SOLOPOS.COM - Westlife (dok.Solopos)

Solopos.com, SOLO — Westlife, boyband asal Irlandia beranggotakan Shane Filan, Brian McFadden, Kian Egan, Nicky Byrne dan Mark Feehily resmi membubarkan diri pada 23 Juni 2012 di Croke Park, Irlandia

Masih banyak peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia pada 23 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1180

Pertempuran Uji yang melibatkan Klan Minamoto dan Klan Taiara meletus di dekat Kyoto, Jepang. Dalam pertempuran itu, Pangeran Mochihito dari Klan Minamoto sebagai pewaris takhta Kekaisaran Jepang terbunuh.

Ekspedisi Mudik 2024

1305

Raja Prancis, Philip IV, dan Raja Flanders, Robert III, menandatangani Perjanjian Athis-sur-Orge di Athis-sur-Orge atau kini Athis-Mons, Prancis. Perjanjian damai untuk mengakhiri Perang Franco-Flemish atau Perang Prancis-Flanders yang berlangsung sejak 1297.

1565

Komandan Angkatan Laut Kekaisaran Ottoman, Dragut, tewas dalam Pengepungan Malta. Pengepungan Malta adalah upaya Kekaisaran Ottoman untuk mengusai Malta. Namun upaya yang dilakukan selama kurang lebih empat bulan itu gagal.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 22 Juni 2013 Kenaikan Harga BBM Pertamina

1757

Pasukan Inggris berjumlah 3.000 tentara berhasil mengalahkan pasukan Benggala yang dibantu pasukan Prancis dengan total kekuatan sebanyak 50.000 orang dalam Pertempuran Plassey di sebelah utara Kalkuta, India.

1758

Pertempuran Krefeld terjadi di Krefeld—kini Nordrhein-Westfalen di Jerman—malibatkan pasukan aliansi Prusia-Inggris-Hanover dan pasukan Prancis. Pertempuran yang terjadi pada masa Perang Tujuh Tahun itu berhasil dimenangi pasukan aliansi.

1913

Pasukan Yunani berhasil mengalahkan pasukan Bulgaria dalam Pertempuran Doiran di dekat Danau Doiran, Makedonia. Pertempuran tersebut terjadi pada masa Perang Balkan Kedua.

Baca juga: Puan Ikut Jokowi Tinjau Lokasi IKN Nusantara, Sinyal Capres PDIP?

1940

Setelah pasukannya berhasil menduduki Prancis, pemimpin Jerman Adolf Hitler memutuskan mengunjungi Paris. Dalam kunjungannya itu, Hitler menyambangi tempat-tempat wisata dan bersejarah di Paris.

1941

Menyusul hengkangnya pemerintahan Uni Soviet dari Lituania, Front Aktivis Lituania secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan Lituania. Meski demikian, Lituania justru diduduki pasukan Jerman beberapa pekan kemudian.

Zinedine Yazid Zidane. (Halamadrid.ga)
Zinedine Yazid Zidane. (Halamadrid.ga)

1972

Zinedine Yazid Zidane lahir di Marseille, Prancis. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub Juventus dan Real Madrid. Setelah pensiun Zidane pernah melatih Real Madrid dan berhasil mempersembahkan empat trofi Liga Champions.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 21 Juni 1961 Jokowi Lahir, Soekarno Wafat

1977



Jason Thomas Mraz lahir Mechanicsville, Virginia, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal luas sebagai musisi yang telah menorehkan banyak karya. Sejak 2001, Mraz sudah meluncurkan 10 album.

2012

Westlife, boyband asal Irlandia beranggotakan Shane Filan, Brian McFadden, Kian Egan, Nicky Byrne dan Mark Feehily resmi membubarkan diri pada 23 Juni 2012 di Croke Park, Irlandia setelah kurang lebih 14 tahun mewarnai belantika musik dunia.

2013

Pembalap Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA dan Le Mans 24 Jam, Allan Simonsen meninggal dunia akibat kecelakaan fatal saat menit ke-9 di tikungan Tetre Rouge di Le Mans 24 Jam 2013.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya