1964

Pasukan Vietnam Utara mengebom Hotel Brinks di Saigon, Vietnam Selatan. Atas serangan itu, Vietnam Utara menyatakan telah membuktikan pasukannya juga mampu menyerang basis pasukan Amerika Serikat (AS) di Saigon yang dijaga ketat. Namun demikian, serangan itu hanya menewaskan dua orang.

Ricky Martin (Huffingtonpost)
Ricky Martin (Huffingtonpost)

1971

Enrique Martin Morales lahir di San Juan, Puerto Rico 24 Desember 1971. Kini, ia dikenal luas sebagai penyanyi sekaligus aktor dengan nama panggung Ricky Martin. Kemudian lagunya yang bisa dibilang paling fenomenal adalah La Copa de la Vida yang digunakan sebagai lagu tema Piala Dunia 1998 dan Livin' La Vida Loca.

2000

Serangkaian serangan bom mendera sejumlah gereja di berbagai wilayah di Indonesia pada malam Hari Natal. Beberapa wilayah yang terkena serangan teroris itu adalah Batam, Pekanbaru, Jakarta, Sukabumi, Pangandaran, Bandung, Kudus, Mojokerto dan Mataram. Bahkan Kelompok Jamaah Islamiyah dituding sebagai otak dibalik serangan tersebut.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya