Sejarah Hari Ini : 2 Desember 1971, Uni Emirat Arab Terbentuk

Beragam peristiwa penting terjadi pada 2 Desember terangkum dalam Sejarah Hari Ini salah satunya pembentukan Uni Emirat Arab.

 Peta Uni Emirat Arab (UEA). (OCHA via wikipedia)

SOLOPOS.COM - Peta Uni Emirat Arab (UEA). (OCHA via wikipedia)

Solopos.com, SOLO — Uni Emirat Arab (UEA) atau yang bernama resmi Dawlat al-Imarat al-Arabiyah al-Muttahidah terbentuk pada 2 Desember 1971. Mulanya, ada enam emirat yakni Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Sharjah, Dubai, dan Umm al-Qaiwain-bergabung untuk mendirikan UEA, kemudian pada tahun 1972, Ras al-Khaimah menyertai mereka. Sebelumnya, mereka berstatus protektorat Inggris Raya.

PromosiRehabilitasi Pencandu Narkoba Lebih Efektif Secara Sukarela

UEA terletak di pantai timur Semenanjung Arabia, wilayahnya berbatasan dengan Teluk Persia, Arab Saudi, serta Oman. Perekonomian UEA ditopang minyak dan gas bumi. Penemuan sumber daya alam (SDA) itu pada 1960-an merupakan faktor penting di balik bersatunya enam emirat, sehingga terbentuklah UEA.

Pembentukan Uni Emirat Arab merupakan salah satu peristiwa yang terjadi pada 2 Desember, hari ke-336 (ke-337 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Baca juga: Dihantui Varian Omicron, Israel Ngotot Gelar Miss Universe

Simak rangkuman Sejarah Hari Ini, 2 Desember, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1804

Napoleon Bonaparte secara resmi menobatkan dirinya sendiri sebagai Kaisar Prancis. Ia lantas memimpin Prancis hingga 1814 sebelum kemudian diasingkan. Setelah kembali dari pengasingan, Napoleon sempat kembali memimpin Prancis pada 1815 selama tiga bulan.

1805

Pertempuran antara pasukan Prancis dan pasukan Rusia meletus di Austerlitz, Moravia, Austria. Pertempuran tersebut merupakan salah satu yang terbesar pada masa Perang Koalisi Ketiga. Pertempuran tersebut berhasil dimenangi Prancis meski Rusia mendapatkan bantuan dari Kekaisaran Romawi Suci.

Franz Josef I. (Wikimedia.org)
Franz Josef I. (Wikimedia.org)

1848

Franz Josef I secara resmi dinobatkan sebagai raja di Austria-Hungaria. Kepemimpinannya dikenal sedikit unik. Pasalnya, pada saat Perang Dunia I pecah, Austria-Hungaria yang terlibat tak memiliki peralatan tempur yang memadai lantaran Franz Josef I menolak penggunaan senjata modern saat itu, yakni tank.

1917

Rusia dan Blok Sentral menandatangani gencatan senjata dan mulai membicarakan pernjanjian damai untuk mengakhiri ketegangan Rusia dan Blok Sentral dalam Perang Dunia I. Perundingan itu lantas melahirkan Traktat Brest-Litovsk yang mengakhiri keterlibatan Rusia dalam Perang Dunia I.

1943

Pasukan Jerman membombardir pelabuhan di Bari, Italia, menggunakan pesawat tempur. Dalam serangan itu, sebanyak 28 kapal milik Sekutu tenggelam, sekitar 1.000 tentara tewas, dan sekitar 1.000 warga sipil juga kehilangan nyawa mereka.

Baca juga: Covid-19 Varian Omicron Muncul di Afrika, Sejumlah Negara Tutup Pintu

1947

Kerusuhan besar meletus di Yerusalem, Palestina. Peristiwa itu dipicu keputusan Majelis Umum PBB yang membagi tanah Palestina menjadi wilayah Bangsa Arab dan wilayah Bangsa Yahudi. Akibatnya, beberapa bangunan di Yerusalem terbakar dan sejumlah orang Yahudi menjadi korban serangan.

1971

Tujuh emirat, yakni Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain secara resmi merdeka dari Inggris. Peraihan kemerdekaan itu sekaligus juga menjadi peresmian pembentukan Uni Emirat Arab yang terdiri dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi tersebut. UEA adalah tempat bagi bangunan tertinggi di dunia (Burj Khalifa).

1975

Kerajaan Laos secara resmi dibubarkan dan negara tersebut berubah bentuk menjadi republik. Hari runtuhnya Kerajaan Laos sekaligus berdirinya Repuiblik Demokratik Laos itu kini menjadi salah satu hari libur nasional di Laos.

1981

Britney Jean Spears lahir di Mc Comb, Mississippi, Amerika Serikat (AS). Namanya lantas dikenal luas sebagai penyanyi pop kondang di dunia hiburan internasional. Britney memulai kariernya sebagai penyanyi pada 1992 dan mulai melucurkan single pada 1999.

Baca juga: Museum Dar Al-Madinah Seperti di Masjid Nabawi Dibangun di Indonesia?

1988

Benazir Bhutto dilantik sebagai perdana menteri di Pakistan dan dengan ini sebagai perdana menteri wanita pertama di sebuah negara Islam.

Foto dokumentasi Aksi Super Damai 212. (Solopos.com-Dok.)
Foto dokumentasi Aksi Super Damai 212. (Solopos.com-Dok.)

2016

Beberapa organisasi kemasyarakatan (ormas) menggelar demonstrasi besar-besaran di halaman Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Demonstrasi itu bertujuan untuk mendesak pihak berwenang segera menjatuhkan hukuman kepada Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang dituding telah melakukan penistaan agama. Demonstrasi itu disebut sebagai Aksi Super Damai 212.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Klaim Legawa Dikritik, Anies: Itu Penting Bagi Pemerintah

Anies Baswedan termasuk kepala daerah yang sering dihujani kritik setiap ada permasalahan di Ibu Kota.

Kasus Kerangkeng Bupati Langkat Belum Jelas, Ini Kata Kapolda Sumut

Kasus penemuan kerangkeng manusia di kompleks rumah pribadi Bupati Langkat nonaktif, Terbit Rencana Perangin Angin, di Desa Tengah, Kabupaten Langkat belum menemukan titik terang.

+ PLUS Pelegalan Ganja di Thailand, Antara Blunder dan Solusi Kesehatan

Upaya Dewan Narkotika Thailand mempersilakan warganya menanam ganja di rumah bisa jadi blunder bila tidak dibarengi penegakan aturan hukum secara optimal.

Kisah Veronika Andrews, Alumnus FISIP UNS yang Berkarier di Boeing

Veronika mengawali kariernya di Boeing pada tahun 2007. Waktu itu Vero diterima sebagai Data Management Specialist Boeing dengan sistem kontrak.

Terkini Soal Bentrok Sorong Papua, Tim DVI Polri Identifikasi 17 Korban

Tim DVI Mabes Polri mulai mengidentifikasi 17 jenazah korban pembakaran karaoke Double O Sorong saat pertikaian dua kelompok warga di Kota Solo pada Selasa (25/1/2022).

Irjen Kemendagri Minta APIP Daerah Kawal Penyusunan LPPD

Bimbingan teknis Reviu Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) ini ditujukan bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Daerah.

Pak Harto Trending Topik, Netizen Kenang Zaman Dulu Serba Murah

Pak Harto menjadi trending topic di Twitter pada Kamis (27/1/2022) atau tepat 14 tahun peringatan hari dia wafat.

Hadiri Kuliah Tamu, Alumnus Ajak Mahasiswa UNS Kerja di Boeing

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjalin kerja sama dengan perusahaan penerbangan internasional Boeing untuk mengadakan kuliah tamu.

Update! Teror KSB di Pos Gome Papua, 3 Prajurit Yonif 408/SBH Gugur

Danrem 173/PVB, Brigjen TNI Taufan Gestoro, menyampaikan tiga prajurit TNI gugur dalam baku tembak di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (27/1/2022).

+ PLUS Food Estate Rawan Menjadi Cultuurstelsel Baru

Proyek food estate sebagai upaya mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan nasional berdampak proletarisasi petani meluas dan rawan menjadi tanam paksa jenis baru.

Rusia Berpotensi Invasi Ukraina, Inggris Siap Kerahkan Pasukan

Inggris sedang mempertimbangkan untuk mengerahkan ratusan tentara ke kawasan Eropa Timur dalam menghadapi kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina.

+ PLUS Kekuatan Super Netizen Indonesia yang Jatuhkan Mental Garuda Pertiwi

Skuat Garuda Pertiwi merasakan keganasan komentar netizen Indonesia hingga membuat mental mereka jatuh sebelum bertanding di Piala Asia Wanita.

Pos Gome Papua Diserang KSB, Dua Prajurit TNI Meninggal

Sebanyak dua prajurit TNI meninggal dampak serangan KSB ke Pos TNI di Bukit Tepuk, Kampung Jenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua pada Kamis (27/1/2022) pagi.

Terkini, Kata Warga Soal Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat

Ratusan warga mendatangi kerangkeng di rumah pribadi Bupati Langkat nonaktif, Terbit Rencana Perangin Angin, di Desa Raja Tengah, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

+ PLUS Petani Belum Menjadi Subjek Utama Proyek Nasional Kedaulatan Pangan

Berdasar pengalaman dan realitas sepanjang 2021 sistem pangan dan pertanian masih dalam kondisi rentan. Petani belum menjadi subjek utama narasi besar ketahanan pangan nasional.