Sejarah Hari Ini: 2 Mei 1611, Alkitab Versi Raja James Diterbitkan
Sampul edisi pertama Alkitab Versi Raja James. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Alkitab versi Raja Inggris, James, mulai diterbitkan untuk pengikut Gereja Inggris, 2 Mei 1611. Kini, alkitab tersebut disebut dengan istilah King James Version (KJV) atau yang berarti Versinya Raja James.

Terbutnya Alkitab versi Raja James itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 2 Mei dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 2 Mei:

1611
Alkitab versi Raja Inggris, James, mulai diterbitkan untuk pengikut Gereja Inggris. Kini, alkitab tersebut disebut dengan istilah King James Version (KJV) atau yang berarti Versinya Raja James.

1519
Leonardo da Vinci meninggal dunia pada usia 67 tahun di Amboise, Prancis. Semasa hidupnya, Leonardo da Vinci dikenal sebagai arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis ternama. Salah lukisannya yang terkenal adalah Mona Lisa.

Kaisar Etiopia, Menelik II. (Wikimedia.org)
1889
Kaisar Etiopia, Menelik II, menandatangani perjanjian dengan Italia di Wuchale, Etiopia. Dengan perjanjian itu, Menelik II memberikan kuasa kepada Italia untuk mengontrol wilayah Eritrea. Italia kemudian menguasai wilayah tersebut hingga 1941 sebelum direbut Inggris.

1945
Jenderal militer Jerman, Heinrich von Vietinghoff, menandatangani dokumen yang menyatakan penyerahan diri pasukan Jerman di Italia kepada Sekutu. Penandatanganan itu sekaligus mengakhiri penyerbuan Sekutu di Italia yang berlangsung lebih dari setahun.

1945
Setelah Uni Soviet berhasil mengambil alih Kota Berlin di Jerman, petinggi militer Jerman Helmuth Otto Ludwig Weidling menyatakan menyerah. Helmuth Otto Ludwig Weidling kemudian menjadi tahanan perang Uni Soviet hingga akhir hayatnya. Uni Soviet berhasil merebut Kota Berlin setelah bertempur melawan Jerman selama kurang lebih dua pekan.

1945
Pasukan Amerika Serikat berhasil merebut Penampungan Wobbelin di dekat Kota Ludwigslust, Jerman dan membebaskan sekitar 5.000 tahanannya. Sebelumnya, penampungan tersebut digunakan Jerman untuk mengurung tawanannya yang akan dijadikan bahan percobaan ilmiah sejak 1944.

Dwayne Douglas Johnson alias The Rock. (Reuters-Mario Anzuoni)
1972
Dwayne Douglas Johnson dilahirkan di Hayward, California, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal luas sebagai pegulat, aktor, sekaligus produser film dengan nama beken The Rock. Ia menyatakan pensiun dari dunia gulat pada 2011 lalu.

2004
Sebanyak 630 orang Islam di Yelwa, Nigeria dibantai orang-orang Kristen. Pembantaian itu merupakan wujud pembalasan atas dibantaianya 78 orang Kristen oleh orang Islam pada 4 Februari di tahun yang sama.

2008
Badai Nargis melandar wilayah daratan di Myanmar. Bencana tersebuut diperkirakan menewaskan lebih dari 100.000 orang dan membuat jutaan orang kehilangan tempat tinggal mereka. Bada itu merupakan badai paling parah ke-12 sepanjang sejarah. Badai Nargis ialah badai tropis pertama yang melanda Myanmar sejak Badai Mala pada 2006.

2011
Pasukan Amerika Serikat (AS) mengabarkan kematian pendiri Al-Qaeda, Osama bin Laden. Pasukan AS mengklaim Osama tewas di tempat persembunyiannya di Abbottabad, Pakistan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom