Tutup Iklan

Sejarah Hari Ini : 20 Oktober 1944, Pembebasan Beograd dari Jerman

Pembebasan Beograd menjadi salah satu peristiwa yang terjadi pada tanggal 20 Oktober yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini.

 Tank yang hancur di Beograd pada 1944. (wikipedia)

SOLOPOS.COM - Tank yang hancur di Beograd pada 1944. (wikipedia)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Uni Soviet bersama tentara Partisan Yugoslavia berhasil membebaskan ibu kota Yugoslavia, Beograd, dari cengkeraman Jerman pada 20 Oktober 1944. Beograd sebelumnya telah diduduki Jerman sejak 1941.

Peristiwa pembebasan Beograd dari Jerman merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 20 Oktober hari ke-293 (hari ke-294 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Selain pembebasan Beograd, masih banyak peristiwa bersejarah pada 20 Oktober yang terangkum pada Sejarah Hari Ini, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1568

Pasukan Spanyol berhasil mengalahkan pasukan pemberontak di Jodoigne, Spanyol-Belanda atau kini Belgia. Pasukan pemberontak yang dipimpin Pangeran Oranye William I harus kehilangan sekitar 3.000 tentaranya sedangkan pasukan Spanyol hanya kehilangan 20 tentaranya.

1827

Pertempuran antara pasukan Angkatan Laut Kesultanan Ottoman melawan angkatan laut dari Inggris, Prancis, dan Rusia meletus di Teluk Navarino, sebelah barat Yunani. Salah satu pertempuran di masa Perang Kemerdekaan Yunani itu berakhir dengan kekalahan pasukan Kesultanan Ottoman. Pasukan Inggris, Prancis, dan Rusia meraih kemenangan dengan cepat lantaran memiliki kapal, persejataan, dan awak yang lebih baik dan terlatih.

Baca juga: Suara Azan di Jakarta Disorot Media Asing, Bagaimana Aturannya di Arab?

1904

Perjanjian Perdamaian dan Persahabatan ditandatangani Cile dan Bolivia di Santiago, Cile 20 tahun setelah Perang Pasifik yang melibatkan dua negara tersebut dinyatakan berakhir. Perjanjian itu mengatur perbatasan antara Cile dan Bolivia sepanjang 861 km.

1941

Pasukan Jerman mulai membantai warga sipil di Kragujevac, Serbia sebagai pembalasan terhadap serangan pemberontak di Distrik Gornji Milanovac yang menewaskan 10 tentara Jerman. Akibat pembantaian itu, sekitar 2.778 hingga 2.794 warga sipil yang semuanya berjenis kelamin pria tewas ditembak pasukan Jerman.

1944

Pasukan Uni Soviet bersama tentara Partisan Yugoslavia berhasil membebaskan ibu kota Yugoslavia, Beograd, dari cengkeraman Jerman. Sebelumnya, Beograd telah diduduki Jerman sejak 1941.

Baca juga: Anak Balita Tembak Ibu hingga Meninggal di AS, Ayah Didakwa

1962

Pasukan Tiongkok melancarkan serangan di wilayah Ladakh, India dan memicu Perang Tiongkok-India yang berlangsung selama lebih dari sebulan. Perang itu dipicu upaya Tiongkok yang ingin merebut Jalur McMahon dari India. Tiongkok dinyatakan menang dalam perang tersebut, namun beberapa konflik justru tetap terjadi setelah perang dinyatakan berakhir.

1971

Cordozar Calvin Broadus Junior lahir di Long Beach, California, Amerika Serikat (AS). Ia dikenal sebagai penyanyi rap, produser rekaman, sekaligus aktor ternama dengan nama panggung Snoop Dogg.

1973

Ratu Elizabeth II meresmikan pembukan Sydney Opera House atau Gedung Opera Sidney di Sydney, New South Wales, Australia. Sydney Opera House merupakan salah satu bangunan yang didirikan pada abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Proses pembangunan Sydney Opera House membutuhkan waktu 14 tahun dan menghabiskan dana 102 juta Dolar Australia.

1991

Gempa bumi berkekuatan 6,8 S mengguncang wilayah Uttarkashi, India. Lebih dari 1.000 orang tewas akibat bencana alam tersebut. Kerugian materi yang disebabkan gempa bumi itu diperkirakan mencapai 60 juta dolar Amerika Serikat (AS).

2011

Penguasa Libya Muammar Abu Minyar Al-Qaddafi atau yang dikenal sebagai Muammar Gaddafi tewas dibunuh pasukan pemberontak. Mayat Gaddafi dan putranya, Mutassim, serta mantan Menteri Pertahanan Abu Bakar Younis sempat dipertontonkan kepada publik di sebuah ruang pendingin daging di pasar di Kota Misrata, Libya sebelum dimakamkan di tempat yang dirahasiakan.

1999

Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dilantik sebagai Presiden ke-4 RI

2004

Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dilantik sebagai Presiden ke-6 Indonesia periode 2004-2009, dengan Muhammad Jusuf Kalla sebagai wakilnya.

Baca juga: Gawat Nih! Tingkat Oksigen Bumi Perlahan Turun, Lautan akan Kering

2009

Susilo Bambang Yudhoyono dilantik kembali sebagai Presiden Indonesia periode 2009-2014, dengan Boediono sebagai wakilnya.

2014

Joko Widodo atau Jokowi dilantik sebagai Presiden ke-7 RI periode 2014-2019, dengan Muhammad Jusuf Kalla sebagai wakilnya, di gedung MPR/DPR.

2019

Jokowi kembali dilantik sebagai Presiden Indonesia periode 2019-2024, dengan Ma’ruf Amin sebagai wakilnya, di gedung MPR/DPR.


Berita Terkait

Berita Terkini

Cerita Kampung Renteng Jadi Lautan Debu, Tertimbun Abu Gunung Semeru

Kampung Renteng i Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi lautan debu akibat tertimbun abu vulkanik erupsi Gunung Semeru.

BNPB: 13 Orang Meninggal, Puluhan Warga Terluka akibat Erupsi Semeru

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengungkapkan erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur hingga Minggu (5/12/2021).

Cerita Wabup Lumajang: Warga Terjebak Erupsi Semeru, Kasihan Pak

BNPB menyiapkan dua unit helikopter untuk kebutuhan evakuasi korban letusan Gunung Semeru dan ada tiga satuan setingkat kompi TNI.

PVMBG: Sebaran Abu Vulkanik Gunung Semeru Bisa Lebih Jauh

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan sebaran abu vulkanik Gunung Semeru bisa lebih jauh dari saat ini.

+ PLUS KND Bisa Mendegradasi Isu Hak Asasi Manusia Menjadi Urusan Sosial

Dalam kenyataan empiris, salah satu kesulitan terbesar selama ini adalah mentransformasikan disabilitas dari isu sosial menjadi isu hak asasi manusia.

10 Berita Terpopuler: Harga Tanah di Solo Baru, Kisah Pilu Novia

Ulasan tentang harga tanah di Solo Baru, Sukoharjo menjadi berite terpopuler di Solopos.com, Minggu (5/12/2021) pagi.

Gunung Semeru Meletus, Waspada Potensi Lontaran Batu Pijar di Puncak

Ada beberapa potensi bahaya akibat Gunung Semeru meletus yang perlu diwaspadai.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Jelajahi Semarang

Hari kedua, Minggu (5/12/2021), Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group bersiap mengeksplorasi beragam layanan digital di Prodia dan XL Axiata yang menjadi tulang punggung ekonomi digital di Jawa Tengah.

Gunung Semeru Meletus, Merapi & 2 Gunung Lain Siaga

Peristiwa Gunung Semeru meletus memengaruhi kondisi tiga gunung berapi lain termasuk Merapi yang saat ini berada dalam status siaga.

Inilah Penyebab Gunung Semeru Meletus

Badan Geologi menduga Gunung Semeru meletus akibat curah hujan yang membuat kondisi endapan lava tidak stabil.

Sejarah Hari Ini : 5 Desember 1957, Geger Peristiwa Sinterklas Hitam

Beragam kejadian bersejarah terjadi pada 5 Desember seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini, salah satunya peristiwa Sinterklas Hitam.

Polisi Temukan Bukti Bripda RB dan Korban Dua Kali Aborsi

Polisi temukan bukti aborsi dalam kasus bunuh diri mahasiswi Mojokerto.

Polda Jatim Tahan Bripda RB Terkait Bunuh Diri Novia Widyasari

Polda Jawa Timur menahan Bripda RB terkait kasus bunuh diri mahasiswi Mojokerto.

Jembatan Putus Akibat Lahar Semeru, Jalur Piket Nol Lumajang Ditutup

Jalur lalu lintas yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang lewat selatan di jalur Piket Nol ditutup total.

BMKG: Abu Vulkanik Semeru Tak Ganggu Penerbangan di YIA & Adi Soemarmo

BMKG menyebutkan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru sejauh ini belum berdampak pada aktivitas penerbangan di Bandara YIA dan Bandara Adi Soemarmo.