Sejarah Hari Ini: 17 Agustus 1945, Kemerdekaan Indonesia

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 17 Agustus.

 Soekarno membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang diketik oleh Sayuti Melik dan telah ditandatangani oleh Soekarno-Hatta. (wikipedia.org)

SOLOPOS.COM - Soekarno membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang diketik oleh Sayuti Melik dan telah ditandatangani oleh Soekarno-Hatta. (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Soekarno, didampingi Mohammad Hatta, memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat.

Banyak peristiwa bersejarah pada 17 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

1914

Pertempuran antara Pasukan Kekaisaran Rusia dan pasukan Kekaisaran Jerman meletus di Stalluponen, Prussia atau kini Nesterov, Rusia. Salah satu pertempuran di masa Perang Dunia I itu berhasil dimenangi pasukan Kekaisaran Jerman.

1938

Wage Rudolf Supratman meninggal di Surabaya, Hindia-Belanda atau kini Indonesia pada usia 35 tahun. Semasa hidupnya, W.R. Supratman dikenal sebagai pengarang lagu Indonesia Raya yang kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

1943

Operasi Husky yang digelar pasukan Sekutu demi menaklukkan wilayah Sisilia, Italia berakhir. Operasi yang digelar selama lebih dari sepekan itu berakhir dengan kemenangan Sekutu yang berhasil merebut Sisilia dari kekuasaan pasukan Blok Poros.

Baca juga: Cium Bendera Merah Putih, Habib Bahar: NKRI Harga Mati!

1943

Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerbu wilayah kekuasaan Jepang di Atol Makin, Kepulauan Gilbert, Samudera Pasifik. Serangan AS itu memicu Pertempuran Makin yang meletus tiga hari kemudian dan AS berhasil merebut Atol Makin.

1945

Soekarno, didampingi Mohammad Hatta, memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Sebelumnya, selama 350 tahun dijajah Belanda dan diduki Jepang sejak 1942. Kini, 17 Agustus diabadikan sebagai hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI).

1960

Gabon mendeklarasikan kemerdekaannya dari Prancis. Sebelummnya, Gabon telah dikuasai Prancis sejak 1885 setelah penjelajah asal Prancis Pierre Savorgnan de Brazza tiba.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 16 Agustus 1945, Peristiwa Rengasdenglok

1961

Presiden Indonesia Soekarno meresmikan pembangunan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta. Monumen yang selesai dibangun dan resmi dibuka pada 12 Juli 1975 itu kini menjadi salah satu landmark Jakarta, ibu kota Indonesia.

1962

Stasiun televisi pertama di Indonesia, Televisi Republik Indonesia (TVRI), untuk kali pertama menayangkan siarannya. Tayangan pertama TVRI adalah Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang digelar di Istana Negara, Jakarta.

1977

Thierry Daniel Henry lahir di Les Ulis, Essonne, Prancis. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa. Klub terakhirnya sebelum pensiun adalah New York Red Bulls.

Baca juga: Link Twibbon HUT ke-77 RI, Ayo Pasang Foto Terbaikmu

1982

Philip Nikodem Jagielka lahir di Manchester, Inggris. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, yakni Everton. Pada musim panas 2019, Jagielka pindah ke Sheffield United.

1988

Presiden Pakistan Muhammad Zia-ul-Haq dan Duta Besar A.S. Arnold Raphel tewas dalam kecelakaan pesawat terbang.

1998

Presiden AS Bill Clinton dalam kesaksian terekam mengakui bahwa ia melakukan “hubungan fisik yang tidak pantas” dengan karyawan magang Gedung Putih Monica Lewinsky.

2016

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memenangi medali emas bulutangkis ganda campuran pada Olimpiade Musim Panas 2016.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bocah Yatim Piatu Korban Tragedi Kanjuruhan jadi Anak Asuh Giring Ganesha

      MA yang orang tuanya meninggal akibat gas air mata polisi bercita-cita menjadi anggota Polri.

      Komnas HAM: Tak Ada Suporter Berniat Bikin Rusuh di Stadion Kanjuruhan

      Mayoritas penonton di Stadion Kanjuruhan meninggal diakibatkan sesak napas sebagai dampak gas air mata yang ditembakkan polisi.

      7 Oktober Ditetapkan Jadi Hari Bakti Pendamping Desa

      7 Oktober merupakan momentum kali pertama para pendamping desa diterjunkan untuk membantu pembangunan Indonesia dari desa atau pinggiran.

      Video Tragedi Kanjuruhan Dihapus Polisi, LPSK: Tidak Profesional

      Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu menyatakan penghapusan video sebagai barang bukti tragedi Kanjuruhan, dinilai LPSK sebagai perbuatan yang berlebihan.

      Agar Warga Tertarik, Pemerintah Perlu Beri Diskon Pembelian Kendaraan Listrik

      Biaya manufaktur, supply chain, hingga pembelian unit jadi kendaraan listrik berperan besar dalam mempecepat elektrifikasi sektor transportasi.

      BMKG: Puncak Musim Penghujan pada Desember 2022 hingga Januari 2023

      Sebagian besar wilayah di Indonesia akan memasuki puncak musim penghujan pada Desember 2022 hingga Januari 2023.

      Polri: 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan Kena Pasal Berbeda

      Keenam tersangka tragedi Kanjuruhan dikenakan pasal berbeda sesuai peran masing-masing.

      Anies Kunjungan ke Kantor DPP Partai Demokrat Seusai Deklarasi Capres

      Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjungan ke kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Menteng Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022).

      CEO Freeport McMoran Ingin Tambah Jumlah Karyawan Asli Papua

      Chairman of the Board and CEO Freeport McMoRan (FCX) Richard C. Adkerson mengatakan sebagian besar karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) telah didominasi oleh orang Papua asli sejak 1996.

      Bos Freeport McMoRan Janjikan Bangun Smelter di Papua

      Chairman of the Board and CEO Freeport McMoRan (FCX) Richard C. Adkerson mengatakan pihaknya tengah mencari peluang untuk ikut mengembangkan pabrik pemurnian dan pengolahan mineral logam atau smelter di Papua. 

      Bea Cukai Tak Temukan Beras Impor Ilegal di Jambi

      Bea Cukai tidak menemukan beras impor ilegal. Justru menemukan barang selundupan pupuk dan produk kacang-kacangan.

      Kementerian Luar Negeri Pastikan Tidak Ada WNI Korban Penambakan di Thailand

      Kementerian Luar Negeri memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban penembakan massal di Thailand

      OPEC+ Pangkas Target Produksi, Harga Minyak Melojak

      Harga minyak melonjak pada akhir perdagangan Kamis (6/10/2022) hingga mencatat kenaikan untuk sesi keempat berturut-turut. Pemicunya, Organization of the Petroleum Exporting Countries Plus (OPEC+) setuju memangkas target produksi sebesar 2 juta barel per hari.

      Enam Tersangka Tragedi Kanjuruhan Punya Kesalahan Berbeda

      Tiga tersangka tragedi Kanjuruhan dijerat dengan Pasal 359 dan/atau Pasal 360 dan/atau Pasal 103 ayat (1) juncto Pasal 52 Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

      Kader PPP Jakarta Dukung Ganjar Pranowo Maju ke Pilpres 2024

      Alasan dukungan karena Ganjar dianggap bagian dari keluarga PPP, yakni jika dilihat kakek-neneknya pernah menjabat sebagai Ketua DPC PPP dan anggota dewan dari PPP.