SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Timor Timur secara resmi bergabung dengan Indonesia sekaligus menjadi provinsi ke-27 di Indonesia, 17 Juli 1976. Namun pada 1999, Timor Timur memisahkan diri dan memilih menjadi negara merdeka yang berdiri sendiri.

Bergabungnya Timor Timur dengan Indonesia itu adalah satu dari sekian banyak peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-198—hari ke 199 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 17 Juli. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam Sejarah Hari Ini, 17 Juli:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

180
Sebanyak 12 penduduk Scillium dekat Kasserine—kini Tunisia—dieksekusi mati karena memeluk Kristen. Kejadian itu menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah perkembangan Kristen.

1203
Konstantinopel—kini Istanbul, Turki—direbut oleh Tentara Salib dari tangan Kekaisaran Bizantium. Peristiwa jatuhnya Konstantinopel ke tangan Tentara Salib itu membuat Kaisar Bizantium Alexius III melarikan diri Develton, lalu ke Adrianopel, dan kemudian ke Mosinopolis. Ia lantas tertangkap dan dieksekusi mati oleh Tentara Salib di Nicea pada 1211.

Cathrine II. (Bio.com)
1762
Cathrine II dinobatkan menjadi Tsar Rusia menyusul kematian tsar sebelumnya yang juga suaminya, Peter III. Selama memimpin hingga 17 November 1796, Cathrine dianggap sebagai salah satu Tsar Rusia yang sukses memimpin rakyatnya.

1943
Serangan Jerman ke Uni Soviet dalam Pertempuran Kursk berakhir. Pertempuran tersebut menjadi pertempuran tank terbesar sepanjang Perang Dunia II dengan melibatkan 6.000 tank dan 2 juta tentara. Serangan Jerman berakhir setelah Uni Soviet berhasil melancarkan serangan balasan sejak 12 Juli.

1944
Untuk kali pertama, bom napalm digunakan dalam Perang Dunia II. Bom napalm pertama itu dijatuhkan di Coutances, dekat Saint-Lo, Prancis, oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dan diangkut mengggunakan pesawat Lockheed P-38 Lightning.

1945
Setelah berhasil mengalahkan Jerman, para pemimpin negara anggota Sekutu, Winston Churchill dari Inggris, Harry S. Trauman dari Amerika Serikat (AS), dan Joseph Stallin dari Uni Soviet bertemu di Postdam, Jerman. Pertemuan mereka itu membahas masa depan Jerman yang sudah berada di genggaman mereka.

1976
Timor Timur secara resmi bergabung dengan Indonesia sekaligus menjadi provinsi ke-27 di Indonesia. Timor Timur bergabung dengan Indonesia setelah dijajah Portugal selama 450 tahun. Namun pada 1999, Timor Timur memisahkan diri dan memilih menjadi negara merdeka yang berdiri sendiri.

2006
Gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang perairan selatan Pulau Jawa, Indonesia. Akibatnya, tsunami setinggi 2 m menghantam desa-desa di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta bagian selatan. Sebanyak 659 jiwa melayang dalam bencana alam tersebut.

Hotel Ritz-Carlton di Jakarta yang dibom pada 17 Juli 2009. (Wikimedia.org)
2009
Serangan bom bunuh diri melanda Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton di Jakarta, Indonesia. Serangan yang terjadi di pagi hari itu menewaskan 9 orang memnyebabkan 53 orang luka-luka.

2014
Pesawat penumpang milik maskapai penerbangan Malaysia Airrlines yang melakukan perjalanan dari Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur, Malaysia ditembak jatuh di dekat perbatasan Ukraina dan Rusia. Para pemberontak pro Rusia di Ukraina dituding sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan ke pesawat penumpang itu. Akibat peristiwa tersebut, seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 298 orang tewas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya