Sejarah Hari Ini: 22 Mei 2019 Kerusuhan Pemilu Presiden di Jakarta

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 22 Mei.

 Massa melakukan perlawanan ke arah petugas di depan kantor Bawaslu di kawasan Thamrin, Jakarta. (Antara Foto/Muhammad Adimaja)

SOLOPOS.COM - Massa melakukan perlawanan ke arah petugas di depan kantor Bawaslu di kawasan Thamrin, Jakarta. (Antara Foto/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, SOLO — Kerusuhan terjadi di Jakarta, Indonesia, pada 21 dan 22 Mei 2019 berkaitan dengan penolakan hasil penghitungan suara Pemilu Presiden 2019.

Banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 22 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

334

Tentara Kerajaan Makdeonia pimpinan Alexander mengalahkan pasukan Kerajaan Persia yang dipimpin Darius III. Dari kemenangan itu, Kerajaan Makedonia berhasil mencaplok sejumlah kawasan yang sebelumnya menjadi milik Kerajaan Persia.

853

Pasukan Kekaisaran Bizantium membombardir Kota Damietta di Mesir dalam upayanya menduduki kawasan Mesir. Damietta sama sekali tak dijaga oleh kekuatan militer saat dibombardir pasukan Kekaisaran Bizantium.

1629

Kaisar Romawi Ferdinand II dan Raja Denmark Christian IV menandatangani Traktat Lubeck di Lubeck, Jerman. Dari traktat tersebut, Kerajaan Denmark sudah tak boleh lagi terlibat dalam Perang Tiga Puluh Tahun.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 21 Mei 1998, 32 Jadi Presiden, Soeharto Mundur

1939

Pakta Baja atau yang lebih dikenal dengan nama Pakta Persahabatan dan Aliansi ditandatangani Jerman dan Italia di Berlin, Jerman. Pakta tersebut berisi kerja sama dalam kemiliteran antara Jerman dan Italia, sekaligus menjadi awal terbentuknya Blok Sentral.

1941

Inggris berhasil menduduki Kota Fallujah di Irak selama Perang Inggris-Irak. Peristiwa itu menjadi awal kemenangan Inggris atas Irak yang dilindungi Jerman dan Italia.

1942

Meksiko mendeklarasikan diri terlibat dalam Perang Dunia II dan bergabung dengan Sekutu. Keterlibatan Meksiko itu dipicu penyerangan Jerman terhadap kapal tanker milik Meksiko yang hendak mengirim minyak ke Amerika Serikat (AS).

1945

Seiring meredanya Perang Dunia II, Winston Churchill mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Inggris yang ia jabat sejak 1940. Enam tahun berselang, Churcill kembali menjabat sebagai perdana menteri hingga mengundurkan diri pada 1955 karena kondisi kesehatannya.

Baca juga: Soal Restu untuk Ganjar, Pengamat: Jokowi Memang Menentukan

1987

Pasukan bersenjata Negara Bagian Uttar Pradesh, India membantai pemuda muslim di dekat Meerut, Uttar Pradesh. Tragedi yang terjadi di tengah konflik Hindu-Islam itu menewaskan 42 pemuda muslim.

1990

Yaman kembali bersatu setelah terpecah menjadi Republik Arab Yaman atau Yaman Utara dan Republik Demokratik Rakyat Yaman atau Yaman Selatan selama 150 tahun. Sebelum penggabungan itu, Yaman Selatan menjadi satu-satunya negara di Timur Tengah yang menganut paham komunis.

Air India Express
Air India Express Flight keluar dari landasan Bandara Internasional Mangalore. (Wikipedia.org)

2010

Air India Express Flight IX-812 dioperasikan Air India dari Bandar Udara Internasional Dubai, jatuh pada 22 Mei 2010 sekitar pukul 06:30 (waktu setempat) setelah keluar landasan Bandara Internasional Mangalore. Dikabarkan 160 penumpang meninggal.

2011

Manchester United meraih gelar juara Liga Inggris ke-19, sekaligus untuk kali pertama melampaui rival abadi mereka, Liverpool, yang telah meraih 18 gelar juara. Raihan tersebut menjadikan klub berjuluk Setan Merah itu menjadi pemegang jumlah gelar juara Liga Inggris terbanyak.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 20 Mei 1908 Berdirinya Budi Utomo Sebagai Harkitnas

Angin Tornado AS
Angin Tornado AS (Antara/Ho/Kylekazak.com)

2011

Angin Tornado menerjang Kota Joplin, Missouri, Amerika Serikat (AS) pada 22 Mei 2011, dilaporkan 24 orang meninggal akibat kejadian ini. Satu bulan sebelumnya angin puting beliung juga melanda AS bagian tenggara.

2019

Kerusuhan terjadi di Jakarta, Indonesia, pada 21 dan 22 Mei 2019 berkaitan dengan penolakan hasil penghitungan suara Pemilu Presiden. Bentrokan massa dengan aparat dan kerusuhan terjadi di beberapa tempat di Jakarta sejak 21 Mei malam.

Arifin Ilham
Arifin Ilham (Istimewa)

2019

K.H. Muhammad Arifin Ilham adalah seorang pendakwah atau dai berkebangsaan Indonesia. Ia mendirikan majelis taklim bernama “Adz-Dzikra” pada tahun 2000. Ia meninggal pada 22 Mei 2019 setelah dirawat di rumah sakit di Penang, Malaysia, akibat kanker getah bening.

2020

Pakistan International Airlines Penerbangan 8303 terjadwal dari Bandar Udara Internasional Allama Iqbal di Lahore ke Bandar Udara Internasional Jinnah di Karachi. Pada 22 Mei 2020, terjatuh di kawasan permukiman padat penduduk Karachi.

 

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

+ PLUS Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

Upaya perlindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mampu mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkini

Yusuf Mansur Janji Bayar Gaji Karyawan Paytren, Diberi Waktu 2 Pekan

Yusuf Mansur baru akan mulai mencicil gaji karyawan Paytren itu per April 2023 mendatang.

FP UNS Resmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso Karanganyar

Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) meresmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar.

Mantan Penyidik KPK Dianugerahi Hoegeng Awards 2022

Mantan penyidik di KPK yang kini menjadi Kapolda Lampung Irjen Pol. Akhmad Wiyagus menerima penghargaan Polisi Berintegrasi Hoegeng Awards 2022.

Cerita Yusuf Mansur Dilaporkan ke Mabes Polri lalu Kembalikan Uang

Pada tahun 2017, Yusuf Mansur pernah dilaporkan ke Mabes Polri atas tuduhan menggelapkan dana investor proyek Condotel Moyavidi di Sleman.

Pengunjung Karaoke Ayu Ting Ting Meninggal, Pemasok Miras Ditangkap

Kepolisian Resor Bengkulu menangkap seseorang yang diduga memasok minuman keras oplosan ke Karaoke Ayu Ting Ting.

Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

Upaya perlindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mampu mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

UT Surakarta Ajak Guru Ikut Jadi Guru Penggerak, Ini Manfaatnya

UT Surakarta mengajak para guru menjadi guru penggerak karena dapat meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.

Gedung Sekolah Tanpa IMB Runtuh, 1 Pekerja Meninggal Dunia

Gedung sekolah yang runtuh itu berada di Jalan Sematang Borang, Lorong Lumban Meranti, Kecamatan Sako, Palembang.

Kelas Rawat Inap Standar Atas Diuji Coba, Iuran BPJS Tak Naik

Iuran BPJS Kesehatan tidak naik kendati BPJS sudah melakukan uji coba sistem kelas rawat inap standar (KRIS) atas pada 1 Juli 2022 lalu.

Sosialisasi PeduliLindungi Minyak Goreng Diperpanjang hingga 3 Bulan

Alasan memperpanjang sosialisasi karena saat ini masih banyak pengecer yang belum mengunduh QR Code Peduli Lindungi.

Jokowi Pulang, Ledakan Dahsyat Guncang Kota Mykolaiv di Ukraina

Setelah Odesa diserang pasukan Rusia pada Sabtu (2/7/2022) pagi, sebuah ledakan dahsyat mengguncang Kota Mykolaiv.

Sejarah Hari Ini: 2 Juli 1945 Amerika Serikat Bombardir Jepang

Beragam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 2 Juli.

Pemerintah Tetapkan Status Keadaan Tertentu PMK, Ini 6 Poin Pentingnya

Angka penularan PMK per Jumat (1/7/2022) pukul 12.00 WIB menurut data dari iSIKHNAS Kementerian Pertanian telah mencapai 233.370 kasus aktif di 22 provinsi.

Berkat Tjahjo Kumolo Urusan Kerja Sama Muhammadiyah Lebih Mudah

Berkat Tjahjo Kumolo mengurus legalisasi badan hukum Muhammadiyah, Muhammadiyah tidak banyak mengalami kesulitan terkait kerja sama dengan berbagai pihak.

Ternyata, Almarhum Tjahjo Kumolo Punya Jasa Besar untuk Muhammadiyah

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengungkapkan peran besar Tjahjo Kumolo itu bagi keberadaan Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi islam di Indonesia.

Rusia Kembali Serang Ukraina Setelah Kepulangan Jokowi

Ukraina mengklaim serangan Rusia di wilayah Odesa mengakibatkan 21 orang meninggal dunia, Sabtu (2/7/2022) waktu setempat.