John F. Kennedy. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy, tewas ditembak seorang penembak jitu saat berkunjung ke Dallas, 22 November 1963. Dia dibunuh saat melakukan kunjungan politik di Dallas, Texas, AS guna meredam gesekan antar anggota parlemen.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 22 November. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 22 November yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 22 November, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1635
Pemerintah Belanda mengirim pasukan khusus untuk menyerang penduduk asli yang menetap di sejumlah desa di kawasan Taiwan. Serangan itu dilakukan agar penduduk asli mematuhi peraturan yang dibuat pemerintah Belanda. Sebab, Taiwan berada di bawah kendali Belanda pada 1624-1662. Selama menjajah, mereka melarang penduduk melakukan perdagangan dengan Portugis dan Spanyol.

William Lyon Mackenzie. (Wikimedia.org)
William Lyon Mackenzie. (Wikimedia.org)

1837
Wartawan sekaligus politisi Kanada, William Lyon Mackenzie, menyerukan pemberontakan melawan Inggris. Seruan itu ditulis dalam esai bertajuk To The People of Ubber Canada yang terbit di surat kabar The Constitution.

1906
Sinyal bahaya SOS menggunakan kode Morse disepakati masyarakat dunia. Tanda yang dilambangkan dengan (…—…) ini dipakai untuk mengirim sinyal darurat. Tanda ini merupakan standar internasional sinyal gangguan yang disepakati dalam Konferensi Radiotelegrik Internasional di Berlin, Jerman.

1935
The Clipper China meluncurkan layanan pos udara pertama. Perusahaan ini kali pertama mengirimkan surat dari California, Amerka Serikat ke Manila, Filipina. Layanan pos yang satu ini lebih cepat sampai dan bisa menjangkau berbagai tujuan.

1943
Lebanon mendapat kemerdekaan dari Prancis yang telah menjajah lebih dari 20 tahun. Pada 1918, Lebanon yang awalnya merupakan bagian dari Kerajaan Ottoman jatuh ke tangan Prancis. Pada 1923, Prancis mendapat dukungan dari masyarakat internasional untuk menduduki Lebanon. Namun, kekuasaan Prancis akhirnya berakhir berkat perjuangan rakyat Lebanon.

1963
Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy, tewas ditembak seorang penembak jitu saat berkunjung ke Dallas. Dia dibunuh saat melakukan kunjungan politik di Dallas, Texas, Amerika Serikat, guna meredam gesekan antar anggota parlemen. Nahas, saat itu dia ditembak oleh Harvey Oswold, pemilik klub malam Jack Ruby. John F. Kennedy mengalami luka tembak di tenggorokan, punggung, dan kepala.

1986
Mike Tyson menyabet gelar petinju kelas berat termuda dunia pada usia 20 tahun. Gelar itu diraih setelah berhasil mengalahkan lawannya yang berdarah Jamaika-Kanada, Trevor Berbick.

1989
Presiden Lebanon, Rene Moawad, tewas dibunuh dalam serangan bom yang menargetkan mobil yang membawanya. Moawad tewas setelah 17 hari menjabat sebagai Orang Nomor Satu Lebanon, dari 5 November hingga 22 November 1989.

Karakter di film Toy Story. (Disney.com)
Karakter di film Toy Story. (Disney.com)

1995
Film kartun Toy Story yang diproduksi Pixar meraih sukses luar biasa. Berdasarkan penilaian kritikus, Toy Story meraih penghargaan Academy Special Achievement Awards 1996 sebagai film animasi komputer berdurasi panjang pertama di dunia.

2002
Muslim Nigeria memprotes perhelatan kontes kecantikan bergengsi Miss World. Mereka menilai ajang tersebut tidak sesuai dengan ajaran Islam. Alhasil, mereka melakukan aksi protes besar-besaran yang membuat sekitar 100 nyawa melayang dan 200 orang lainnya hilang.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten