Sejarah Hari Ini: 2 Juli 1945 Amerika Serikat Bombardir Jepang

Beragam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 2 Juli.

 Pesawat pengembom Amerika Serikat B-29 Superfortress. (Wikipedia.org)

SOLOPOS.COM - Pesawat pengembom Amerika Serikat B-29 Superfortress. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menjatuhkan lebih dari 1.000 ton bahan peledak di empat wilayah di Jepang menggunakan pesawat pengebom B-29 Superfortress, pada 2 Juli 1945.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 2 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

1555

Laksamana Angkatan Laut Kesultanan Ottoman, Dragut, memimpin pasukannya untuk menyerang Kota Paola di bagian selatan Italia. Kesultanan Ottoman kemudian berhasil menguasai kota tersebut melalui serangan yang dipimpin Dragut itu.

1561

Pasukan Etiopia pimpinan Raja Menas mengalahkan pasukan pemberontak yang dipimpin Tazkaro di Emfras, Etiopia bagian utara. Tazkaro lantas ditangkap dan dijatuhi hukuman mati dengan cara dilempari batu hingga tewas.

1853

Pasukan Kekaisaran Rusia melintas Sungai Pruth untuk menuju wilayah Kerajaan Moldavia dan Wallachia. Tujuan pasukan Kekaisaran Rusia ke dua kerajaan tersebut adalah memberikan provokasi-provokasi yang memicu meletusnya Perang Krimea.

Baca juga: Rusia Kembali Serang Ukraina Setelah Kepulangan Jokowi

1934

Beberapa orang anggota Partai Nazi yang dianggap telah mengkhianati Adolf Hitler dijatuhi hukuman mati. Sebelumnya, beberapa orang itu hanya menjalani persidangan selama tiga menit dan langsung dieksekusi mati.

1945

Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menjatuhkan lebih dari 1.000 ton bahan peledak di empat wilayah di Jepang. Antara lain Pangkalan Angkatan Laut, Pelabuhan Shimonoseki. Hampir 600 unit pesawat pengebom B-29 Superfortress dilibatkan di pagi buta itu.

1966

Tiga kapal torpedo milik tentara Vietnam Utara tenggelam setelah diserang pesawat tempur milik Amerika Serikat (AS). Sebelumya, tiga kapal torpedo milik Vietnam Utara itu sejatinya hendak menyerang kapal perusak milik AS.

1961

Ernest Miller Hemingway tewas bunuh diri dengan menembakkan senapan ke kepalanya saat usianya sudah 61 tahun. Semasa hidupnya, Ernest dikenal sebagai novelis ternama dan jurnalis di Amerika Serikat (AS) dan pernah memperoleh Penghargaan Nobel pada 1954.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 1 Juli 1946, Djawatan Kepolisian Negara Berdiri

1976

Vietnam Utara menyatakan telah menguasai Vietnam Selatan sepenuhnya. Pihak Vietnam utara juga mendeklrasikan penyatuan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan dengan nama Republik Sosialis Vietnam.

imsakiah ramadan Wakil Gubenur Jawa Tengah Taj Yasin. (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif) wagub jateng covid-19 wonogiri Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin
Wakil Gubenur Jawa Tengah Taj Yasin. (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

1983

H. Taj Yasin Maimoen, lahir 2 Juli. Ia adalah Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018–2023. Wakil dari Gubernur Ganjar Pranowo. Sebelumnya Taj Yasin merupakan anggota DPRD Jateng dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan.

2000

Penutupan Kejuaraan Eropa UEFA 2000, dilaksanakan di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Belanda. Prancis menjadi juara, gelar juara yang ke-2 kalinya (1984 dan 2000), mengalahkan Italia dengan skor 2-1 lewat perpanjangan waktu.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Status Keadaan Tertentu PMK, Ini 6 Poin Pentingnya

2001

Film The Fast and The Furious resmi dirilis di Amerika Serikat (AS). Film tersebut langsung menempati peringkat pertama di pekan pertamanya. Film ini terhitung sukses, terbukti dengan masih terus berlanjutnya film tersebut dalam beberapa seri.

2013

Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala richter mengguncang Aceh, Indonesia. Gempa itu menewaskan 39 orang dan melukai lebih dari 400 orang. Lebih dari 3.000 rumah hancur karena guncangan tersebut.

2016

Michel Rocard adalah seorang politikus Prancis dan anggota Partai Sosialis (PS). Ia menjabat sebagai Perdana Menteri di bawah Presiden François Mitterrand pada tahun 1988 hingga 1991. Rocard meninggal pada 2 Juli 2016.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      10 Berita Terpopuler: Pembunuhan Ibu-Anak di Subang & Kriminal Terkini

      Ulasan tentang perkembangan kasus pembunuhan ibu anak di Subang Jawa Barat dan kasus kriminal lain di sejumlah wilayah Indonesia menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (12/8/2022).

      Pengacara Bharada E Deolipa Yumara Dipecat, Ini Isi Suratnya

      Deolipa Yumara menjadi pengacara Bharada E mulai Sabtu (6/8/2022) dan dipecat setelah empat hari, tepatnya Rabu (10/8/2022).

      Terkini! Bharada E Pecat Pengacaranya Deolipa Yumara

      Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada RE atau Bharada E mencabut kuasa pengacaranya, yakni Deolipa Yumara dan Muhammad Burhanuddin mulai Rabu (10/8/2022).

      Solopos Hari Ini: Josua Pegang Kartu Sambo

      Motif pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir Josua (J) yang diotaki Irjen Pol. Ferdy Sambo kian terungkap.

      Tren Mobil Listrik, Teknologi Baterai Jadi Tantangan bagi Periset

      Komponen baterai menjadi kendala utama dalam pengembangan industri kendaraan bermotor listrik. Ini jadi tantangan bagi periset.

      Sejarah Hari Ini: 12 Agustus 1990, Temuan Fosil Tyrannosaurus Rex

      Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 12 Agustus.

      Laporkan Pesulap Merah, Gus Samsudin Diperiksa Polda Jatim Jumat

      Polda Jawa Timur dijadwalkan memeriksa Gus Samsudin terkait laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Pesulap Merah pada Jumat (12/8/2022).

      Dipecat karena Selingkuh dengan Atasan, Polwan Kalah di PTUN

      PTUN Tinggi Makasar menolak gugatan mantan polwan Polda Maluku Utara, Raniandini Yasa, terhadap Kapolda Malut Irjen Pol Risyapudin Nursin karena tidak terima dipecat.

      Kasus Pelecehan di Unri, MA Putuskan Dekan Tak Bersalah

      MA menilai Syafri Harto tidak bersalah atas tuduhan pelecehan seksual dilakukannya kepada mahasiswi Unri.

      Pembunuh Guru TK di Mataram Diduga Pacar Korban

      Pembunuh guru taman kanak-kanak (TK) berinisial H di rumahnya, Gunungsari, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat beberapa hari lalu diduga kuat pacarnya.

      Setahun, Pembunuhan Ibu Anak di Subang Mulai Temukan Titik Terang

      Seorang yang diamankan itu berinisial S, yang diduga berada di lokasi kejadian saat peristiwa pembunuhan ibu anak di Subang terjadi.

      Selama 6 Hari di Magelang, Bharada E dan Brigadir J Tinggal Sekamar

      Bahkan saat mengawal keluarga Irjen Ferdy Sambo di Magelang, Jawa Tengah dari tanggal 2-7 Juli 2022, mereka tidur sekamar. 

      Pengacara: Ferdy Sambo Janjikan Uang dan Kasus Bharada E Dihentikan

      Ferdy Sambo menjanjikan kasus tersebut akan dihentikan oleh polisi (SP3) karena Bharada E dianggap membela diri dari tembakan Brigadir J.

      Brigadir J Berlutut, Bharada E Tembak 4 Kali atas Suruhan Ferdy Sambo

      Ketika masuk ke ruangan tersebut Bharada E melihat Brigadir J dalam posisi berlutut di depan Ferdy Sambo.

      Kabar Bupati Pemalang Ditangkap KPK, Gubernur Ganjar: Hentikan Korupsi!

      Selain Bupati Pemalang, sumber kuat di KPK menyebutkan aparat tim antirasuah itu juga menangkap puluhan orang lainnya.