SOLOPOS.COM - Hari Kebangkitan Nasional (Biropemerintahan.bantenprov.go.id)

Solopos.com, SOLO — Budi Utomo adalah organisasi pemuda yang didirikan oleh Soetomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) pada tanggal 20 Mei 1908. Tanggal berdirinya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 20 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Vasco da Gama. (Rmg.co.uk)
Vasco da Gama. (Rmg.co.uk)

1498

Penjelajah asal Portugis, Vasco da Gama, berhasil menemukan rute penjelajahan dari Eropa ke kawasan India melalui jalur laut. Rute itu lah yang akhirnya membawa bangsa Portugis juga berhasil tiba di Indonesia.

1631

Kota Magdeburg di Jerman diduduki pasukan Kekaisaran Romawi. Sebagian besar penduduknya yang tak bersenjata lantas dibantai. Pembantaian itu menjadi yang terparah dalam Perang Tiga Puluh Tahun.

1645

Pasukan Kekaisaran Dinasti Qing yang menginvasi wilayah Kekaisaran Dinasti Ming di Tiongkok melakukan pembantaian selama 10 hari. Dari pembantaian itu, sebanyak 800.000 jiwa melayang.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 19 Mei 2018 Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan

1813

Napoleon Bonaparte memimpin pasukan Prancis dalam Pertempuran Bautzen di Saxony, Jerman untuk melawan pasukan gabungan Rusia dan Prusia. Pertempuran Bautzen berakhir pada keesokan harinya dengan kemenangan Prancis.

1882

The Triple Alliace atau Aliansi Tiga dibentuk di Berlin Jerman. Aliansi Tiga adalah organisasi pertahanan yang beranggotakan Jerman, Austria-Hungaria, dan Italia. Organisasi tersebut akhirnya bubar pada 1914.

1902

Kuba meraih kemerdekaan penuh dari Amerika Serikat (AS) yang mengontrol Kuba sejak 1898. Setelah merdeka, Tomas Estrada Palma dinobatkan sebagai presiden pertama Kuba.

1908

Budi Utomo adalah organisasi pemuda yang didirikan oleh Soetomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi ini digagas oleh Wahidin Sudirohusodo. Tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Baca juga: Bangun Bendungan Raksasa, China Dituding Rusak Hutan Filipina

Foto dokumentasi Raja Ibnu Saud bersama para petinggi militer Inggris. (thecentrestar.com)
Foto dokumentasi Raja Ibnu Saud bersama para petinggi militer Inggris. (thecentrestar.com)

1927

Inggris menandatangani Perjanjian Jedah untuk memberi kemerdekaan penuh kepada Kerajaan Hejaz dan Nejd yang dipimpin Raja Ibnu Saud. Kerajaan tersebut lantas digabungkan dan menjadi Kerajaan Arab Saudi.

1940

Kamp konsentrasi di Auschwitz, Polandia yang dibangun pihak Jerman untuk kali pertama digunakan. Para tahanan pertama yang menghuni kamp konsentrasi tersebut lantas diekesusi mati beberapa hari kemudian.

1941

Pertempuran Pulau Kreta meletus antara tentara Jerman dan tentara Yunani. Pertempuran tersebut dipicu invasi tentara Jerman ke Pulau Kreta demi merebutnya dari Yunani. Setelah bertempur selama 13 hari, tentara Jerman berhasil mengalahkan tentara Yunani yang dibantu pihak Sekutu.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 18 Mei 1998 Mahasiswa Kuasai Gedung DPR MPR



1944

Sejumlah tentara Jerman yang berkhianat mencoba melakukan pembunuhan kepada pemimpin Jerman Adolf Hitler. Upaya tersebut dilakukan dengan meledakkan kediaman Hitler saat sebuah rapat sedang berlangsung. Hitler selamat.

2002

Timor Timur diakui secara internasional sebagai negara dan secara resmi merdeka dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002. Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur, ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis “Timor Leste” sebagai nama resmi.

Gesang
Gesang (Wikipedia.org)

2010

Gesang lengkapnya Gesang Martohartono adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia lahir 1 Oktober 1917. Dikenal sebagai “maestro keroncong Indonesia” Pencipta lagu Bengawan Solo ini meninggal pada 20 Mei 2010.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya