Sejarah Hari Ini: 20 Mei 1908 Berdirinya Budi Utomo Sebagai Harkitnas

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 20 Mei.

 Hari Kebangkitan Nasional (Biropemerintahan.bantenprov.go.id)

SOLOPOS.COM - Hari Kebangkitan Nasional (Biropemerintahan.bantenprov.go.id)

Solopos.com, SOLO — Budi Utomo adalah organisasi pemuda yang didirikan oleh Soetomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) pada tanggal 20 Mei 1908. Tanggal berdirinya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 20 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Vasco da Gama. (Rmg.co.uk)
Vasco da Gama. (Rmg.co.uk)

1498

Penjelajah asal Portugis, Vasco da Gama, berhasil menemukan rute penjelajahan dari Eropa ke kawasan India melalui jalur laut. Rute itu lah yang akhirnya membawa bangsa Portugis juga berhasil tiba di Indonesia.

1631

Kota Magdeburg di Jerman diduduki pasukan Kekaisaran Romawi. Sebagian besar penduduknya yang tak bersenjata lantas dibantai. Pembantaian itu menjadi yang terparah dalam Perang Tiga Puluh Tahun.

1645

Pasukan Kekaisaran Dinasti Qing yang menginvasi wilayah Kekaisaran Dinasti Ming di Tiongkok melakukan pembantaian selama 10 hari. Dari pembantaian itu, sebanyak 800.000 jiwa melayang.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 19 Mei 2018 Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan

1813

Napoleon Bonaparte memimpin pasukan Prancis dalam Pertempuran Bautzen di Saxony, Jerman untuk melawan pasukan gabungan Rusia dan Prusia. Pertempuran Bautzen berakhir pada keesokan harinya dengan kemenangan Prancis.

1882

The Triple Alliace atau Aliansi Tiga dibentuk di Berlin Jerman. Aliansi Tiga adalah organisasi pertahanan yang beranggotakan Jerman, Austria-Hungaria, dan Italia. Organisasi tersebut akhirnya bubar pada 1914.

1902

Kuba meraih kemerdekaan penuh dari Amerika Serikat (AS) yang mengontrol Kuba sejak 1898. Setelah merdeka, Tomas Estrada Palma dinobatkan sebagai presiden pertama Kuba.

1908

Budi Utomo adalah organisasi pemuda yang didirikan oleh Soetomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi ini digagas oleh Wahidin Sudirohusodo. Tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Baca juga: Bangun Bendungan Raksasa, China Dituding Rusak Hutan Filipina

Foto dokumentasi Raja Ibnu Saud bersama para petinggi militer Inggris. (thecentrestar.com)
Foto dokumentasi Raja Ibnu Saud bersama para petinggi militer Inggris. (thecentrestar.com)

1927

Inggris menandatangani Perjanjian Jedah untuk memberi kemerdekaan penuh kepada Kerajaan Hejaz dan Nejd yang dipimpin Raja Ibnu Saud. Kerajaan tersebut lantas digabungkan dan menjadi Kerajaan Arab Saudi.

1940

Kamp konsentrasi di Auschwitz, Polandia yang dibangun pihak Jerman untuk kali pertama digunakan. Para tahanan pertama yang menghuni kamp konsentrasi tersebut lantas diekesusi mati beberapa hari kemudian.

1941

Pertempuran Pulau Kreta meletus antara tentara Jerman dan tentara Yunani. Pertempuran tersebut dipicu invasi tentara Jerman ke Pulau Kreta demi merebutnya dari Yunani. Setelah bertempur selama 13 hari, tentara Jerman berhasil mengalahkan tentara Yunani yang dibantu pihak Sekutu.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 18 Mei 1998 Mahasiswa Kuasai Gedung DPR MPR

1944

Sejumlah tentara Jerman yang berkhianat mencoba melakukan pembunuhan kepada pemimpin Jerman Adolf Hitler. Upaya tersebut dilakukan dengan meledakkan kediaman Hitler saat sebuah rapat sedang berlangsung. Hitler selamat.

2002

Timor Timur diakui secara internasional sebagai negara dan secara resmi merdeka dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002. Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur, ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis “Timor Leste” sebagai nama resmi.

Gesang
Gesang (Wikipedia.org)

2010

Gesang lengkapnya Gesang Martohartono adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia lahir 1 Oktober 1917. Dikenal sebagai “maestro keroncong Indonesia” Pencipta lagu Bengawan Solo ini meninggal pada 20 Mei 2010.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Menilik Fasilitas Mewah Haji Furoda Tanpa Antre Berbiaya Rp300 Juta

Sejumlah fasilitas mewah ditawarkan kepada calon haji furoda tanpa antre dengan biaya mulai Rp225 juta hingga Rp300 juta.

Diduga Mutilasi Anak Kandung, Ayah Terancam Penjara 15 Tahun

Arharubi, 42, terancam hukuman 15 tahun karena diduga tega memutilasi anak kandungnya sendiri yang berusia 10 tahun.

Sejarah Hari Ini: 4 Juli 1776 Kemerdekaan Amerika Serikat

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 4 Juli.

Boyolali Jadi Daerah Wabah, Berapa Total Ternak Suspek PMK?

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Total ternak suspek PMK di Boyolali saat ini sekitar 4.642.

Faktor Penyebab Hubungan Inses dan Dampaknya Bagi Keturunan

Kelainan genetik yang berujung meninggalnya bayi seusai dilahirkan merupakan salah satu dampak buruk dari hasil hubungan sedarah atau inses.

Iduladha di Indonesia & Arab Saudi Berbeda, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Di bawah ini terdapat penjelasan ilmiah terkait perbedaan Hari Raya Iduladha di Indonesia dan Arab Saudi menurut Kementerian Agama RI.

Mengembalikan Musik Metal ke Jantung Klenengan

Rencana konser grup band rock progresif Dream Theater dan rencana penyelenggaraan lagi Rock in Solo pada 2022 layak disebut ikhtiar mengembalikan musik metal ke jantung klenengan.

Kenapa Iduladha 2022 di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda?

Kira-kira kenapa Hari Raya Iduladha di Indonesia dan Arab Saudi jatuh pada tanggal yang berbeda? Ini jawaban dan penjelasan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Ridwan Kamil dan Komunikasi Politik Menuju 2024

Pengelolaan citra atau image management yang dilakukan oleh Ridwan Kamil terlihat unik.

Bayi Hasil Hubungan Inses Kakak-Adik Meninggal Setelah Dilahirkan

Bayi laki-laki dengan kelainan genetik hasil hubungan inses antara kakak dan adik kandung di Dustlik, Uzbekistan, meninggal dunia dua jam setelah dilahirkan.

Narasi Kontra Polarisasi di Tengah Manuver Politik

Politikus dan cendekiawan berulang kali memperingatkan bahaya polarisasi, terutama yang berbasis keagamaan, terhadap demokrasi Indonesia.

Jangan Biarkan Taman Siswa Lenyap dari Ingatan

Sayang jika Taman Siswa sampai lenyap dari ingatan. Perlu ada gerakan penyelamatan Taman Siswa.

Taman Siswa dan Sisa-Sisa Romantisisme

Tanggal 3 Juli 2022 tepat seabad Perguruan Nasional Taman Siswa berdiri. Pada 3 Juli 1922, Ki Hajar Dewantara mendirikan perguruan nasional tersebut di Kota Jogja. Kini tersisa romantisisme dari idealisme Taman Siswa.

Peugeot e-Expert Hydrogen Kendaraan Van Serba Listrik

Peugeot menguji coba kendaraan listrik jenis van angkut berbahan bakar Hydrogen e-Expert, yang dilengkapi teknologi elektrifikasi

Keren! Mahasiswa ITNY Raih Juara II Lomba Cipta Puisi Nasional

Mahasiswa FTSP ITNY, Deandra Marhaendra, berhasil meraih Juara II dalam Lomba Cipta Puisi Nasional.

Sejarah Hari Ini: 3 Juli 1608, Kota Quebec Kanada Didirikan

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 3 Juli.