Sejarah Hari Ini: 22 Mei 2019 Kerusuhan Pemilu Presiden di Jakarta

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 22 Mei.

 Massa melakukan perlawanan ke arah petugas di depan kantor Bawaslu di kawasan Thamrin, Jakarta. (Antara Foto/Muhammad Adimaja)

SOLOPOS.COM - Massa melakukan perlawanan ke arah petugas di depan kantor Bawaslu di kawasan Thamrin, Jakarta. (Antara Foto/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, SOLO — Kerusuhan terjadi di Jakarta, Indonesia, pada 21 dan 22 Mei 2019 berkaitan dengan penolakan hasil penghitungan suara Pemilu Presiden 2019.

Banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 22 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

334

Tentara Kerajaan Makdeonia pimpinan Alexander mengalahkan pasukan Kerajaan Persia yang dipimpin Darius III. Dari kemenangan itu, Kerajaan Makedonia berhasil mencaplok sejumlah kawasan yang sebelumnya menjadi milik Kerajaan Persia.

853

Pasukan Kekaisaran Bizantium membombardir Kota Damietta di Mesir dalam upayanya menduduki kawasan Mesir. Damietta sama sekali tak dijaga oleh kekuatan militer saat dibombardir pasukan Kekaisaran Bizantium.

1629

Kaisar Romawi Ferdinand II dan Raja Denmark Christian IV menandatangani Traktat Lubeck di Lubeck, Jerman. Dari traktat tersebut, Kerajaan Denmark sudah tak boleh lagi terlibat dalam Perang Tiga Puluh Tahun.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 21 Mei 1998, 32 Jadi Presiden, Soeharto Mundur

1939

Pakta Baja atau yang lebih dikenal dengan nama Pakta Persahabatan dan Aliansi ditandatangani Jerman dan Italia di Berlin, Jerman. Pakta tersebut berisi kerja sama dalam kemiliteran antara Jerman dan Italia, sekaligus menjadi awal terbentuknya Blok Sentral.

1941

Inggris berhasil menduduki Kota Fallujah di Irak selama Perang Inggris-Irak. Peristiwa itu menjadi awal kemenangan Inggris atas Irak yang dilindungi Jerman dan Italia.

1942

Meksiko mendeklarasikan diri terlibat dalam Perang Dunia II dan bergabung dengan Sekutu. Keterlibatan Meksiko itu dipicu penyerangan Jerman terhadap kapal tanker milik Meksiko yang hendak mengirim minyak ke Amerika Serikat (AS).

1945

Seiring meredanya Perang Dunia II, Winston Churchill mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Inggris yang ia jabat sejak 1940. Enam tahun berselang, Churcill kembali menjabat sebagai perdana menteri hingga mengundurkan diri pada 1955 karena kondisi kesehatannya.

Baca juga: Soal Restu untuk Ganjar, Pengamat: Jokowi Memang Menentukan

1987

Pasukan bersenjata Negara Bagian Uttar Pradesh, India membantai pemuda muslim di dekat Meerut, Uttar Pradesh. Tragedi yang terjadi di tengah konflik Hindu-Islam itu menewaskan 42 pemuda muslim.

1990

Yaman kembali bersatu setelah terpecah menjadi Republik Arab Yaman atau Yaman Utara dan Republik Demokratik Rakyat Yaman atau Yaman Selatan selama 150 tahun. Sebelum penggabungan itu, Yaman Selatan menjadi satu-satunya negara di Timur Tengah yang menganut paham komunis.

Air India Express
Air India Express Flight keluar dari landasan Bandara Internasional Mangalore. (Wikipedia.org)

2010

Air India Express Flight IX-812 dioperasikan Air India dari Bandar Udara Internasional Dubai, jatuh pada 22 Mei 2010 sekitar pukul 06:30 (waktu setempat) setelah keluar landasan Bandara Internasional Mangalore. Dikabarkan 160 penumpang meninggal.

2011

Manchester United meraih gelar juara Liga Inggris ke-19, sekaligus untuk kali pertama melampaui rival abadi mereka, Liverpool, yang telah meraih 18 gelar juara. Raihan tersebut menjadikan klub berjuluk Setan Merah itu menjadi pemegang jumlah gelar juara Liga Inggris terbanyak.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 20 Mei 1908 Berdirinya Budi Utomo Sebagai Harkitnas

Angin Tornado AS
Angin Tornado AS (Antara/Ho/Kylekazak.com)

2011

Angin Tornado menerjang Kota Joplin, Missouri, Amerika Serikat (AS) pada 22 Mei 2011, dilaporkan 24 orang meninggal akibat kejadian ini. Satu bulan sebelumnya angin puting beliung juga melanda AS bagian tenggara.

2019

Kerusuhan terjadi di Jakarta, Indonesia, pada 21 dan 22 Mei 2019 berkaitan dengan penolakan hasil penghitungan suara Pemilu Presiden. Bentrokan massa dengan aparat dan kerusuhan terjadi di beberapa tempat di Jakarta sejak 21 Mei malam.

Arifin Ilham
Arifin Ilham (Istimewa)

2019

K.H. Muhammad Arifin Ilham adalah seorang pendakwah atau dai berkebangsaan Indonesia. Ia mendirikan majelis taklim bernama “Adz-Dzikra” pada tahun 2000. Ia meninggal pada 22 Mei 2019 setelah dirawat di rumah sakit di Penang, Malaysia, akibat kanker getah bening.

2020

Pakistan International Airlines Penerbangan 8303 terjadwal dari Bandar Udara Internasional Allama Iqbal di Lahore ke Bandar Udara Internasional Jinnah di Karachi. Pada 22 Mei 2020, terjatuh di kawasan permukiman padat penduduk Karachi.

 

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      31 Polisi Terlibat Rekayasa Kasus Brigadir J, 11 Orang Disel Khusus

      Ferdy Sambo juga yang merekayasa seolah-olah terjadi baku tembak di rumahnya tersebut.

      Motif Pembunuhan terhadap Brigadir J Masih Misterius

      Meski Ferdy Sambo sudah ditetapkan tersangka namun motif penembakan ajudan yang disayanginya itu masih gelap. 

      Pasal Pembunuhan Berencana, Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati

      Ferdy Sambo dijerat Pasal 340 KUHP jo Pasal 338 jo Pasal 55 jo Pasal 56 tentang Pembunuhan Berencana yang dilakukan bersama-sama.

      Jadi Tersangka, Ferdy Sambo Perekayasa Kematian Brigadir J

      Ferdy Sambo juga yang merekayasa seolah-olah terjadi baku tembak di rumahnya tersebut.

      Kali Keempat, Presiden Minta Kapolri Tegas Tangani Kasus Brigadir J

      Kapolri diminta tidak takut mengungkap kasus itu siapapun yang bersalah karena Presiden Jokowi berada di belakangnya.

      Aturan Baru Tarif Ojek Daring Kemenangan Tidak Ideal Pengemudi Gig

      Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan telah menerbitkan regulasi terbaru untuk mengatur tarif ojek daring (online).

      Kuasa Hukum Brigadir J: Putri Sambo Sehat, yang Terguncang Pengacaranya

      Dalam beberapa kali kesempatan pengacara Putri Sambo menyatakan bahwa istri Ferdy Sambo itu jiwanya terguncang sehingga tidak bisa menjalani pemeriksaan.

      Ferdy Sambo Diperiksa Komnas HAM Hari Kamis

      Komnas HAM RI akan meminta keterangan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo terkait kasus meninggalnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), pada Kamis (11/8/2022).

      Curhat Pilu Keluarga Bharada E Tersangka Pembunuhan Brigadir J

      Keluarga Richard Eliezer Pudihang Lumiu tidak menyangka Bharada E tersandung kasus pembunuhan ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Brigadir J.

      2 Rumah Ferdy Sambo Dijaga Ketat Pasukan Brimob Bersenjata Lengkap

      Personel Brimob Polri bersenjata lengkap berjaga di sekitar rumah Irjen Pol Ferdy Sambo, Selasa (9/8/2022) sore.

      Bak Film Hollywood! Kasus Pembunuhan Brigadir J Disorot Media Asing

      Kasus pembunuhan ajudan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, Brigadir J, disoroti media asing karena seperti film Hollywood.

      ITNY Ciptakan Mesin Suwir Daging untuk UMKM Ganing Bantul

      Berangkat dari permasalahan yang dihadapi UMKM Ganing Bantul, ITNY pun menciptakan mesin untuk suwir daging.

      Sosok Pengacara Istri Ferdy Sambo Sarmauli Simangunsong

      Inilah sosok Sarmauli Simangunsong, pengacara istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

      Istri Ferdy Sambo Muncul, Pengacara Brigadir J: Kok Hitam Tak Terawat?

      Pengacara keluarga Brigadir J menyebut sosok istri Ferdy Sambo yang muncul di Mako Brimob berbeda dengan foto yang beredar di media sosial selama ini.

      Pengacara Brigadir J Curiga Bukan Istri Ferdy Sambo yang Muncul, tapi..

      Pengacara Brigadir J mencurigai wanita yang muncul di Mako Brimob bukan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

      Kemunculan Putri Chandrawati Diragukan Keasliaannya, Kenapa?

      Keaslian sosok istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, yang muncul perdana di Mako Brimob diragukan.