Sejarah Hari Ini: 2 Juli 1945 Amerika Serikat Bombardir Jepang

Beragam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 2 Juli.

 Pesawat pengembom Amerika Serikat B-29 Superfortress. (Wikipedia.org)

SOLOPOS.COM - Pesawat pengembom Amerika Serikat B-29 Superfortress. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menjatuhkan lebih dari 1.000 ton bahan peledak di empat wilayah di Jepang menggunakan pesawat pengebom B-29 Superfortress, pada 2 Juli 1945.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 2 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

1555

Laksamana Angkatan Laut Kesultanan Ottoman, Dragut, memimpin pasukannya untuk menyerang Kota Paola di bagian selatan Italia. Kesultanan Ottoman kemudian berhasil menguasai kota tersebut melalui serangan yang dipimpin Dragut itu.

1561

Pasukan Etiopia pimpinan Raja Menas mengalahkan pasukan pemberontak yang dipimpin Tazkaro di Emfras, Etiopia bagian utara. Tazkaro lantas ditangkap dan dijatuhi hukuman mati dengan cara dilempari batu hingga tewas.

1853

Pasukan Kekaisaran Rusia melintas Sungai Pruth untuk menuju wilayah Kerajaan Moldavia dan Wallachia. Tujuan pasukan Kekaisaran Rusia ke dua kerajaan tersebut adalah memberikan provokasi-provokasi yang memicu meletusnya Perang Krimea.

Baca juga: Rusia Kembali Serang Ukraina Setelah Kepulangan Jokowi

1934

Beberapa orang anggota Partai Nazi yang dianggap telah mengkhianati Adolf Hitler dijatuhi hukuman mati. Sebelumnya, beberapa orang itu hanya menjalani persidangan selama tiga menit dan langsung dieksekusi mati.

1945

Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menjatuhkan lebih dari 1.000 ton bahan peledak di empat wilayah di Jepang. Antara lain Pangkalan Angkatan Laut, Pelabuhan Shimonoseki. Hampir 600 unit pesawat pengebom B-29 Superfortress dilibatkan di pagi buta itu.

1966

Tiga kapal torpedo milik tentara Vietnam Utara tenggelam setelah diserang pesawat tempur milik Amerika Serikat (AS). Sebelumya, tiga kapal torpedo milik Vietnam Utara itu sejatinya hendak menyerang kapal perusak milik AS.

1961

Ernest Miller Hemingway tewas bunuh diri dengan menembakkan senapan ke kepalanya saat usianya sudah 61 tahun. Semasa hidupnya, Ernest dikenal sebagai novelis ternama dan jurnalis di Amerika Serikat (AS) dan pernah memperoleh Penghargaan Nobel pada 1954.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 1 Juli 1946, Djawatan Kepolisian Negara Berdiri

1976

Vietnam Utara menyatakan telah menguasai Vietnam Selatan sepenuhnya. Pihak Vietnam utara juga mendeklrasikan penyatuan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan dengan nama Republik Sosialis Vietnam.

imsakiah ramadan Wakil Gubenur Jawa Tengah Taj Yasin. (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif) wagub jateng covid-19 wonogiri Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin
Wakil Gubenur Jawa Tengah Taj Yasin. (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

1983

H. Taj Yasin Maimoen, lahir 2 Juli. Ia adalah Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018–2023. Wakil dari Gubernur Ganjar Pranowo. Sebelumnya Taj Yasin merupakan anggota DPRD Jateng dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan.

2000

Penutupan Kejuaraan Eropa UEFA 2000, dilaksanakan di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Belanda. Prancis menjadi juara, gelar juara yang ke-2 kalinya (1984 dan 2000), mengalahkan Italia dengan skor 2-1 lewat perpanjangan waktu.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Status Keadaan Tertentu PMK, Ini 6 Poin Pentingnya

2001

Film The Fast and The Furious resmi dirilis di Amerika Serikat (AS). Film tersebut langsung menempati peringkat pertama di pekan pertamanya. Film ini terhitung sukses, terbukti dengan masih terus berlanjutnya film tersebut dalam beberapa seri.

2013

Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala richter mengguncang Aceh, Indonesia. Gempa itu menewaskan 39 orang dan melukai lebih dari 400 orang. Lebih dari 3.000 rumah hancur karena guncangan tersebut.

2016

Michel Rocard adalah seorang politikus Prancis dan anggota Partai Sosialis (PS). Ia menjabat sebagai Perdana Menteri di bawah Presiden François Mitterrand pada tahun 1988 hingga 1991. Rocard meninggal pada 2 Juli 2016.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      2023, Menkes Siapkan Transformasi Kesehatan Senilai Rp196,8 Triliun

      Anggaran transformasi kesehatan tersebut menurun dari 2023 senilai Rp96,8 triliun karena ada pengurangan pengadaan vaksin senilai Rp10 triliun.

      Istana: Pelantikan Menteri PAN RB Bersamaan Groundbreaking IKN

      Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan sebelum Agustus berakhir akan berlangsung peletakan batu pertama IKN dan pelantikan menteri PAN-RB

      Sukses Nyanyi, Presiden Jokowi Pesan Ini ke Farel Prayoga

      Inilah isi pesan Presiden Jokowi kepada Farel Prayoga yang sukses menghibur pejabat dan tamu undangan di Istana Merdeka dengan nyanyiannya Ojo Dibandingke.

      Pemilu 2024: Anggaran KPU Rp14 Triliun, Bawaslu Rp5,5 Triliun pada 2023

      Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan anggaran pemilu yang paling besar akan terjadi di 2024, atau pada saat Pemilu berlangsung.

      Para Pemuda Kiri di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

      Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada17 Agustus 1945 niscaya tak akan terjadi tanpa andil para pemuda kiri. Mereka adalah kader-kader komunis dan sosialis.

      Momen Iriana Jokowi, Prabowo-Kapolri Joget Ojo Dibandingke di Istana

      Inilah momen unik yang membuat Ibu Negara Iriana Jokowi, Menhan Prabowo, hingga Kapolri berjoget bersama di Istana Merdeka.

      Nyanyi di Istana, Farel Prayoga Bikin Jokowi Senyum-Prabowo Joget

      Penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) membuat Presiden Jokowi dan para pejabat RI terhibur.

      Buton Trending Topic Berkat Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani di HUT RI

      Penampilan Jokowi memakai baju adat Buton di Upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) menjadi trending topic di Twitter.

      Profil I Dewa Ayu Asal Kudus, Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI 2022

      Inilah profil I Dewa Ayu, siswi SMA N 2 Kudus yang bertugas sebagai pembawa bendera di upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Spesial! Ini Makna Baju Adat Buton Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI

      Presiden Jokowi memakai baju adat Buton dalam perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Bambu Runcing dan Granat Kolang-Kaling

      Setelah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada Jumat 17 Agustus 1945, gelora revolusi segera merambat ke mana-mana.

      Inilah 16 Parpol Tak Lolos Tahap Pendaftaran Peserta Pemilu 2024

      Sebanyak 16 parpol ini tidak mampu melengkapi berkas yang dibutuhkan.

      Thrifting dan Dilema Ancaman Kesehatan atau Menjaga Bumi

      Budaya thrifting atau menggunakan kembali baju bekas yang menjadi tren sejak puluhan tahun lalu ditentang pemerintah lantaran memiliki ancaman kesehatan yang serius, meski aksi ini bertujuan mencintai bumi karena menekan laju produksi tekstil.

      Kasus di Jiwasraya, Asabri, dan Garuda, Jokowi: Hukum Harus Adil

      Jokowi menyebut perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat.

      Sejarah Hari Ini: 17 Agustus 1945, Kemerdekaan Indonesia

      Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 17 Agustus.