Sejarah Hari Ini: 16 Januari 2002 Garuda Mendarat di Bengawan Solo
Pesawat Boeing 737-300 Garuda Indonesia GA41 melakukan pendaratan darurat di Sungai Bengawan Solo. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pesawat Boeing 737-300 Garuda Indonesia GA41 melakukan pendaratan darurat di Sungai Bengawan Solo di Desa Serenan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten pada Rabu, 16 Januari 2002.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 16 Januari. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 16 Januari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

27 SM

Senat Romawi memberikan gelar Kaisar Augustus kepada Gaius Octavius Cesar. Kemudian penobatan Cesar sebagai kaisar itu menandai berubahnya sistem pemerintahan di Romawi dari republik menjadi monarki. Caesar lantas memimpin Kekaisaran Romawi hingga akhir hayatnya pada 19 Agustus 14 Masehi.

Dirham di masa Abdurrahman III. (Wikimedia.org)
Dirham di masa Abdurrahman III. (Wikimedia.org)

929

Bangsawan dari Kekhalifahan Umayyah, Abdurrahman III, mendirikan Kehalifahan Kordoba pada 16 Januari. Hanya saja, kekhalifahan tersebut tak bertahan lama dan runtuh pada 1031. Kini, Kordoba termasuk dalam wilayah kekuasaan Spanyol.

1492

Tata bahasa Spanyol kali pertama dipaparkan di hadapan Ratu Kastilia, Issabella I. Untuk diketahui, tata bahasa itu terangkum dalam buku berjudul Grammatica Antonii Nebrissensis yang ditulis Antonio de Nebrija.

1547

Ivan IV Vasilyevich secara resmi dinobatkan sebagai tsar Rusia pada 16 Januari. Kemudian ia juga dikenal dengan nama Ivan yang Mengerikan. Julukan itu disematkan lantaran Ivan dikenal sebagai peimimpin yang keras.

Lukisan Philip II Raja Spanyol (Wikipedia.org)

1556

Philip II adalah Raja Spanyol resmi pertama yang bertahta mulai 1556–1598. Ia dilahirkan di Valladolid, Spanyol, dan merupakan satu-satunya anak sah yang hidup dari Kaisar Romawi Suci Karl V dan Isabella, anak perempuan raja Manuel I dari Portugal.

Spanyol mencapai puncak kejayaan pada masa kekuasaannya, sekaligus juga mencapai batasnya. Bahkan pada masa pemerintahannya, Spanyol berhasil mengusai hampir seluruh wilayah Belanda, menaklukkan Filipina (yang dinamakan atas namanya), dan mendirikan koloni Amerika Utara di Florida.

1707

Parlemen Skotlandia meratifikasi akta penyatuan yang disepakati dengan Inggris pada 16 Januari. Hal itu kemudian melapangkan jalan penyatuan Kerajaan Skotlandia dengan Kerajaan Inggris menjadi Kerajaan Britania Raya.

1780

Pasukan Angkatan Laut Inggris berhasil mengalahkan pasukan Angkatan Laut Spanyol dalam pertempuran di perairan dekat Tanjung Saint Vincent, Portugal. Bahkan di salah satu pertempuran pada masa Perang Inggris-Spanyol itu, Spanyol harus kehilangan satu kapal yang hancur, empat kapal yang disita Inggris, serta 2.500 tentara yang tewas dan tertangkap. Sedangkan Inggris hanya kehilangan 32 tentaranya yang tewas dalam pertempuran.

1878

Pasukan Rusia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman di Filibe Sanjak, Edirne, Kesultanan Ottoman atau kini Plovdiv, Bulgaria pada 16 Januari. Kendati demikian dalam salah satu pertempuran di masa Perang Rusia-Turki itu, pasukan Kesultanan Ottoman harus kehilangan sekitar 5.000 tentaranya, sedangkan Rusia hanya kehilangan sekitar 1.300 tentaranya.

1900

Senat Amerika Serikat (AS) menyatakan kesediaannya mematuhi Perjanjian Inggris-Jerman 1899. Selanjutnya dalam perjanjian itu, AS bersedia melepaskan kekuasaannya di Kepulauan Samoa.

Adolf Hitler (Thedailybeast.com)
Adolf Hitler (Thedailybeast.com)

1945

Pemimpin Jerman Adolf Hitler pindah ke dalam bungker yang disebut Furherbunker di Berlin, Jerman pada 16 Januari. Keputusan Hitler itu diambil demi mengamankan diri dari serangan-serangan Sekutu. Padahal pada waktu itu, Jerman sudah berada di ujung kekalahan Perang Dunia II.

1979

Shah Iran terakhir Mohamad Reza Pahlavi meninggalkan Iran bersama keluarganya untuk selama-lamanya dan menetap di Mesir setelah mendapat suaka politik dari Presiden Anwar Sadar. Kejadian itu berawal ketika gejolak politikberubah menjadi revolusi yang kemudian pada 16 Januari 1979 berhasil memaksa Shah untuk meninggalkan Iran setelah berkuasa selama 37 tahun.

Nicklas Bendtner. (Premierleague.com)
Nicklas Bendtner. (Premierleague.com)

1988

Nicklas Bendtner lahir di Kopenhagen, Denmark. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, dari 2005 sampai 2014. Kini, pemain yang berposisi sebagai striker itu membela salah satu klub sepak bola di negara asalnya, Copenhagen.

2002

Pesawat Boeing 737-300 Garuda Indonesia GA41 melakukan pendaratan darurat di Sungai Bengawan Solo di Desa Serenan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten pada Rabu, 16 Januari 2002.

Kala itu, pesawat terbang dari Ampenan (Mataram) dengan tujuan Jogja. Penerbangan yang dipimpin pilot Abdul Rozaq dan kopilot Harry Gunawan mengalami gangguan mesin setelah menembus badai dan hujan es.

 

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom