SOLOPOS.COM - Bendera Republik Batavia yang diproklamirkan di Belanda 19 Januari 1795 (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Republik Batavia diproklamirkan pada 19 Januari 1795 di Belanda, mengakhiri Republik Tujuh Belanda Bersatu. Untuk diketahui Republik Batavia adalah nama suatu republik yang didirikan di Belanda antara 1795-1806, bentuknya mengikuti model Republik Prancis.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 19 Januari. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 19 Januari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

379

Kaisar Romawi, Gratianus, mengangkat Theodosius I sebagai kaisar di Romawi Timur. Kemudian setelah memimpin Kekaisaran Romawi Timur sampai 392, Theodosius I berhasil menjadi penguasa di seluruh wilayah Kekaisaran Romawi, termasuk Romawi Barat.

Ekspedisi Mudik 2024

649

Pasukan Kucha menyerah kepada pasukan Dinasti Tang pimpinan Ashina She’er yang telah mengepung Kucha selama 40 hari. Penaklukan Kucha itu menegaskan kekuatan Dinasti Tang yang telah memiliki kontrol atas Basin Tarim Utara di Xinjiang, China.

1795

Republik Batavia diproklamirkan diproklamasikan pada 19 Januari 1795 di Belanda Atau sehari setelah walinegara Willem V van Oranje-Nassau melarikan diri ke Inggris. Proklamasi ini mengakhiri Republik Tujuh Belanda Bersatu. Adapun Republik Batavia adalah nama suatu republik yang didirikan di Belanda antara 1795-1806, bentuknya mengikuti model Republik Prancis.

Jose de San Martin. (Wikimedia.org)
Jose de San Martin. (Wikimedia.org)

1817

Sebanyak 5.423 pejuang dari Argentina yang dipimpin Jenderal Jose de San Martin melintasi Pegunungan Andes untuk mencapai Cile dan Peru demi membebaskannya dari cengkeraman Spanyol. Upaya itu tercapai beberapa tahun kemudian dan Jose de San Martin ditetapkan sebagai pemimpin Peru pada 1821.

1871

Dalam Perang Prancis-Prusia, Pasukan Prusia berhasil mengalahkan pasukan Prancis di Saint Quentin dan Saint-Cloud, Prancis. Bahkan peristiwa itu merupakan salah satu kekalahan terbesar yang dialami Prancis sepanjang Perang Prancis-Prusia.

1915

Pasukan Angkatan Udara Jerman membombardir Kota Great Yarmouth dan Kota King’s Lyn di Inggris dan menewaskan 20 warga sipil. Peristiwa itu merupakan serangan udara pertama yang menyasar warga sipil selama Perang Dunia I.

1917

Gudang amunisi di West Ham, London, Inggris yang menyimpan bahan peledak untuk Perang Dunia I meledak. Peristiwa itu menewaskan 73 orang dan melukai lebih dari 400 orang.

Howard Hughes (Wikimedia.org)

1937

Howard Hughes mencetak rekor baru terbang dari Los Angeles ke New York City dalam 7 jam, 28 menit, 25 detik pada 19 Januari. Untuk diketahui, Howard Hughes adalah seorang penerbang, insinyur, industrialis, produser film, sutradara film, dan filantropis Amerika Serikat. Bahkan dia adalah salah satu orang terkaya di dunia.

1942

Pasukan Jepang mulai menyerbu Myanmar demi merebutnya dari Inggris yang telah menguasainya sejak 1886. Kemudian Jepang berkuasa di Myanmar hingga 1945 sebelum akhirnya direbut kembali oleh Inggris. Myanmar baru merdeka dari Inggris pada 4 Januari 1948.

1945

Pasukan Uni Soviet berhasil membebaskan wilayah Gettho Lodz di Polandia dari pendudukan Jerman. Selama dikuasai Jerman, 204.000 orang Yahudi pernah tinggal di wialyah tersebut, namun hanya 877 orang yang ditemukan hidup dan bersembunyi saat pasukan Uni Soviet tiba.

Kepulauan Paracel. (Reuters)
Kepulauan Paracel. (Reuters)

1974

China berhasil menguasai Kepulauan Paracel setelah mengalahkan pasukan Vietnam dalam pertempuran selama dua hari. Meski demikian, Vietnam masih mengklaim wilayah Kepulauan Paracel hingga kini. Bukan hanya Vietnam, wilayah kepulauan di Laut Cina Selatan itu juga diklaim oleh Taiwan.

Jenson Alexander Lyons Button lahir di Frome, Somerset, Inggris 19 Januari 1980.
Jenson Alexander Lyons Button. (Reuters)

1980

Jenson Alexander Lyons Button lahir di Frome, Somerset, Inggris 19 Januari 1980. Selanjutnya, namanya dikenal luas sebagai salah satu pembalap di Formula 1 sejak 2000. Sepanjang kariernya, Button berhasil meraih sekali gelar juara dunia pada 2009 silam bersama tim Brawn GP. Namun, Button menyatakan pensiun dari Formula 1 pada 2017 lalu meski masih terikat kontrak dengan tim Mc Laren hingga 2018.

1997

Yasser Arafat kembali ke Hebron setelah lebih dari 30 tahun dan ikut merayakan penyerahan kembali kota Tepi Barat terakhir yang dikuasai Israel. Muhammad Yassir Abdul Rahman Abdul Rauf Arafat al-Qudwa lebih dikenal sebagai Yasser Arafat adalah seorang negarawan Palestina. Tidak hanya itu, Ia juga Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

2011



Gayus Tambunan mantan pegawai negeri sipil pada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Indonesia, divonis hukuman 7 tahun penjara dan denda Rp300.000.000,00 pada 19 Januari. Dia terbukti bersalah melakukan kesalahan yaitu korupsi, perkara suap, memberi keterangan palsu, dan mafia pajak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya