Sejarah Hari Ini: 17 Februari 2011 Kamis Berdarah Bahrain
Polisi menembakkan gas air mata dari jembatan layang di Bahrain (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Kamis Berdarah Bahrain nama yang diberikan oleh pemrotes di Bahrain. Ketika pada 17 Februari pasukan keamanan Bahrain melancarkan serbuan dini hari untuk membersihkan Bundaran Mutiara di Manama dari para pemrotes.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 17 Februari. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 17 Februari yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 17 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 17 Februari.

1370

Pasukan Teutonik dari Jerman berhasil mengalahkan pasukan Kadipaten Lituania Raya dalam Pertempuran Rudau di Desa Rudau atau yang kini dikenal dengan nama Desa Melnikovo yang masuk ke dalam wilayah Kaliningrad, Rusia. Kemudian pasukan Teutonik merebut Desa Rudau dari Lituania.

Thomas Jefferson (kiri) dan Aaron Burr (kanan). (Wikimedia.org)
Thomas Jefferson (kiri) dan Aaron Burr (kanan). (Wikimedia.org)

1801

Pemilihan presiden pertama di Amerika Serikat (AS) berakhir imbang untuk kedua calon, yakni Thomas Jefferson dan Aaron Burr. Selanjutnya pemilihan presiden kemudian berlanjut pada musyawarah House of Representative yang akhirnya menetapkan Jefferson sebagai presiden dan Burr sebagai wakil presiden pada 17 Februari.

1859

Angkatan Laut Prancis berhasil merebut Benteng Saigon yang diperkuat 1.000 tentara Dinasti Nguyen. Perebutan benteng tersebut dilakukan tentara Prancis dalam perjalanan untuk menaklukkan Saigon dan wilayah-wilayah lainnya di Vietnam Selatan.

1908

Prof. DR. H. Abdul Malik Karim Amrullah gelar Datuk Indomo, populer dengan nama penanya Hamka lahir di Sungai Batang, Tanjung Raya, Agam, Sumatra Barat, 17 Februari 1908.

Ia adalah seorang ulama dan sastrawan Indonesia. Bahkan berkarier sebagai wartawan, penulis, dan pengajar. Kemudian terjun dalam politik melalui Masyumi sampai partai tersebut dibubarkan, menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama.

1911

Starter elektrik pada mobil untuk kali pertama dipasang pada mobil Cadillac yang diproduksi di Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, semua mobil masih menggunakan starter manual berupa engkol yang harus diputar untuk menghidupkan mesin.

1944

Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai melancarkan serangan udara ke pangkalan angkatan udara dan angkatan laut Jepang di Truk, Kepulauan Caroline pada 17 Februari. Serangan tersebut kemudian berlangsung selama dua hari. Sehingga Jepang membatalkan niatnya menguasai Atol Enewetak di Samudera Pasifik.

1947

Stasiun penyiaran radio milik pemerintah Amerika Serikat (AS), Voice of America (VOA), menyiarkan siaran radio di Uni Soviet. Siaran itu merupakan upaya propaganda AS ke Uni Soviet di awal Perang Dingin.

Ilustrasi perang.
Tentara Tiongkok yang teribat Perang Vietnam-Tiongkok. (Wikimedia.org)

1979

Perang antara Vietnam dan Tiongkok di wilayah perbatasan dua negara tersebut dimulai setelah Tiongkok melancarkan serangan ke wilayah Vietnam pada 17 Februari. Serangan itu dilakukan Tiongkok sebagai balasan atas invasi dan pendudukan Vietnam terhadap Kamboja. Namun, setelah pertempuran berlangsung selama lebih dari tiga minggu, tentara Tiongkok mundur dari medan perang. Kendati demikian, kedua belah pihak mengklaim menang pada perang yang dikenang dengan sebutan Perang Tiongkok-Vietnam atau Perang Indochina Ketiga itu.

Paris Whitney Hilton. (Reuters)
Paris Whitney Hilton. (Reuters)

1981

Paris Whitney Hilton lahir di New York City, New York, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal sebagai aktris, penyanyi, dan model papan atas. Tidak hanya itu, Paris Hilton juga dikenal sebagai pewaris perusahaan perhotelan multinasional bernama Hilton Hotels Corporation milik ayahnya yang bermarkas di Beverly Hills.

1993

Marc Marquez Alenta lahir di Cervera, Spanyol pada 17 Februari. Kemudian ia dikenal sebagai pembalap Moto GP. Di umurnya yang ke-24, ia sudah menyabet empat gelar juara Moto GP sehingga membuatnya dijuluki sebagai Baby Alien atau Bayi Alien.

2008

Kosovo memproklamasikan kemerdekaanya dari Serbia. Bahkan kemerdekaan Kosovo itu telah diakui secara resmi oleh berbagai negara, di antaranya Albania, Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, dan Turki. Namun ada juga negara yang menolak kemerdekaan Kosovo antara lain Tiongkok, Rusia, dan Serbia.

2011

Kamis Berdarah Bahrain nama yang diberikan oleh pemrotes di Bahrain. Ketika pada 17 Februari pasukan keamanan Bahrain melancarkan serbuan dini hari untuk membersihkan Bundaran Mutiara di Manama dari para pemrotes. Di mana pemroters berkemah di sana, yang sebagian besar pada waktu itu tertidur di tenda. Empat terbunuh dan sekitar 300 lainnya cedera.

2018

Penutupan Piala Presiden 2018, dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Persija Jakarta keluar sebagai juara setelah mengalahkan Bali United F.C. dengan skor akhir 3-0, Sriwijaya FC meraih peringkat 3 setelah mengalahkan PSMS Medan dengan skor akhir 4-0.

 

 

 

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom