Sejarah Hari Ini: 18 Agustus 1945, UUD 1945 Disahkan

Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 18 Agustus. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 18 Agustus yang salah satunya adalah disahkannya UUD 1945.

Sejarah Hari Ini: 18 Agustus 1945, UUD 1945 Disahkan

SOLOPOS.COM - Sampul edisi cetak UUD 1945 yang diterbitkan pada 1946. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 atau disingkat UUD 1945 disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), 18 Agustus 1945.

Pengesahan UUD 1945 itu menjadi salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 18 Agustus. Berikut sejumlah peristiwa sejarah dunia pada 18 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

684
Pertempuran antara pasukan Kekhalifahan Umayyah dan Suku Qays meletus di Marj Rahit, dekat Damaskus, Suriah. Pertempuran yang terjadi pada masa Perang Saudara Islam II itu berhasil dimenangi pasukan Umayyah yang berhasil mengamankan kekuasaanya di Suriah.


Lukisan karya Charles Philippe Lariviere, 1839, yang menggambarkan Pertempuran Mons-en-Pevele. (Wikimedia.org)
1304
Pasukan Kerajaan Prancis berhasil mengalahkan pasukan Flandaria dalam Pertempuran Mons-en-Pevele di Mons-en-Pevele, Flandaria. Pertempuran itu dipicu keinginan Raja Prancis untuk membalas dendam atas kekalahannya dari Flandaria pada Pertempuran Golden Spurs, dua tahun sebelumnya.

1487
Pengepungan Kota Malaga di Spanyol yang dilakukan pasukan Kerajaan Kastilia dan Kerajaan Aragon berakhir. Setelah melakukan pengepungan selama hampir dua pekan, pasukan Kerajaan Kastilia dan Pasukan Kerajaan Aragon berhasil merebut Kota Malaga dari cengkeraman Keamiran Granada.

1940
Pertempuran antar-pesawat tempur yang melibatkan pasukan Inggris dan pasukan Jerman meletus di Selat Inggris. Pertempuran tersebut meletus setelah pemimpin Jerman Adolf Hitler memerintahkan pasukannya menyerbu Inggris melalui serangan udara. Dalam pertempuran tersebut, kedua belah pihak mengalami kerugian yang hampir sama sehingga disimpulkan tak ada pemenang dalam peristiwa yang kini dikenang dengan nama Hari Paling Melelahkan itu.

1945
Sehari setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 atau disingkat UUD 1945 disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). UUD 1945 merupakan konstitusi pemerintahan Indonesia yang berlaku hingga kini.

1945
Soekarno dilantik sebagai presiden pertama Indonesia. Soekarno menjabat sebagai presiden Indonesia hingga 12 Maret 1967. Tiga tahun setelah turun dari takhtanya sebagai presiden, Soekarno yang juga dikenal sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia meninggal dunia di Jakarta dan dimakamkan Blitar, Jawa Timur (Jatim).

1971
Australia dan Selandia Baru memutuskan menarik semua pasukan mereka dari Vietnam. Penarikan pasukan itu sekaligus mengakhiri keterlibatan Australia dan Selandia Baru pada Perang Vietnam.


Kwon Ji-Yong alias G-Dragon. (Solopos/Dok.)
1988
Kwon Ji-Yong lahir di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi rap dengan nama panggung G-Dragon. Kwon Ji-Young memulai kariernya di dunia hiburan sejak 2001 silam.

2005
Pemadaman listrik terjadi di seluruh wilayah di Pulau Jawa dan Pulau Bali secara bersamaan. Sekitar 100 juta orang di Pulau Jawa dan Pulau Bali tak dapat menggunakan listrik selama tujuh jam. Hal itu dianggap sebagai pemadaman listrik terburuk di Indonesia sepanjang sejarah.

2013
Sebanyak 10.000 orang Suriah melintasi perbatasan negara mereka demi mengungsi ke Irak. Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan alasan orang Suriah mengungsi ke Irak itu tak begitu jelas. PBB juga mengaku kewalahan membendung para pengungsi tersebut dari Suriah ke Irak tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga di Masaran Sragen Kenakan Jas Hujan Saat Memandikan & Memakamkan Jenazah, Biar Aman

Kisah unik tentang warga Desa Jirapan, Masaran, Sragen, yang memandikan dan memakamkan jenazah salah seorang perangkat desa memakai jas hujan agar aman dari penularan Covid-19.

Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.

Tersangka Ilham Siregar Meninggal karena Sakit, Bagaimana Kelanjutan Kasus Korupsi ASABRI?

Tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI Ilham W Siregar meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Kisah Tragis 2 Wanita Kembar Dijuluki PSK Tertua di Dunia

Kisah tragis kali ini tentang wanita kembar yang dijuluki sebagai PSK tertua di dunia.

Pembangunan Fisik Capai 95%, Bendungan Bendo Ponorogo Mulai Diisi Air

Bendungan Bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, mulai diisi air awal atau impounding, Sabtu (31/7/2021)

Terlibat Kejar-kejaran dengan Orang Tak Dikenal, Remaja Meninggal Seusai Tabrak Pohon di Jogja

Seorang remaja meninggal setelah menabrak pohon perindang di Jalan AM. Sangaji, Jetis, Kota Jogja, Sabtu (31/7/2021) dini hari.

Jurus Cegah Jakarta Tenggelam, Mampukah Bertahan?

Wagub DKI Jakarta menegaskan wilayahnya tidak akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan karena sederet jurus pencegahan yang dilakukan.