Duta Besar AS untuk India, John Kenneth Galbraith, dan Perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru, merundingkan konflik antara India dan China, November 1962. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Perang Tiongkok-India meletus, 20 Oktober 1962. Perang itu dipicu upaya Tiongkok yang ingin merebut Jalur McMahon dari India.

Meletusnya Perang Tiongkok-India merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 20 Oktober. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 20 Oktober yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 20 Oktober, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1827
Pertempuran antara pasukan Angkatan Laut Kesultanan Ottoman melawan angkatan laut dari Inggris, Prancis, dan Rusia meletus di Teluk Navarino, sebelah barat Yunani. Salah satu pertempuran di masa Perang Kemerdekaan Yunani itu berakhir dengan kekalahan pasukan Kesultanan Ottoman. Pasukan Inggris, Prancis, dan Rusia meraih kemenangan dengan cepat lantaran memiliki kapal, persejataan, dan awak yang lebih baik dan terlatih.

Foto kerangka manusia korban Pertempuran Tacna, salah satu pertemnpuran Perang di Pasifik ditemukan pada 1910.
Foto kerangka manusia korban Pertempuran Tacna, salah satu pertemnpuran Perang di Pasifik ditemukan pada 1910. (Wikimedia.org)

1904
Perjanjian Perdamaian dan Persahabatan ditandatangani Cile dan Bolivia di Santiago, Cile 20 tahun setelah Perang Pasifik yang melibatkan dua negara tersebut dinyatakan berakhir. Perjanjian itu mengatur perbatasan antara Cile dan Bolivia sepanjang 861 km.

1941
Pasukan Jerman mulai membantai warga sipil di Kragujevac, Serbia sebagai pembalasan terhadap serangan pemberontak di Distrik Gornji Milanovac yang menewaskan 10 tentara Jerman. Akibat pembantaian itu, sekitar 2.778 hingga 2.794 warga sipil yang semuanya berjenis kelamin pria tewas ditembak pasukan Jerman.

1944
Pasukan Uni Soviet bersama tentara Partisan Yugoslavia berhasil membebaskan ibu kota Yugoslavia, Beograd, dari cengkeraman Jerman. Sebelumnya, Beograd telah diduduki Jerman sejak 1941.

1962
Pasukan Tiongkok melancarkan serangan di wilayah Ladakh, India dan memicu Perang Tiongkok-India yang berlangsung selama lebih dari sebulan. Perang itu dipicu upaya Tiongkok yang ingin merebut Jalur McMahon dari India. Tiongkok dinyatakan menang dalam perang tersebut, namun beberapa konflik justru tetap terjadi setelah perang dinyatakan berakhir.

1971
Cordozar Calvin Broadus Junior lahir di Long Beach, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai seorang penyanyi rap, produser rekaman, sekaligus aktor ternama dengan nama panggung Snoop Dogg.

1973
Ratu Elizabeth II meresmikan pembukan Sydney Opera House atau Gedung Opera Sidney di Sydney, New South Wales, Australia. Sydney Opera House merupakan salah satu bangunan yang didirikan pada abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Proses pembangunan Sydney Opera House membutuhkan waktu 14 tahun dan menghabiskan dana 102 juta dolar Australia.

1991
Gempa bumi berkekuatan 6,8 sR mengguncang wilayah Uttarkashi, India. Lebih dari 1.000 orang tewas akibat bencana alam tersebut. Kerugian materi yang disebabkan gempa bumi itu diperkirakan mencapai 60 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Penguasa Libya Muammar Abu Minyar Al-Qaddafi alias Muammar Gaddafi. (Reuters)
Penguasa Libya Muammar Abu Minyar Al-Qaddafi alias Muammar Gaddafi. (Reuters)

2011
Penguasa Libya Muammar Abu Minyar Al-Qaddafi atau yang dikenal sebagai Muammar Gaddafi tewas dibunuh pasukan pemberontak. Mayat Gaddafi dan putranya, Mutassim, serta mantan Menteri Pertahanan Abu Bakar Younis sempat dipertontonkan kepada publik di sebuah ruang pendingin daging di pasar di Kota Misrata, Libya sebelum dimakamkan di tempat yang dirahasiakan.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten