SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Jerman yang menguasai Prancis memerintahkan pasukannya untuk menangkap orang-orang Yahudi di Prancis pada 16 Juli 1942. Hal itu merupakan awal penindasan Jerman tehadap orang Yahudi di Prancis.

Awal penindasan Yahudi Prancis itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 16 Juli dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 16 Juli:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1212
Pertempuran Las Navas de Tolosa yang melibatkan pasukan Muslim Berber pimpinan Muhammad An-Nasir dan pasukan gabungan dari kerajaan-kerajaan Kristen meletus di dekat Las Navas de Tolosa, Jaen, Andalusia. Dalam pertempuran itu. pasukan gabungan kerajaan Kristen berhasil menjadi pemenang sekaligus mengakhiri kekuasaan Dinasti Muwahidun di tanah Maroko dan Semenanjung Iberia.

1377
Richard II dinobatkan sebagai raja Inggris pada usianya yang masih 10 tahun. Ia memimpin Inggris hingga 1399 dan digantikan Henry IV. Richard II meninggal pada 1400 di usia 33 tahun.

1809
La Paz mendeklarasikan kemerdekaannya dari Spanyol yang sudah menguasainya sejak 1548. Kini, Laz Pas menjadi bagian sekaligus ibu kota dari Bolivia.

1861
Pada Perang Saudara Amerika Serikat (AS), Presiden AS, Abraham Lincoln, memerintahkan pasukannya menuju Viriginia untuk bertempur melawan pasukan Konfederasi. Pertempuran itu lantas menjadi pertempuran besar pertama yang terjadi pada Perang Saudara AS yang disebut dengan Pertempuran Bull Run I.

Keluarga Tsar Nicholas II. (Wikimedia.org)
1918
Para Bolshevik membawa Tsar Nicholas II beserta seluruh keluarganya ke Yekaterinburg, Rusia untuk dieksekusi mati. Nicholas II adalah tsar atau kaisar terakhir di Kekaisaran Rusia sebelum pecahnya Revolusi Rusia pada 1917 dan dihapuskannya sistem kekaisaran di Rusia.

1942
Pemerintah Jerman yang menguasai Prancis memerintahkan pasukannya untuk menangkap orang-orang Yahudi di Prancis. Sebanyak 13.125 orang Yahudi ditangkap dan dibawa ke kamp konsentrasi di Auschwitz, Polandia.

1945
Untuk kali pertama, Amerika Serikat (AS) menguji coba bom nuklir dengan meledakkannya di Alamogordo, New Mexico, AS. Bom atom yang diledakkan untuk uji coba itu memiliki berat 19 kiloton. Bom tersebut memiliki model yang sama dengan bom atom yang kemudian dijatuhkan di Nagasaki, Jepang.

1979
Saddam Hussein secara resmi menjadi presiden Irak menggantikan sepupunya, Ahmed Hassan Al-Bakr. Saddam Hussein berkuasa di Irak hingga 2003. Kekuasaannya berakhir setelah ia ditangkap pasukan Amerika Serikat (AS) dan Inggris yang menginvasi Irak atas tuduhan telah memerintahkan pembunuhan terhadap hampir 150 orang di Kota Dujail—kota yang mayoritas penduduknya Syiah—pada 1982.

1984
Presiden Filipina Ferdinand E. Marcos memimpin langsung tentaranya dalam menumpas para pemberontak komunis di negaranya. Ia mengenakan pakaian perang lengkap dan turun langsung ke hutan-hutan bersama tentaranya demi mencari para pemberontak.

Gareth Frank Bale. (Reuters-Sergio Perez)
1989
Gareth Frank Bale lahir di Cardiff, Wales. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Spanyol, Real Madrid. Ia bergabung dengan Real Madrid dan meninggalkan Tottenham Hotspur pada 2013 lalu. Nilai transfer Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid terbilang cukup fantastis kala itu, yakni 85,3 juta pundsterling atau setara dengan Rp1,5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya