SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Fatahillah berhasil mengusir Bangsa Portugal dari pelabuhan di Sunda Kelapa, 22 Juni 1527.

Diusirnya orang Portugal dari Sunda Kelapa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 22 Juni dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 22 Juni:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1527
Fatahillah berhasil mengusir Bangsa Portugal dari pelabuhan di Sunda Kelapa. Ia lantas menamai daerah Sunda Kelapa dengan nama Jayakarta yang berarti Kota Kemenangan. Jayakarta kini berubah nama menjadi Jakarta sekaligus menjadi ibu kota Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024

1593
Pertempuran Sisak antara pasukan Kesultanan Ottoman dan pasukan persekutuan Kristen meletus di Sisak, Kroasia. Pertempuran tersebut berhasil dimenangi pasukan persekutuan Kristen. Kesultanan Ottoman harus membayar kekalahan itu dengan kehilangan 8.000 tentaranya.

1622
Pertempuran Makau meletus di Makau, Tiongkok melibatkan armada Angkatan Laut Belanda dan Portugal. Pertempuran ini pecah setelah Belanda melancarkan serangan ke kota Makau yang dikuasai Portugal. Pertempuran ini berlangsung hingga 24 Juni dan berhasil dimenangi Portugal.

1633
Kementerian Suci di Roma memaksa Galileo Galilei untuk mengakui kesalahannya terkait dengan pendapatnya bahwa matahari, bukan bumi, yang menjadi pusat tata surya. Pandangannya itu dianggap melenceng dari keyakinan yang selama ini dianut masyarakat maupun gereja Roma saat itu. Pemikirannya tersebut juga bertentangan dengan ajaran Aristoteles yang menyatakan bahwa bumi adalah pusat alam semesta.

Adolf Hitler. (Wikimedia.org)
1933
Pemimpin Jerman Adolf Hitler melarang pembentukan partai politik di Jerman. Satu-satunya partai politik yang ada saat itu adalah Partai Sosialis Nasional. Hal itu menjadikan Jerman sebagai negara yang hanya memiliki satu partai politik. Hitler juga menegaskan bahwa warga Jerman yang menentang paham fasisme akan dihukum mati.

1941
Blok Poros memulai Operasi Barbarossa dengan mengivasi Uni Soviet. Lebih dari 4,5 juta tentara Blok Poros menyerbu beberapa kawasan di Uni Soviet. Blok Poros yang digawangi Jerman, Rumania, Finlandia, Italia, Hungaria, Slovakia, dan Kroasia berhasil mencaplok beberapa kawasan di Uni Soviet.

1941
Pemberontakan yang dilakukan pejuang Lituania untuk mengusir pemerintah dan pasukan Uni Soviet dimulai. Pemberontak Lituania memanfaatkan situasi genting di Uni Soviet yang sedang diserang pasukan Blok Poros. Pemberontakan di Lituania berlangsung hingga 29 Juni. Lituania akhirnya membentuk pemerintahan sementara menyusul hengkangnya pemerintahan Uni Soviet.

1987
Lee Min-ho lahir di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi dan aktor ternama yang pernah membintangi sejumlah film dan serial televisi.

2002
Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang sebelah barat daya Iran. Peristiwa itu menewaskan 261 orang dan melukai sedikitnya 1.300 orang. Kejadian tersebut juga membuat masyarakat marah karena penanganan pemerintah setempat yang dinilai lamban.

Xanana Gusmao. (Detik.com)
2006
Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, mengancam mengundurkan diri jika perdana menterinya, Mari Alkatiri, tak bersedia mengundurkan diri. Gusmao menyatakan kepercayaannya terhadap Alkatiri telah memudar. Alkatiri dianggap tak mampu menangani masalah kekerasan yang terus menerus terjadi di Timor Leste.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya