SOLOPOS.COM - Fonograf. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 21 November 1877, Thomas Alva Edison, pria asal Milan, Ohio, Amerika Serikat (AS), mengumumkan hasil penemuannya berupa mesin yang dapat merekam dan memainkan suara.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-325—hari ke-326 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 21 November.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 21 November yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 21 November:

1386
Pasukan Kerajaan Timuriyah berhasil menguasai wilayah Kerajaan Georgia. Selain menguasai wilayahnya, pasukan Kerajaan Timuriyah juga menangkap Raja Georgia, Bagrat V.

1877
Thomas Alva Edison, pria asal Milan, Ohio, Amerika Serikat (AS), mengumumkan hasil penemuannya berupa mesin yang dapat merekam dan memainkan suara. Alat ini kemudian diberi nama fonograf.

Jembatan Verrazano–Narrows di New York, AS. (Reuters)
Jembatan Verrazano–Narrows di New York, AS. (Reuters)

1964
Jembatan Verrazano–Narrows di New York, Amerika Serikat (AS) resmi dibuka. Jembatan gantung tingkat dua yang menghubungkan Staten Island dan Brooklyn di New York, AS itu memiliki panjang bentang tengah 1.298 meter dan menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia hingga 1981.

1979
Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Islamabad, Pakistan, diserang sekelompok orang tak dikenal. Serangan itu dilakukan setelah kelompok tersebut termakan hasutan siaran radio dari pemimpin Iran, Ayatollah Khomeini. Dalam siaran itu dikatakan bahwa AS merupakan dalang di balik pendudukan situs suci Islam, Kakbah di Makkah, Arab Saudi. Lantaran geram, kelompok tersebut membakar kantor Kedubes AS yang mengakibatkan tewasnya seorang tentara.

1987
Aktris top Amerika Serikat (AS), Demi Gene Guynes atau yang lebih dikenal dengan nama Demi Moore, menikah dengan rekan seprofesinya, Bruce Wills. Ini merupakan pernikahan keduanya setelah gagal membina rumah tangga dengan penyanyi Freddy Moore. Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai tiga orang anak perempuan. Setelah lebih dari 10 tahun bersama, mereka memilih berpisah pada 1998.

1996
Ledakan terjadi di sebuah toko sepatu di Puerto Riko. Ledakan yang dipicu kebocoran pipa gas ini mengakibatkan 33 nyawa melayang.

2004
Kota Portsmouth, Dominika diguncang gempa berkekuatan 6 skala Richter. Menurut laporan pemerintah setempat, gempa ini menjadi yang terkuat sepanjang sejarah Dominika.

2007
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Condoleezza Rice, mencoba menengahi konflik antara Israel dan Palestina. Dia telah berbincang dengan perwakilan kedua negara yang kabarnya sepakat membantu Palestina menjadi negara yang benar-benar merdeka.

Mahmoud Ahmadinejad. (Reuters)
Mahmoud Ahmadinejad. (Reuters)

2010
Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menolak program keluarga berencana (KB). Ia mengimbau perempuan Iran segera menikah ketika memasuki usia 16 tahun.

2013
Pemerintah Arab Saudi menangkap dua pria yang menawarkan jasa memeluk turis. Mereka menawarkan jasa itu dengan harapan bisa membuat orang lain bahagia. Namun, tindakan itu justru membuat keduanya berurusan dengan hukum lantaran menyalahi aturan pemerintah dan mengganggu ketertiban umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya