Tutup Iklan

Sejarah Hari Ini : 21 Oktober 1944, Serangan Kamikaze Pertama

Beragam peristiwa terjadi pada 21 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari ini, salah satunya serangan kamikaze untuk kali pertama oleh pasukan Jepang.

 Sebuah kamikaze, pesawat terbang akan menabrak USS Missouri pada April 1945. (wikipedia.org)

SOLOPOS.COM - Sebuah kamikaze, pesawat terbang akan menabrak USS Missouri pada April 1945. (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Jepang kali pertama melakukan serangan bunuh diri yang disebut kamikaze pada 21 Oktober 1944. Kamikaze pertama itu mendera kapal HMAS Australia yang dihantam pesawat Jepang dengan membawa bom seberat 200 kg di perairan dekat Pulau Leyte, Filipina.

Akibat serangan kamikaze oleh tentara Jepang tersebut, sebanyak 30 awak kapal HMAS Australia tewas. Serangan kamikaze pertama merupakan salah satu peristiwa yang terjadi pada 21 Oktober.

Selain kamikaze pertama, masih banyak peristiwa bersejarah pada 21 Oktober yang terangkum pada Sejarah Hari Ini yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1096

Perang Salib Rakyat antara pasukan Kesultanan Seljuk dan pasukan Katolik Eropa Barat di Anatolia, Nicaea atau kini Iznik di Turki berakhir dengan kemenangan pasukan Seljuk. Perang yang berlangsung selama enam bulan itu disebut Perang Salib Rakyat karena bukan merupakan Perang Salib yang merupakan inisiatif Paus Urbanus II.

Baca juga: Lama Tak Ada Kabar, Jack Ma Ketahuan Studi Tur di Spanyol

1805

Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Prancis dan Spanyol dalam pertempuran di Tanjung Trafalgar, Spanyol. Atas kekalahan itu, harapan Prancis dan Spanyol untuk menguasai Tanjung Trafalgar semakin kecil. Kampanye Trafalgar yang dilakukan Prancis dan Spanyol sejak Maret di tahun yang sama itu berakhir pada November dengan kegagalan merebut Tanjung Trafalgar dari Inggris.

1912

Di masa Perang Balkan I, pasukan Bulgaria berhasil merebut wilayah Kardzhali dari pasukan Kesultanan Ottoman. Sebelumnya, Kesultanan Ottoman telah menguasai wilayah tersebut sejak abad ke-18. Kini, Kardzhali menjadi salah satu provinsi di Bulgaria.

1944

Setelah bertempur melawan Jerman selama hampir tiga pekan, pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil menduduki Kota Aachen, Jerman. Kota Aachen menjadi kota pertama yang jatuh ke tangan Sekutu selama Perang Dunia II.

1944

Untuk kali pertama, pasukan Jepang melakukan serangan bunuh diri yang disebut kamikaze. Kamikaze pertama itu mendera kapal HMAS Australia yang dihantam pesawat Jepang dengan membawa bom seberat 200 kg di perairan dekat Pulau Leyte, Filipina. Akibat serangan tersebut, sebanyak 30 awak kapal tewas.

Kamikaze adalah sebuah istilah bahasa Jepang yang berasal dari nama angin topan dalam legenda yang Kamikaze yang disebut telah menyelamatkan Jepang dari invasi Mongol pada tahun 1281. Kamikaze dalam bahasa Inggris umumnya merujuk kepada serangan bunuh diri yang dilakukan awak pesawat Jepang pada akhir kampanye Pasifik Perang Dunia II terhadap kapal-kapal laut Sekutu.

Baca juga: Gawat, Gletser Afrika Mencair Picu Banjir dan Panas Ekstrem

1944

Pasukan Uni Soviet membunuh dan memerkosa warga sipil di Nemmersdorf atau kini Mayakovskoye, Kaliningrad, Rusia. Tindakan keji itu dilakukan setelah pasukan Uni Soviet berhasil merebut wilayah tersebut dari tangan Jerman. Sekitar 72 wanita Jerman dan sekitar 50 orang Prancis dan Belgia tewas dalam peristiwa yang dikenang dengan sebutan Pembantaian Nemmersdorf itu.

1950

Pertempuran antara pasukan PBB dan pasukan Korea Utara (Korut) di Yongju, Korut yang berlangsung selama dua hari berakhir dengan kemenangan pasukan PBB. Pertempuran itu merupakan salah satu yang terbesar selama Perang Korea. Korut yang kalah dalam pertempuran itu harus rela kehilangan 1.075 tentaranya yang tewas, sedangkan korban tewas dari pasukan PBB hanya 49 orang.

1956

Pasukan Inggris menangkap pemimpin pasukan Mau-Mau—kelompok pemberontak di Kenya—demi meredam pemberontakan. Pada 1960, pasukan Mau-Mau resmi bubar setelah para tokohnya ditumpas habis oleh Inggris. Mau-Mau merupakan gerakan pemberontak yang didominasi Suku Kikuyu. Gerakan itu timbul karena Suku Kikuyu merasa ditindas pemerintah Inggris yang berkuasa di Kenya.

1969

Sebuah kudeta di Somalia mendudukkan Siad Barre di tampuk kekuasaan. Dia menjadi Kepala Negara Somalia periode 1969 – 1991. Somalia, dahulu bernama Republik Demokratik Somali, adalah sebuah negara yang terletak di Tanduk Afrika. Negara ini berbatasan dengan Jibuti di barat laut, Kenya di barat daya, Teluk Aden dan Yaman di utara, Samudra Hindia di sebelah timur, dan Ethiopia di sebelah barat.

Baca juga: Nikah Secara Islam, Resepsi Anak Bill Gates Habiskan Rp28 Miliar

1981

Nemanja Vidic lahir di Titovo Uzice, Yugoslavia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Inggris, Manchester United, dari 2006 hingga 2014. Sebelum gantung sepatu pada 2016 silam, Vidic sempat membela klub besar di Italia, Inter Milan, selama dua tahun.

1986

Kepulauan Marshall memperoleh kemerdekaan dari Amerika Serikat. Republik Kepulauan Marshall adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Letaknya berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara.

Lokasi Kepulauan Marshall
Lokasi Kepulauan Marshall (tanda merah). (wikipedia.org)

2010

Pemerintah Myanmar secara resmi memperkenalkan bendera baru negara tersebut. Bendera lama berwarna merah dan biru dengan gambar gerigi roda dikelilingi 14 bintang dan setangkai padi di tengahnya digantikan dengan bendera baru berwarna kuning, hijau, dan merah dengan bintang besar berwarna putih di tengahnya. Bendera lama yang telah digunakan sejak 1974 diganti sesuai dengan konstitusi 2008 yang menginginkan simbol baru.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Dukung Anies Capres 2024, Emak-Emak Sumut Gerilya via Medsos

Emak-emak Sumatra Utara itu gencar menyosialisasikan Anies Baswedan melalui berbagai media sosial (medsos).

Lolos Ujian, Erick Thohir Resmi Jadi Anggota Banser

Tak berbeda dengan calon anggota lain, Erick Thohir juga menjalani sejumlah ujian yang cukup berat untuk menjadi anggota.

Pria di Bukittinggi Habisi Nyawa Selingkuhan Istri

Kapolresta Bukittinggi mengatakan pelaku mendapati istrinya berselingkuh dengan korban ketika pulang ke rumah.

Satu dari 15 Perempuan Usia 15 Tahun ke Atas Jadi Korban Kekerasan

Pemilihan rentang waktu tersebut untuk menghubungkan secara simbolis kekerasan terhadap perempuan dan hak asasi manusia. Kekerasan terhadap perempuan adalah pelanggaran hak asasi perempuan.

Nekat, Pria Guatemala Menyusup di Roda Pesawat Hingga ke AS

Seorang penumpang gelap asal Guatemala yang bersembunyi di bilik roda pendarat pesawat American Airlines yang terbang ke Miami, Florida, Amerika Serikat.

Perhatian! Indonesia Terlarang untuk Kunjungan Warga 8 Negara Ini

Jika ada orang asing yang pernah berkunjung ke negara-negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari ke belakang, maka di tempat pemeriksaan imigrasi akan langsung ditolak masuk Indonesia.

Pentolan KKB Papua Diringkus, Ini Deretan Kejahatannya

Kepala Satgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menyebutkan, Temius Magayang merupakan Komandan Operasi KKB XVI Wilayah Yahukimo sekaligus buronan sederet kasus pembunuhan.

Covid-19 Varian Omicron Muncul di Afrika, Sejumlah Negara Tutup Pintu

Sejumlah negara memperketat pembatasan perjalanan setelah virus corona Covid-19 varian baru diidentifikasi di kawasan Afrika selatan awal pekan ini.

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Facebook Dominasi Sebaran Hoaks Soal Covid-19, Ini Datanya!

Facebook menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan untuk menyebar informasi tidak benar alias hoaks terkait Covid-19.

Pelaku Ditangkap, Ini Kronologi Kasus Mutilasi Driver Ojol di Bekasi

Warga dihebohkan dengan kasus mutilasi yang korbannya ditemukan di tepi jalan Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Inisiatif Masjid Hijau Menggalang Komunitas Masjid Peduli Krisis Iklim

Aliansi Umat untuk Bumi atau Ummah for Earth bersama Greenpeace Timur Tengah dan Afrika Utara mengumumkan peluncuran inisiatif baru masjid hijau yang bertujuan mengurangi jejak karbon masjid.

Polisi Tangkap Pelaku Mutilasi Driver Ojol di Bekasi

Tim gabungan Polres Metro Bekasi dan Polda Metro Jaya berhasil meringkus terduga pelaku pembunuhan disertai mutilasi yang membuang jasad korbannya di tepi jalan.

Astaga! Pria Ini Tempelkan Kelamin di Buku Doa

Seorang pria di Bekasi, Jawa Barat, ditangkap polisi akibat dugaan penistaan agama yang dilakukan dengan cara menempelkan kelamin ke buku doa.

10 Berita Terpopuler: Jacksen Tiago ke Persis,

Ulasan tentang mantan Pelatih Persipura Jacksen Fereirra Tiago yang resmi bergabung ke Persis Solo menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (28/11/2021).