Tutup Iklan
Soekarno didampingi Mohammad Hatta (kanan) membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Soekarno, didampingi Mohammad Hatta, memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945. Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-229—hari ke-230 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 17 Agustus. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 17 Agustus yang dihimpun ">Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 17 Agustus:

1914
Pertempuran antara Pasukan Kekaisaran Rusia dan pasukan Kekaisaran Jerman meletus di Stalluponen, Prussia atau kini Nesterov, Rusia. Salah satu pertempuran di masa Perang Dunia I itu berhasil dimenangi pasukan Kekaisaran Jerman. Kekaisaran Rusia harus rela kehilangan sekitar 5.000 tentaranya yang tewas dan sekitar 3.000 tentara yang ditangkap. Sedangkan Kekaisaran Jerman hanya kehilangan 1.297 tentaranya.

1938
Wage Rudolf Supratman meninggal di Surabaya, Hindia-Belanda atau kini Indonesia pada usia 35 tahun. Semasa hidupnya, W.R. Supratman dikenal sebagai pengarang lagu Indonesia Raya yang lantas menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

1943
Operasi Husky yang digelar pasukan Sekutu demi menaklukkan wilayah Sisilia, Italia berakhir. Operasi yang digelar selama lebih dari sepekan itu berakhir dengan kemenangan Sekutu yang berhasil merebut Sisilia dari kekuasaan pasukan Blok Poros.


Pasukan Amerika Serikat dalam Pertempuran Makin. (Wikimedia.org)
1943
Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerbu wilayah kekuasaan Jepang di Atol Makin, Kepulauan Gilbert, Samudera Pasifik. Serangan AS itu memicu Pertempuran Makin yang meletus tiga hari kemudian. Melalui pertempuran tersebut, AS berhasil merebut Atol Makin.

1945
Soekarno, didampingi Mohammad Hatta, memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sebelumnya, Indonesia diduduki Jepang sejak 1942. Sebelum Jepang berkuasa, sebagian wilayah Indonesia dikuasai Belanda selama hampir 350 tahun. Kini, 17 Agustus diabadikan sebagai hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia dan tanggal itu ditetapkan sebagai hari libur nasional Hari Kemerdekaan.

1960
Gabon mendeklarasikan kemerdekaannya dari Prancis. Sebelummnya, Gabon telah dikuasai Prancis sejak 1885 setelah penjelajah asal Prancis Pierre Savorgnan de Brazza tiba.

1961
Presiden Indonesia Soekarno meresmikan pembangunan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta. Monumen yang selesai dibangun dan resmi dibuka pada 12 Juli 1975 itu kini menjadi salah satu landmark Jakarta, ibu kota Indonesia.

1962
Stasiun televisi pertama di Indonesia, Televisi Republik Indonesia (TVRI), untuk kali pertama menayangkan siarannya. Tayangan pertama TVRI adalah Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Indonesia.


Pasukan Amerika Serikat dalam Pertempuran Makin. (Wikimedia.org)
1977
Thierry Daniel Henry lahir di Les Ulis, Essonne, Prancis. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni AS Monaco, Juventus, Arsenal, dan Barcelona. Henry mengakhiri kariernya sebagai pemain sepak bola pada 2015 silam. Klub terakhirnya sebelum pensiun adalah New York Red Bulls.

1982
Philip Nikodem Jagielka lahir di Manchester, Inggris. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, yakni Everton. Di Everton, Jagielka dipercaya sebagai kapten sejak 2013 hingga 2019. Pada musim panas 2019, Jagielka pindah ke Sheffield United.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten