SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Iran berhenti mengirim calon jemaah haji ke Arab Saudi mulai 17 Januari 2010. Keputusan tersebut diambil karena polisi Arab Saudi dituding telah melakukan beberapa kekerasan terhadap penganut Syiah yang tengah melakukan ziarah di sana.

Berhentinya pengiriman jemaah haji dari Iran ke Arab saudi itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 17 Januari. Masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 17 Januari setiap tahunnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 17 Januari yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

1915
Pasukan Kekaisaran Rusia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman di Sarikamish, Kars, Kekaisaran Rusia. Salah satu kemenangan Rusia atas Kesultanan Ottoman di masa Perang Dunia I itu diraih setelah bertempur sejak 22 Desember 1914. Diperkirakan lebih dari 100.000 tentara Kesultanan Ottoman tewas dan tertangkap dalam pertempuran tersebut.

1917
Pemerintah Amerika Serikat (AS) membeli Kepulauan Virgin di kawasan Karibia dari Denmark. Kepulauan tersebut dibeli untuk kepentingan pariwisata seharga US$25 juta setara dengan Rp325 miliar jika dikonversi sekarang. Kepulauan Virgin terdiri atas empat pulau utama, yakni Thomas, John, Croix, dan Water Island.

1929
Habibullah Kalakani bersama pengikutnya berhasil menurunkan Raja Afganistan Inayatullah Khan dari takhtanya. Inayatullah Khan tercatat memimpin Afaganistan dalam waktu yang sangat singkat, yakni tiga hari, sejak 14 Januari hingga 17 Januari 1929. Sehari setelah turun dari takhtanya, Inayatullah Khan diasingkan dari Afganistan.

Karakter Popeye Si Pelaut. (Youtube)
1929
Karakter Popeye Si Pelaut buatan Elzie Crisler Segar, kali pertama muncul dalam surat kabar lokal Amerika Serikat (AS). Kepopuleran tokoh Popeye kemudian membuat Elzie membukukan semua komik buatannya dalam satu buku bertajuk bertajuk Thimble Theatre King Features.

1961
Mantan perdana menteri Kongo, Patrice Lumumba dibunuh karena meyarankan pemerintah membantu proses kemerdekaan Belgia dari Amerika Serikat pada Juni 1960. Akibat tindakannya itu, ia diturunkan dari jabatannya untuk dihukum penjara yang pada akhirnya dibunuh secara tragis.

1973
Ari Bernardus Lasso lahir di Madiun, Jawa Timur. Namanya kemudian melambung setelah bergabung dengan Dewa 19 pada 1991. Sebelum bergabung dengan Dewa 19, Ari merupakan salah satu personel di Lost Angels Band, grup yang kelak menjadi Boomerang. Ari keluar dari Dewa 19 pada 1999 setelah terjerat narkoba. Namun Ari kemudian mampu meraih kesuksesan sebagai penyanyi solo.

Adam Richard Wiles alias Calvin Harris. (Reuters-Danny Moloshok)
1984
Adam Richard Wiles yang lebih dikenal dengan nama Calvin Harris seorang disjoki, penyanyi, penulis lagu, serta produser rekaman asal Skotlandia lahir pada 17 Januari 1984. Ia debut di belantika musik dengan meluncurkan album perdana, I Created Disco pada 2007.

1994
Gempa bumi berkekuatan 6,6 SR mengguncang pusat kota Los Angeles, Amerika Serikat. Bencana ini membuat 54 warga tewas dan ribuan bangunan rusak parah. Kerugian yang dialami akibat bencana tersebut ditaksir mencapai miliaran dolar. Bencana itu disebut-sebut sebagai gempa bumi terbesar yang pernah terjadi di Negeri Paman Sam.

1995
Gempa bumi berkekuatan 7,2 SR mengguncang Pelabuhan Kobe, Jepang. Bencana tersebut membuat ratusan orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka. Gempa ini merupakan bencana terburuk yang pernah terjadi di Jepang. Akibat bencana tersebut, puluhan ribu bangunan di Kobe, Jepang rata dengan tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya