Sejarah Hari Ini: 17 Mei 1990 Keputusan WHO Soal Homoseksual

Terjadi sejumlah peristiwa bersejarah di berbagai penjuru dunia pada 17 Mei.

 Logo World Health Organization (WHO) (www.who.int)

SOLOPOS.COM - Logo World Health Organization (WHO) (www.who.int)

Solopos.com, SOLO — Majelis Umum World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia menghapus homoseksual dari daftar penyakit kejiwaan pada 17 Mei 1990. Homoseksual adalah rasa ketertarikan seseorang kepada orang lain dari jenis kelamin yang sama.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 17 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

1395

Pasukan Wallachia berhasil mengalahkan Pasukan Kekaisaran Ottoman yang hendak menginvasi Wallachia dalam Pertemuran Rovine. Kini, Wallachia adalah bagian dari Rumania.

Napoleon Bonaparte napoleon bonaparte diasingkan
Lukisan terkenal karya Jacques-Louis David bertajuk Napoleon Melintasi Alpen. (Wikimedia.org)

1809

Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte memerintahkan pasukannya untuk menginvasi negara kepausan. Invasi itu dimaksudkan untuk menjadikan negara-negara kepausan sebagai bagian dari Kekaisaran Prancis.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 16 Mei 2010 China Raih Piala Thomas Kedelapan

1869

Pasukan Kekaisaran Jepang mengalahkan sisa-sisa pasukan Keshogunan Tokugawa dalam Pertempuran Hokodate. Kemenangan pasukan Kekaisaran Jepang itu sekaligus menjadi tanda berakhirnya Perang Boshin yang sudah berlangsung lebih dari setahun

1974

Sebuah bom mobil meledak di Kota Dublin, Irlandia saat jam sibuk dan menewaskan 29 orang serta melukai 100 lainnya. Tak ada satu pun tuduhan mengenai orang yang bertanggung jawab atas peristiwa tersebut sehingga memunculkan sejumlah teori konspirasi.

1940

Jerman berhasil menduduki Kota Brussels, Belgia. Selama diduduki Jerman, Kota Brussels mengalami kerusakan parah karena dibombardir pasukan Sekutu yang ingin mengalahkan Jerman dalam Perang Dunia II.

1980

Petinggi militer Korea Selatan (Korsel) Chun Doo-hwan yang telah mengambil alih kekuasaan di negara tersebut menyatakan keadaan darurat militer demi menekan gelombang unjuk rasa yang dilakukan para mahasiswa.

Baca juga: Kabar Gembira! Masyarakat Boleh Tak Bermasker di Tempat Terbuka

1983

Amerika Serikat (AS), Israel, dan Lebanon menandatangani sebuah perjanjian. Dalam perjanjian itu disebutkan Israel harus menarik pasukannya dari konflik di Lebanon.

1987

Pesawat tempur Irak menembakkan rudal ke arah kapal perang milik Amerika Serikat (AS), USS Stark. Peristiwa yang terjadi pada Perang Iran-Irak itu menewaskan 37 orang dan melukai 21 awak kapal.

1990

Majelis Umum World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia menghapus homoseksual dari daftar penyakit kejiwaan. Homoseksual adalah rasa ketertarikan seseorang kepada orang lain dari jenis kelamin yang sama.

1992

Demonstrasi besar-besaran di Thailand demi menggulingkan Perdana Menteri Suchinda Kraprayoon dimulai di Bangkok. Berlangsung selama tiga hari aksi ini menyebabkan 52 orang meninggal dan ratusan korban luka. Lebih dari 3.500 peserta demonstrasi ditangkap.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 15 Mei 2010 Jessica Watson Pelaut Muda Keliling Dunia

2008

Sophan Sophiaan lahir pada 26 April 1944 adalah salah satu aktor senior, sutradara dan politikus Indonesia. Putera dari Manai Sophiaan, mantan duta besar di Uni Soviet meninggal pada 17 Mei 2008.

2010

Pesawat penumpang Afghanistan, Pamir Airways yang mengangkut 43 orang jatuh di daerah antara Kunduz dan Kabul, atau di Kawasan Pegunungan sekitar 100 km di utara Kabul pada 17 Mei 2010.

Mama Lauren
Mama Lauren (Wikipedia.org)

2010

Laurentia Pasaribu yang dikenal sebagai Mama Lauren lahir pada 23 Januari 1932 putri pasangan Anna Breche dan Lau van Hooff ini adalah peramal terkenal di Indonesia yang sering meramal nasib Indonesia pada masa depan. Meninggal dunia pada 17 Mei 2010.

2016

Hujan deras yang melanda Sri Lanka menyebabkan bencana tanah longsor dan mengubur tiga desa di daerah terpencil Aranayake pada 17 Mei 2016. Lebih dari 200 orang hilang seusai kejadian longsor tersebut.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

+ PLUS Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

Berita Terkini

Mungkinkah Duet Anies-Ganjar di Pilpres 2024, Begini Analisisnya

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mewacanakan duet Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 menjadi pemersatu bangsa

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

IHSG Dibuka Melemah 6.973,12, Sejumlah Saham Ambrol

Pembukaan perdagangan saham hari ini, Rabu (29/6/2022), IHSG dibuka melemah

1,7 Juta Bayi Belum Imunisasi, Black Campaign Picu Kesenjangan Imunitas

Pada periode 2019-2021, Kementerian Kesehatan mencatat 1,7 juta bayi belum memperoleh imunisasi dasar. Black campaign antiimunisasi yang disampaikan terang-terangan melalui seminar maupun talkshow melahirkan kesenjangan imunitas di kalangan anak-anak.

Apresiasi Prestasi Mahasiswa, UMS Gelar Student Achievement Award 2022

Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Student Achievement Award (SAA) 2022.

10 Berita Terpopuler: 11 Daerah Wajib MyPertamina & Piala Presiden 2022

Ulasan tentang 11 daerah yang wajib menerapkan MyPertamina untuk membeli Pertalite-Solar dan Piala Presiden 2022 menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Rabu (29/6/2022).

Wapres: Pernikahan Beda Agama Dilarang

Wapres Ma'ruf Amin menyatakan sesuai fatwa MUI pernikahan beda agama haram dilakukan.

Duh, 1,7 Juta Bayi di Indonesia Belum Peroleh Imunisasi Dasar

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan kondisi tersebut berdampak pada peningkatan jumlah kasus penyakit yang seharusnya bisa dicegah lewat imunisasi atau PD3I.

Butuh Kerja Sama Antarnegara Mencegah Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo menyerukan negara G7 dan G20 bersama-sama mengatasi krisis pangan yang saat ini mengancam rakyat di negara-negara berkembang agar tidak jatuh ke jurang kelaparan dan kemiskinan ekstrem.

Sejarah Hari Ini: 29 Juni 1957, Menara Tokyo Mulai Dibangun

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi di belahan dunia pada 29 Juni.

Ladang Ganja 10 Hektare Ditemukan di Cianjur, Lokasinya di Tengah Hutan

Polres Cianjur menemukan ladang ganja seluas 10 hektare di lereng Gunung Karuhan, Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka.

Kedaulatan Pangan Benteng Menghadapi Ancaman Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo pada pekan lalu meminta jajarannya fokus mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan. Langkah ini sangat penting sebagai upaya menghadapi krisis pangan global yang mulai melanda berbagai negara di belahan dunia.

UIN Salatiga Serahkan 54 Kambing untuk Guru Ngaji di Temanggung

Bantuan kambing UIN Salatiga untuk guru ngaji di Temanggung itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Belajar dari Friendster yang Tumbang karena Kepopulerannya Sendiri

Pada 2004, Friendster menjadi jejaring sosial online terkemuka di dunia. Namun, sejumlah keputusan buruk yang diambil manajemen perusahaan justru perlahan menyuntik mati Friendster dari jagad maya.

BSI Pimpin Sindikasi Proyek Tol Semarang-Demak Rp1,34 Triliun

Investasi jalan tol Semarang-Demak mencapai Rp5,44 Triliun. Dalam kredit sindikasi ini, BSI berperan sebagai Joint Mandated Lead Arranger (JMLA) bersama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.