Tutup Iklan

Sejarah Hari Ini: 17 Januari 2010, Iran Setop Kirim Jemaah Haji ke Arab Saudi

Sejumlah peristiwa bersejarah terjadi pada 17 Januari setiap tahunnya. Berikut Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa itu dalam Sejarah Hari Ini.

Sejarah Hari Ini: 17 Januari 2010, Iran Setop Kirim Jemaah Haji ke Arab Saudi

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji di Mekah, Arab Saudi. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Iran berhenti mengirim calon jemaah haji ke Arab Saudi mulai 17 Januari 2010. Keputusan tersebut diambil karena polisi Arab Saudi dituding telah melakukan beberapa kekerasan terhadap penganut Syiah yang tengah melakukan ziarah di sana.

Berhentinya pengiriman jemaah haji dari Iran ke Arab saudi itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 17 Januari. Masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 17 Januari setiap tahunnya.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 17 Januari yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

1915
Pasukan Kekaisaran Rusia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman di Sarikamish, Kars, Kekaisaran Rusia. Salah satu kemenangan Rusia atas Kesultanan Ottoman di masa Perang Dunia I itu diraih setelah bertempur sejak 22 Desember 1914. Diperkirakan lebih dari 100.000 tentara Kesultanan Ottoman tewas dan tertangkap dalam pertempuran tersebut.

1917
Pemerintah Amerika Serikat (AS) membeli Kepulauan Virgin di kawasan Karibia dari Denmark. Kepulauan tersebut dibeli untuk kepentingan pariwisata seharga US$25 juta setara dengan Rp325 miliar jika dikonversi sekarang. Kepulauan Virgin terdiri atas empat pulau utama, yakni Thomas, John, Croix, dan Water Island.

1929
Habibullah Kalakani bersama pengikutnya berhasil menurunkan Raja Afganistan Inayatullah Khan dari takhtanya. Inayatullah Khan tercatat memimpin Afaganistan dalam waktu yang sangat singkat, yakni tiga hari, sejak 14 Januari hingga 17 Januari 1929. Sehari setelah turun dari takhtanya, Inayatullah Khan diasingkan dari Afganistan.

Karakter Popeye Si Pelaut. (Youtube)
1929
Karakter Popeye Si Pelaut buatan Elzie Crisler Segar, kali pertama muncul dalam surat kabar lokal Amerika Serikat (AS). Kepopuleran tokoh Popeye kemudian membuat Elzie membukukan semua komik buatannya dalam satu buku bertajuk bertajuk Thimble Theatre King Features.

1961
Mantan perdana menteri Kongo, Patrice Lumumba dibunuh karena meyarankan pemerintah membantu proses kemerdekaan Belgia dari Amerika Serikat pada Juni 1960. Akibat tindakannya itu, ia diturunkan dari jabatannya untuk dihukum penjara yang pada akhirnya dibunuh secara tragis.

1973
Ari Bernardus Lasso lahir di Madiun, Jawa Timur. Namanya kemudian melambung setelah bergabung dengan Dewa 19 pada 1991. Sebelum bergabung dengan Dewa 19, Ari merupakan salah satu personel di Lost Angels Band, grup yang kelak menjadi Boomerang. Ari keluar dari Dewa 19 pada 1999 setelah terjerat narkoba. Namun Ari kemudian mampu meraih kesuksesan sebagai penyanyi solo.

Adam Richard Wiles alias Calvin Harris. (Reuters-Danny Moloshok)
1984
Adam Richard Wiles yang lebih dikenal dengan nama Calvin Harris seorang disjoki, penyanyi, penulis lagu, serta produser rekaman asal Skotlandia lahir pada 17 Januari 1984. Ia debut di belantika musik dengan meluncurkan album perdana, I Created Disco pada 2007.

1994
Gempa bumi berkekuatan 6,6 SR mengguncang pusat kota Los Angeles, Amerika Serikat. Bencana ini membuat 54 warga tewas dan ribuan bangunan rusak parah. Kerugian yang dialami akibat bencana tersebut ditaksir mencapai miliaran dolar. Bencana itu disebut-sebut sebagai gempa bumi terbesar yang pernah terjadi di Negeri Paman Sam.

1995
Gempa bumi berkekuatan 7,2 SR mengguncang Pelabuhan Kobe, Jepang. Bencana tersebut membuat ratusan orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka. Gempa ini merupakan bencana terburuk yang pernah terjadi di Jepang. Akibat bencana tersebut, puluhan ribu bangunan di Kobe, Jepang rata dengan tanah.

Berita Terkait

Berita Terkini

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.

Persib Bandung 1-1 PS Tira Persikabo: Robert Petik Hal Positif

Persib memimpin lewat gol Febri Hariyadi pada menit ke-40 namun disamakan oleh gol balasan Ciro Alves pada menit ke-56.

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 80 Orang, 6 Meninggal Dunia

Penambahan kasus baru Covid-19 terbanyak di Kabupaten Klaten berasal dari Kecamatan Manisrenggo, yakni mencapai 17 orang.

Ivermectin Viral Disebut Obat Covid-19

Ivermectin yang lazim digunakan untuk mengobati berbagai jenis infestasi parasit viral disebut sebagai obat virus corona pemicu Covid-19.