SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Presiden kedua Indonesia, Soeharto, mengumumkan pengunduran dirinya, 21 Mei 1998. Soeharto mundur setelah menjabat selama kurang lebih 32 tahun.

Mundurnya Soeharto itu merupakan salah satu dari berbagai peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 21 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 21 Mei:

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

996
Otto III naik takhta menjadi Kaisar di Kekaisaran Romawi. Saat diangkat sebagai kaisar Romawi, Otto III masih berusia 16 tahun. Ia memimpin Kekaisaran selama enam tahun hingga dirinya meninggal dunia di usia 22 tahun pada 1002.

1403
Raja Henry III dari Kerajaan Kastila mengirim duta besarnya ke kerajaan-kerajaan kecil di Eropa Timur untuk bersekutu. Rencana Henry III itu bertujuan untuk mengajak kerajaan kecil di Eropa Timur bersekutu dan lanats berperang melawan Kekaisaran Ottoman.

1864
Rusia menyatakan Perang Rusia-Circassian telah berakhir. Orang-orang Circassian di wilayah Rusia dideportasi dan kebanyakan diasingkan. Hari berakhirnya Perang Rusia-Circassian itu sekaligus menjadi hari kesengsaraan bagi orang-orang Circassian.

Logo FIFA. (1000logos.net)
1904
Federation Internationale de Football Association (FIFA) atau Federasi Sepak Bola Internasional didirikan di Paris, Prancis. Selain mempromosikan sepak bola ke seluruh penjuru dunia, FIFA juga bertugas membuat aturan dalam permainan sepak bola, mengatur transfer pemain antarklub, memberikan gelar pemain terbaik dunia, dan menerbitkan daftar peringkat klub maupun tim nasional di seluruh dunia setiap bulannya.

1932
Amelia Earhart menjadi wanita pertama di dunia yang mampu melintasi Samudra Atlantik menggunakan pesawat terbang. Penerbangan itu ia mulai dari Newfoundland di Kanada menuju Irlandia.

1935
Dua tahun setelah menjabat sebagai pemimpin Jerman, Adolf Hitler menyatakan tak akan menghentikan produksi senjta kemiliteran di negaranya sebelum Jerman berhasil menjadi negara adikuasa. Ia juga menyatakan bahwa orang-orang Yahudi dan bangsa non-Arya akan mendapatkan mendapatkan perlakuan berbeda di Jerman selama dirinya menjadi pemimpin.

HMS Ardent. (Wikimedia.org)
1982
Angkatan Udara Argentina berhasil menenggelamkan kapal perang milik Inggris, HMS Ardent, di Kepulauan Falkland. Peristiwa itu terjadi dalam perang antara Argentina dan Inggris yang merebutkan Kepulauan Falkland.

1991
Perdana Menteri India Rajiv Gandhi tewas terbunuh dalam serangan bom di Tamil Nadu. Serangan bom itu berlangsung saat Rajiv berkampanye untuk pemilihan umum di India.

1998
Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto, mengumumkan pengunduran dirinya setelah menjabat selama 32 tahun. Ia lantas digantikan B.J. Habibie yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden.

2005
Warga Montenegro mulai melakukan pemungutan suara untuk memisahkan diri dari Serbia. Lebih dari 55 persen warga Montenegro menyatakan ingin memisahkan diri Serbia. Kemerdekaan Montenegro dari Serbia resmi diumumkan setahun kemudian. Ini adalah kali pertama Montenegtro berdiri sebagai negara merdeka sejak Perang Dunia I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya