Cek senilai US$7,2 juta dari Amerika Serikat (AS) untuk membayar wilayah Alaska kepada Rusia. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Amerika Serikat (AS) secara resmi mengambil alih wilayah Alaska dari Rusia setelah membayar uang senilai US$7,2 juta pada 18 Oktober 1867. Dengan begitu, bisa dikatakan AS membeli wilayah Alaska dari Rusia.

Selain itu, ada sejumlah peristiwa lain yang layak dikenang pada 18 Oktober. Simak rangkuman Sejarah Hari Ini, 18 Oktober, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org berikut:

1016
Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Denmark diperkirakan meletus di sebelah utara Essex, Inggris. Pertempuran tersebut menjadi pertempuran terakhir dalam upaya Denmark menaklukkan Inggris. Pertempuran tersebut lantas dimenangi Denmark yang akhirnya menguasai hampir seluruh Inggris kecuali wilayah Wessex.

1081
Pertempuran antara pasukan Normandia dan pasukan Bizantium meletus di Dyrrhachium, dekat wilayah yang kini disebut Durres di Albania. Pertempuran itu berhasil dimenangi pasukan Normandia yang lantas merebut sebagian besar wilayah kekuasaan Bizantium di Makedonia dan Thessalia.

Sampul Traktat Aix-la-Chapelle berbahasa Prancis. (Wikimedia.org)
Sampul Traktat Aix-la-Chapelle berbahasa Prancis. (Wikimedia.org)

1748
Traktat Aix-la-Chapelle ditandatangani demi mengakhiri Perang Suksesi Austria yang melibatkan hampir seluruh negara di Eropa. Dari perjanjian tersebut, Austria terpaksa harus kehilangan beberapa wilayah kekuasaannya. Perang Suksesi merupakan perang yang berlansung selama hampir delapan tahun yang berawal dari masalah internal di Kerajaan Austria.

1867
Amerika Serikat (AS) secara resmi mengambil alih wilayah Alaska dari Rusia setelah membayar uang senilai US$7,2 juta. Pemerintah AS lantas menetapkan 18 Oktober sebagai Hari Alaska demi merayakan kesuksesan AS menguasai wilayah Alaska dari Rusia.

1898
Spanyol secara resmi menyerahkan kekuasaannya di Puerto Rico kepada Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, Spanyol telah menguasai Puerto Rico sejak 1493. Hingga kini, Puerto Rico masih menjadi wilayah kekuasaan AS.

Thomas Alva Edison. (Okezone.com)
Thomas Alva Edison. (Okezone.com)

1931
Thomas Alva Edison meninggal dunia pada usia 84 tahun di West Orange, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Edison merupakan orang yang mengklaim sebagai penemu bola lampu bertenaga listrik. Selain itu, Edison juga dikenal luas sebagai penemu telegraf.

1935
Pasukan Italia mulai mengebom penampungan-penampungan di Etiopia dan menebar gas beracun demi mengalahkan pasukan Etiopia. Meski demikian, Italia mengklaim wanita dan anak-anak warga Etiopia tak terdampak dari serangan tersebut. Serangan itu merupakan bagian dari upaya Italia menguasai Etiopia yang berlangsung sejak 3 Oktober 1935 hingga Mei 1936.

1944
Pasukan Uni Soviet mulai menginvasi Cekoslowakia dengan alasan untuk mengusir Jerman yang menduduki Cekoslowakia sejak 1939. Cekoslowakia lantas benar-benar bebas dari cengkeraman Jerman pada 9 Mei 1945.

1967
Pesawat luar angkasa milik Uni Soviet Venera 4 berhasil mendarat di Venus setelah melakukan perjalanan selama hampir empat bulan. Hal itu menjadikan Venera 4 sebagai pesawat pertama dari Bumi yang pernah mendarat di planet lain.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten