Tutup Iklan

Sejarah Hari Ini : 22 Oktober 1943, Inggris Serang Kota Kassel Jerman

Penyerangan Kota Kassel di Jerman merupakan salah satu peristiwa dari sekian banyak kejadian penting yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 22 Oktober.

 Peta Kota Kassel, Jerman, di masa lalu. (wikipedia.org)

SOLOPOS.COM - Peta Kota Kassel, Jerman, di masa lalu. (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Angkatan Udara Inggris menyerang Kota Kassel di Jerman pada 22 Oktober 1943 dan menimbulkan kebakaran hebat. Akibatnya, sekitar 10.000 orang tewas dan 150.000 orang kehilangan tempat tinggal mereka. Ironisnya, korban dari serangan tersebut kebanyakan merupakan warga sipil.

Peristiwa penyerangan Kota Kassel di Jerman merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada hari ke-295—hari ke-296 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 22 Oktober.

Selain penyerangan Kota Kassel, Jerman, oleh pasukan Inggris. masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 22 Oktober.

Baca juga: Populasi Koala Berkurang, Ilmuwan Australia Uji Coba Vaksin Klamidia

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 22 Oktober:

906

Pasukan Kesultanan Abbasiyah pimpinan Ahmad bin Kayghalagh menyerbu pasukan Kekaisaran Bizantium di Tarsus, Turki. Pasukan Kesultanan Abbasiyah lantas membawa sekitar 4.000 hingga 5.000 tawanan. Salah satu komandan pasukan Kekaisaran Bizantium menyerahkan diri dan diklaim masuk Islam.

1383

Raja Portugal Fernando meninggal dunia tanpa memiliki seorang anak lak-laki. Hal itu memicu konflik dan perebutan takhta yang melibatkan Portugal yang dibantu Inggris dan Kastilia yang didukung Prancis dan Aragon. Konflik itu berakhir pada 1385 saat John I secara resmi dinobatkan sebagai Raja Portugal dan diakui pihak Kastilia.

1663

Pasukan Dinasti Ming mengalahkan pasukan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Kongsi Dagang Hindia Timur Belanda dalam pertempuran di Teluk Liaoluo, Taiwan. Peristiwa itu menjadi pertempuran antar-angkatan laut terbesar yang melibatkan pasukan Tiongkok dan pasukan dari Eropa sebelum Perang Opium meletus.

Baca juga: Banyak Warga Jepang Meninggal Sendirian, Inovasi AI Bantu Temukan Jasad

1707

Empat kapal perang milik Angkatan Laut Inggris hilang ketika melintas di perairan Kepulauan Scilly. Awak kapal berjumlah 1.550 orang dipastikan meninggal dunia dalam insiden tersebut. Peristiwa yang disebabkan kesalahan navigasi itu menjadi yang terburuk sepanjang sejarah Angkatan Laut Inggris. Kejadian itu kini dikenang dengan sebutan Bencana Angkatan Laut di Scilly.

1777

Di masa Perang Revolusi Amerika, Pasukan Hesse-Kassel menyerbu wilayah Fort Mercer, National Park, New Jersey, Amerika Serikat (AS) demi mengalahkan pasukan AS. Namun sebaliknya, pasukan Hesse-Kassel justru dikalahkan dengan mudah meskipun jumlah tentaranya lebih banyak dibandingkan tentara AS.

1859

Spanyol mendeklarasikan perang terhadap Maroko dan memicu Perang Spanyol-Maroko yang berlangsung selama lebih dari enam bulan. Deklarasi perang dari Spanyol itu dipicu masalah perbatasan dengan Maroko yang tak kunjung usai. Perang tersebut dengan kemenangan Spanyol yang berhasil merebut wilayah Ceuta dan Melilla dari Maroko.

1939

Sultan Hamengkubuwana (HB) VIII, raja Kesultanan Yogyakarta di Yogyakarta wafat. Sultan HB VIII atau Gusti Raden Mas Sujadi yang lahir pada 3 Maret 1880 meninggal di Rumah Sakit Umum Panti Rapih, Yogyakarta, pada umur 59 tahun. Pada masa pemerintahannya, ia banyak mengadakan rehabilitasi bangunan kompleks keraton Yogyakarta. Di antaranya adalah Bangsal Pagelaran, tratag Siti Hinggil, Gerbang Donopratopo, dan Masjid Gedhe.

Baca juga: Situs Pemerintah China Diretas, Hacker Unggah Bendera Taiwan

1941

Pasukan Jerman mengeksekusi mati 30 orang anggota kelompok pemberontak di Prancis. Eksekusi mati itu dilakukan sebagai pembalasan atas kematian seorang perwira militer Jerman yang dibunuh kelompok pemberontak di Prancis.

1943

Pasukan Angkatan Udara Inggris menyerang Kota Kassel di Jerman dan menimbulkan kebakaran hebat. Akibatnya, sekitar 10.000 orang tewas dan 150.000 orang kehilangan tempat tinggal mereka. Korban dari serangan tersebut kebanyakan merupakan warga sipil.

1946

Pasukan Uni Soviet melakukan perekrutan paksa terhadap lebih 2.000 tenaga ahli dan ilmuwan berkebangsaan Jerman yang masih tinggal di wilayah kekuasaan Uni Soviet setelah Perang Dunia II berakhir. Sebanyak 2.000 orang itu dipaksa bekerja di bawah pemerintah Uni Soviet. Peristiwa itu disebut dengan Operasi Osoaviakhim.

2010

Di Uganda, 20 orang meninggal dan 20.000 orang sakit akibat wabah jiggers. Penyakit jigger adalah penyakit yang diakibatkan oleh masuknya kutu ke dalam tubuh. Kutu jigger adalah kutu terkecil di dunia yang merupakan spesies berukuran kecil bahkan lebih kecil dari butiran pasir. Kutu jigger banyak hidup dan bersembunyi di dalam pasir. Jigger merupakan penyakit mematikan yang paling sering terjadi di negara-negara Benua Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan sub-Sahara Afrika.


Berita Terkait

Espos Plus

Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

+ PLUS Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

Sekolah informal seperti kursus dan pelatihan keterampilan tertentu akan semakin mengadopsi sistem daring. Penyelenggara edtech akan lebih untung jika masuk pasar kursus dan berbagai jasa pelatihan.

Berita Terkini

+ PLUS Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

Sekolah informal seperti kursus dan pelatihan keterampilan tertentu akan semakin mengadopsi sistem daring. Penyelenggara edtech akan lebih untung jika masuk pasar kursus dan berbagai jasa pelatihan.

Kisah Ali Nguli Pasir Demi Sesuap Nasi, Hilang Ditelan Erupsi Semeru

Kisah tragis tentang Ali, seorang kuli penambangan pasir yang hilang diduga tertimbun awan panas erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021).

Jokowi Singgung Tuntutan Hukuman Mati Terdakwa Kasus Asabri, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi menyinggung tuntutan hukuman mati terhadap terdakwa kasus korupsi PT Asabri.

Orang Suku Jawa Mudah Diterima, Ini Alasannya!

Jumlah populasi Suku Jawa yang cukup signifikan di berbagai daerah di Indonesia ini menjadi bukti bahwa Suku Jawa adalah kelompok masyarakat yang paling mudah diterima.

Olaf Scholz Resmi Dilantik Jadi Kanselir Jerman Gantikan Angela Merkel

Olaf Scholz resmi dilantik sebagai Kanselir baru Jerman pada Rabu (8/12/2021), mengakhiri empat masa jabatan Angela Merkel di pucuk pimpinan negara tersebut.

Update Lokasi Rawan di Semeru, PVMBG: Peta Geologi Tak Ingkar Janji

Badan Geologi Kementerian ESDM menurunkan sejumlah ahli untuk memperbarui peta Kawasan Rawan Bencana Gunung Semeru di Jawa Timur.

Akun YouTube BNPB Indonesia Diretas Ethereum

Akun resmi YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diretas pada Kamis (9/12/2021).

Target Investasi Nasional Pada 2022 Capai Rp1.200 Triliun

Target capaian investasi Indonesia pada 2022 kembali ditingkatkan secara signifikan. Tidak main-main, pada tahun depan Indonesia menargetkan realisasi investasi sebesar Rp1.100 triliun hingga Rp1.200 triliun.

+ PLUS PDIP-Gerindra dan Anies Baswedan-Demokrat di Tengah Ketidakpastian

Ketiadaan perpecahan konsolidasi di antara para pihak, selain persaingan pribadi, menyebabkan situasi akan tetap cair dan tidak pasti untuk beberapa waktu.

10 Berita Terpopuler: Satpol Sukoharjo Segel Rumah dan Tengkleng Viral

Kabar petugas Satpol PP Sukoharjo menyegel rumah kosong di Gembongan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, dan tengkleng viral di Soba menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (9/12/2021).

Solopos Hari Ini: Pandemi dan Modal Optimisme 2022

Pengalaman dua tahun pandemi Covid-19 di dunia seharusnya cukup menjadi bekal bangsa Indonesia menghadapinya pada 2022. Dengan modal itu, pemerintah menampilkan proyeksi optimistis dalam pertumbuhan ekonomi, termasuk investasi.

Dikecam Dunia Atas Vonis Penjara San Suu Kyi, Junta Myanmar Bergeming

Junta Myanmar pada Senin (6/12/2021) mengatakan hukuman penjara pemimpin sipil yang digulingkan, Aung San Suu Kyi, dikurangi menjadi dua tahun yang awalnya empat tahun.

Target Golkar 2024: Rebut Suara di Kandang Banteng!

Henry mengingatkan agar setiap kader Golkar bekerja lebih keras dan cerdas untuk kebesaran dan kemenangan Partai Golkar.

Sejarah Hari Ini : 9 Desember 1987, Intifadhah I Meletus di Jalur Gaza

Beragam peristiwa bersejarah terjadi pada 9 Desember seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini, salah satunya dimulainya Intifadhah I.

BPK: Rangkap Jabatan Bikin Pemborosan Keuangan di BUMN

BPK menemukan ketidakpatuhan atas penyelenggaraan urusan pemerintahan di Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).