Sejarah Hari Ini: 21 Januari 1976 Penerbangan Komersial Concorde
Pesawat Concorde melakukan penerbangan komersial pertama dengan rute London-Bahrain dan Paris-Rio de Janeiro pada 21 Januari 1976. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pesawat Concorde melakukan penerbangan komersial pertama dengan rute London-Bahrain dan Paris-Rio de Janeiro. Penerbangan komersial yang dioperasikan oleh British Airways dan Air France ini dimulai pada 21 Januari 1976.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 21 Januari. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 21 Januari yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 21 Januari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1643

Abel Janszoon Tasman penjelajah sekaligus pedagang berkebangsaan kelagiran 1603,adalah orang pertama yang mencapai Kepulauan Tonga di Samudera Pasifik bagian selatan. Sekarang kepulauan Tonga atau Tanah Van Diemen lebih dikenal dengan nama Tasmania.

Sultan Abdul Hamid I. (Wikimedia.org)
Sultan Abdul Hamid I. (Wikimedia.org)

1774

Abdul Hamid I secara resmi diangkat menjadi sultan di Kesultanan Ottoman pada 21 Januari. Abdul Hamid I dianggap sebagai salah satu pemimpin Kesultanan Ottoman yang paling lemah. Di masa kepemimpinannya, Kesultanan Ottoman dinyatakan kalah dalam Perang Rusia-Turki beberapa bulan setelah ia dinobatkan sebagai sultan.

1789

Novel berjudul The Power of Sympathy karya William Hill Brown diterbitkan di Boston, Amerika Serikat (AS). Novel tersebut kemudian diklaim sebagai novel pertama yang diterbitkan di AS. The Power of Sympathy mengisahkan perjuangan hidup karakter utamanya yang menghadapi beragam masalah moral.

Raja Prancis Louis XVI (Wikimedia.org)

1793

Louis XVI lahir 23 Agustus 1754 adalah Raja Prancis dari Dinasti Bourbon sejak tahun 1774 hingga 1792. Kekuasaannya dihentikan dan dia ditangkap pada Revolusi 10 Agustus, dan akhirnya dihukum dengan guillotine untuk dakwaan pengkhianatan pada 21 Januari 1793. Louis XVI awalnya dicintai rakyatnya, tetapi ketidakcakapannya dalam memerintah dan sikapnya yang konservatif membuat rakyatnya berbalik membencinya.

1911

Reli Monte Carlo adalah sebuah pertandingan reli yang diselenggarakan sejak tahun 1911 oleh Automobile Club de Monaco. Reli di Nice dan diakhiri di Monako. Event ini termasuk salah satu seri dari kejuaraan reli dunia/World Rally Championship (WRC).

1924

Vladimir Ilyich Ulyanov atau yang lebih dikenal sebagai Vladimir Lenin meninggal dunia akibat penyumbatan pembuluh darah pada 21 Januari. Sebelum meninggal dunia, Lenin memang mengalami strok dan kehilangan kemampuan berbicara sejak 1923. Semasa hidupnya, Lenin dikenal sebagai pemimpin pertama di Republik Sosialis Federasi Soviet (RSFS) Rusia sejak 1917 dan menjadi pemimpin Uni Soviet pertama sejak 1922 sampai kematiannya.

1925

Pemerintah Albania mendeklarasikan pemerintahan berbentuk republik. Hal itu sekaligus mengakhiri pemerintahan monarki Kepangeranan Albania yang berdiri sejak 1914.

1942

Pasukan Jepang menembak jatuh pesawat milik Belanda yang melintas di atas perairan Alalak, Sungai Barito, Banjarmasin pada 21 Januari. Peristiwa itu merupakan serangan pertama Jepang terhadap Belanda di wilayah Kalimantan Selatan.

1968

Pertempuran antara pasukan Vietnam Utara dan pasukan Vietnam Selatan yang dibantu pasukan Amerika Serikat (AS) meletus di Khe Sanh, Provinsi Quang Tri, Vietnam Selatan. Pertempuran itu berlangsung hingga 8 April 1968 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Vietnam Selatan dan AS. Salah satu pertempuran di masa Perang Vietnam itu disebut-sebut merupakan yang paling banyak menyedot perhatian media.

1976

Pesawat Concorde melakukan penerbangan komersial pertama dengan rute London-Bahrain dan Paris-Rio de Janeiro. Penerbangan komersial yang dioperasikan oleh British Airways dan Air France ini dimulai pada 21 Januari.

Pengoperasian sebagai pesawat komersial tidak dilanjutkan dengan ditandai penerbangan terakhir pada 26 November 2003. Concorde adalah sebuah pesawat terbang supersonik sayap delta.

Philip John Neville. (Wikimedia.org)

1977

Philip John Neville lahir di Bury, Lancashire, Inggris. Ia kemudia dikenal luas sebagai peman sepak bola yang pernah membela Manchester United sejak 1995 hingga 2005 dan Everton dari 2005 sampai 2013. Saat masih di Manchester United, Philip Neville kerap dipasang sebagai pemain bertahan bersama kakaknya, Gary Neville.

covid-19 jateng Candi Borobudur. (Reuters-Dwi Oblo)
Candi Borobudur. (Reuters-Dwi Oblo)

1985

Serangan bom mendera Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah (Jateng) terjadi pada 21 Januari 1985. Serangan teroris itu merupakan yang kedua melanda Indonesia di masa Orde Baru. Polisi kemudian menetapkan nama Abdulkadir Ali Alhabsyi dan Husein Ali Alhabsyi sebagai pelaku yang kemudian menjelaskan otak pengeboman itu benama Mohammad Jawad alias Kresna. Namun demikian, sosok Mohammad Jawad belum ditemukan hingga saat ini. Peristiwa itu diduga dipicu masalah kebijakan pemerintah Orde Baru yang dianggap menyudutkan pemeluk Islam.

2011
Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel) berhasil menyelamatkan 21 awak kapal kargo asal Uni Emirat Arab yang diambil alih bajak laut di perairan dekat Korsel. Kapal tersebut diketahui membawa bahan-bahan kimia dari Uni Emirat Arab.

 

 

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom