Sejarah Hari Ini: 16 Januari 1878 Rusia Kalahkan Kesultanan Ottoman

Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 16 Januari.

 Monumen Plevna didekat tembok Kitai-gorod. (Wikimedia.org)

SOLOPOS.COM - Monumen Plevna didekat tembok Kitai-gorod. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO – Pasukan Rusia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman di Filibe Sanjak, Edirne, Kesultanan Ottoman atau kini Plovdiv, Bulgaria. Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Rusia-Turki itu, pasukan Kesultanan Ottoman harus kehilangan sekitar 5.000 tentaranya, sedangkan Rusia hanya kehilangan sekitar 1.300 tentaranya.

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 16 Januari. Dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dan dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiJake Daniels dan Para Pesepak Bola Gay dalam Pusaran Liga Inggris

27 SM

Senat Romawi memberikan gelar Kaisar Augustus kepada Gaius Octavius Cesar. Penobatan Cesar sebagai kaisar itu menandai berubahnya sistem pemerintahan di Romawi dari republik menjadi monarki. Caesar lantas memimpin Kekaisaran Romawi hingga akhir hayatnya pada 19 Agustus 14 Masehi.

929

Bangsawan dari Kekhalifahan Umayyah, Abdurrahman III, mendirikan Kehalifahan Kordoba. Sayang, kekhalifahan tersebut tak bertahan lama dan runtuh pada 1031. Kini, Kordoba termasuk dalam wilayah kekuasaan Spanyol.

1547

Ivan IV Vasilyevich secara resmi dinobatkan sebagai tsar Rusia. Ia kemudian juga dikenal dengan nama Ivan yang Mengerikan. Julukan itu disematkan lantaran Ivan dikenal sebagai peimimpin yang keras.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 15 Januari 1559 Elizabeth I Jadi Ratu Inggris

1492

Tata bahasa Spanyol kali pertama dipaparkan di hadapan Ratu Kastilia, Issabella I. Tata bahasa itu terangkum dalam buku berjudul Grammatica Antonii Nebrissensis yang ditulis Antonio de Nebrija.

1707

Parlemen Skotlandia meratifikasi akta penyatuan yang disepakati dengan Inggris. Hal itu kemudian melapangkan jalan penyatuan Kerajaan Skotlandia dengan Kerajaan Inggris menjadi Kerajaan Britania Raya.

1780

Pasukan Angkatan Laut Inggris berhasil mengalahkan pasukan Angkatan Laut Spanyol dalam pertempuran di perairan dekat Tanjung Saint Vincent, Portugal. Di salah satu pertempuran pada masa Perang Inggris-Spanyol itu, Spanyol harus kehilangan satu kapal yang hancur, empat kapal yang disita Inggris, serta 2.500 tentara yang tewas dan tertangkap. Sedangkan Inggris hanya kehilangan 32 tentaranya yang tewas dalam pertempuran.

1900

Senat Amerika Serikat (AS) menyatakan kesediaannya mematuhi Perjanjian Inggris-Jerman 1899. Dalam perjanjian itu, AS bersedia melepaskan kekuasaannya di Kepulauan Samoa.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 14 Januari 2016, Rentetan Teror di Jakarta

Foto Furherbunker di Berlin, Jerman diambil pada Juli 1947. (Wikimedia.org)
Foto Furherbunker di Berlin, Jerman diambil pada Juli 1947. (Wikimedia.org)

1945

Pemimpin Jerman Adolf Hitler pindah ke dalam bungker yang disebut Furherbunker di Berlin, Jerman. Keputusan Hitler itu diambil demi mengamankan diri dari serangan-serangan Sekutu. Pada waktu itu, Jerman sudah berada diujung kekalahan Perang Dunia II.

1988

Nicklas Bendtner lahir di Kopenhagen, Denmark. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, dari 2005 sampai 2014. Kini, pemain yang berposisi sebagai striker itu membela salah satu klub sepak bola di Norwegia, Rosenborg BK.

2000

Iskak Darmo Suwiryo kelahiran 3 Maret 1933 adalah pelawak senior Indonesia. Dia tergabung dalam grup lawak Kwartet Jaya bersama Bing Slamet, Eddy Sud dan Ateng dan pernah tampil dalam beberapa film. Ia adalah alumnus SMA Negeri 4 Solo. Meninggal 16 Januari 2000.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

+ PLUS 5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Berita Terkini

Jenazah Eks Jubir Satgas Covid-19 Achmad Yurianto Dimakamkan di Batu

Achmad Yurianto yang pernah menjabat sebagai Juru Bicara Covid-19 tutup usia setelah sekian lama berjuang melawan sakit kanker usus.

Innalilahi, Mantan Jubir Satgas Covid-19 Achmad Yurianto Berpulang

Kali terakhir, almarhum Achmad Yurianto menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

Gagal Jadi Ketua DPD Demokrat, Bayu Airlangga Loncat ke Partai Golkar

Bayu Airlangga menyatakan keluar dari Partai Demokrat karena dirinya tidak terpilih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur periode 2022-2027.

Mantan Anggota KPU Viryan Aziz Meninggal Dunia Akibat Stroke

Sebelumnya, Viryan Aziz mendapatkan perawatan di RS Abdi Waluyo karena mengalami stroke.

Harga Pertalite Rp7.650, Jokowi: Rakyat Harus Bersyukur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta rakyat bersyukur karena pemerintah terus menahan agar harga Pertalite tidak naik.

100 SMA Terbaik Jateng Versi LTMPT, Jadi Referensi PPDB 2022

Ada 171 SMA di Jateng yang masuk daftar 1.000 sekolah terbaik nasional. Berikut daftar 100 SMA terbaik di Jateng.

Jokowi dan Ganjar Kompak ke Acara Projo, Ini Komentar Warganet

Sebagian besar warganet menganggap ucapan Jokowi itu sebagai kode bahwa Presiden RI itu memberi restu kepada Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pilpres 2024.

Jokowi dan Ganjar Hadiri Rakernas Projo, Warganet: Kode Keras Bos!

Kehadiran Jokowi dan Ganjar dalam rakernas sukarelawan Pro Jokowi itu langsung memantik spekulasi terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Mantap! 3 SMA di Solo Masuk 100 Sekolah Terbaik Nasional

Ada tiga SMA di Solo yang masuk daftar sekolah terbaik berdasarkan UTBK 2021 yang dirilis LTMPT.

Peduli Pendidikan, PT Paragon Dorong Pengembangan Skill Guru

PT Paragon, perusahaan yang memiliki produk utama berupa produk kosmetik tersebut juga menaruh perhatian besar pada sektor Pendidikan.

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Serang Koloni Monyet Denmark 1958, Monkeypox Berevolusi Infeksi Manusia

Penyakit cacar monyet atau monkeypox kali pertama menyerang koloni monyet di Kopenhagen, Denmark, pada 1958. Virus ini disebut telah berevolusi hingga bisa mewabah dengan menular ke manusia akhir-akhir ini.

Dorong Kreativitas Mahasiswa, ITS Surabaya Tumbuhkan Semangat Kompetisi

Upaya untuk mendorong mahasiswa berprestasi terus dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Mahasiswa diarahkan ke ajang kompetisi nasional maupun internasional.

Solopos Hari Ini: Listrik Bersubsidi Tak Naik

Pemerintah akan menaikkan seluruh subsidi kompensasi untuk mencegah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan listrik bersubsidi.

10 Berita Terpopuler : Semarang Kota Terpanas - Gibran Tambah Mumet

Informasi soal kota terpanas di Jateng hingga Wali Kota Solo Gibran tambah mumet masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com Sabtu pagi.