Sejarah Hari Ini: 15 Mei 2010 Jessica Watson Pelaut Muda Keliling Dunia

Terjadi beragam peristiwa bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 15 Mei.

 Jessica Watson gadis berusia 16 tahun keliling dunia (Kidzworld.com)

SOLOPOS.COM - Jessica Watson gadis berusia 16 tahun keliling dunia (Kidzworld.com)

Solopos.com, SOLO — Seorang gadis muda kelahiran Australia, Jessica Watson, 16 tahun berhasil mengarungi samudra keliling dunia selama tujuh bulan dengan kapal layar (yacht). Ia dijuluki Pahlawan Australia oleh Perdana Menteri Australia.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 14 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiPencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

908

Putra Kaisar Romawi Leo VI yang masih berusia tiga tahun, Konstantinus VII, dinobatkan sebagai Kaisar Bizantium. Konstantinus VII lantas memimpin Kekaisaran Bizantium hingga akhir hayatnya pada 959.

1911

Lebih dari 300 imigran Tiongkok di Kota Torreon, Meksiko dibantai pasukan revolusi pimpinan Emilio Madero yang telah menguasasi kota tersebut. Tragedi itu kemudian dikenang dengan sebutan Pembantaian Torreon.

1919

Orang-orang Turki melakukan unjuk rasa besar-besaran memprotes pendudukan Izmir yang dilakukan pasukan Yunani. Protes itu dilancarkan setelah pasukan Yunani membunuh 350 orang Turki tak bersenjata.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 14 Mei 1998 Kerusuhan Mei Ratusan Orang Meninggal

Pasangan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 Joko Widodo-Jusuf Kalla, menjawab pertanyaan saat debat capres dan cawapres putaran pertama di Balai Sarbini Jakarta, Senin (9/6/2014). Debat kali ini merupakan debat tahap pertama yang menghadirkan pasangan capres dan cawapres dari lima kali debat yang dijadwalkan dengan tema yang Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis) Jusuf Kalla
Joko Widodo-Jusuf Kalla (JIBI/dok)

1942

Muhammad Jusuf Kalla lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia pada 15 Mei 1942. Ia adalah wakil presiden ke-10 dan ke-12 Indonesia yakni masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono 2004-2009 dan pemerintahan Joko Widodo periode 2014-2019.

1945

Pasukan Blok Poros yang berada di Prevalje, Yugoslavia menyerah kepada Sekutu. Blok Poros menyerah setelah bertempur melawan Sekutu selama dua hari di wilayah Prevalje, Yugoslavia.

1948

Pasukan Mesir, Yordania, Lebanon, Suriah, Irak, dan Arab Saudi mulai menyerang Israel, sehari setelah Israel mendeklarasikan kemerdekaannya. Serangan itu memicu Perang Arab-Israel hingga 10 Maret 1949 dan berakhir dengan kemenangan Israel.

1972

Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengembalikan Kepulauan Okinawa yang dikuasai sejak 1945 kepada Jepang. Semasa dikuasai AS, Kepulauan Okinawa dijadikan sebagai pangkalan pesawat tempur.

Baca juga: Presiden Jokowi: Hentikan Perang di Ukraina Sekarang Juga!

1957

Untuk kali pertama, Inggris menguji coba bom hidrogen di Pulau Christmas di Samudera Hindia, sebelah selatan Indonesia. Pengujian bom hidrogen tersebut dipicu negara-negara lain yang berlomba memperbanyak senjata selama Perang Dingin.

1982

Pasukan Inggris untuk kali pertama melakukan serangan darat pada perebutan Kepulauan Falkland dengan pasukan Argentina. Pada serangan darat pertama itu, pasukan Inggris berhasil menghancurkan 11 pesawat tempur dan sebuah gudang senjata milik Argentina.

1998

Francis Albert Sinatra atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Frank Sinatra meninggal dunia pada usia 82 tahun di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS). Semasa hidupnya, Frank dikenal sebagai musisi yang memiliki pengaruh besar di musik jaz, pop, dan swing.

Baca juga: Hari Ini Dalam Sejarah: 13 Mei 1998 Kerusuhan Rasial di Indonesia

1998

Kerusuhan Mei 1998 berakhir pada 15 Mei dan menghasilkan turunnya Soeharto sebagai Presiden RI digantikan BJ Habibie. Kerusuhan Mei 1998 merupakan kerusuhan rasial yang terjadi di Jakarta dan sejumlah daerah lainnya dipicu krisis ekonomi dan kritik pemerintahan orde baru.

2010

Seorang gadis muda kelahiran Australia, Jessica Watson, 16 tahun berhasil mengarungi samudra keliling dunia selama tujuh bulan dengan kapal layar (yacht). Ia dijuluki Pahlawan Australia oleh Perdana Menteri Australia.

2015

H. Didi Widiatmoko aktor dan produser film Indonesia kelahiran 12 Juli 1956. Dalam kariernya dia lebih dikenal sebagai Didi Petet dan pemeran Emon dalam film Catatan si Boy ini meninggal pada 15 Mei 2015.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

+ PLUS Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

Aksi pertarungan antara manusia dengan hewan sebagai tontonan publik layaknya gladiator pernah berlangsung di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur pada abad ke-17 hingga awal abad ke-20, berjuluk Rampokan Macan yang diduga menjadi salah satu penyebab menyusutnya populasi hingga punahnya harimau Jawa.

Berita Terkini

Wakil Ketua DPD Minta Proyek IKN Ditunda, Ini Alasannya

Wakil Ketua DPD Sultan Najamudin mengatakan proyek IKN Nusantara sebaiknya ditunda karena sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta masyarakat berhemat dan menabung.

Dari Makanan Saat Krisis Pangan, Mi Instan Menjelma Jadi Favorit Dunia

 Mi instan yang awalnya dibuat untuk mengatasi masalah krisis pangan di Jepang akibat Perang Dunia II kini menjelma menjadi makanan favorit masyarakat dunia.

Solopos Hari Ini: Jokowi King Maker

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai menunjukkan sinyal sikapnya pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 yang memperkuat opini pengaruh untuk memenangkan calon tertentu (king maker) sekaligus melemahnya isu tiga periode.

10 Berita Terpopuler: Harimau Muncul di Banjarnegara Termasuk Langka?

Ulasan tentang harimau yang muncul di areal persawahan Banjarnegara, Jawa Tengah menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Senin (23/5/2022).

Jelang PPDB 2022, 5 SMA Swasta di Solo Ini Masuk 1.000 Terbaik Nasional

Ini deretan SMA swasta di Kota Solo yang masuk daftar 1.000 sekolah terbaik tingkat nasional yang bisa menjadi referensi dalam PPDB 2022.

Akhir 2022 MLFF Gantikan Kartu Tol, Organda Bilang Begini

Organda menilai bagi pengusaha angkutan umum yang memiliki jumlah angkutan cukup banyak, sistem MLFF bisa mempermudah untuk memantau dan mengontrol biaya di tol.

Kemajuan Desa Penentu Kebangkitan Indonesia

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meluncurkan Galeri Ekonomi dan Investasi Desa (GEID) sebagai wahana pengembangan ekosistem ekonomi dan investasi desa berbasis digital.

Sejarah Hari Ini: 23 Mei 1997 Jumat Kelabu Kerusuhan di Banjarmasin

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 23 Mei.

Polisi Ungkap Penyebab Bus Pariwisata Kecelakaan hingga Renggut 4 Nyawa

Polisi menyampaikan hasil olah TKP kasus kecelakaan bus pariwisata di Panumbangan, Kabupaten Ciamis yang menyebabkan 4 orang meninggal diduga karena rem blong.

Sempat Tertimbun, Perempuan Hamil 8 Bulan Selamat dari Longsor di Bogor

Perempuan hamil 8 bulan selamat dari tanah longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor pada Sabtu (21/5/2022) meski sempat tertimbun selama 5 menit.

GEID, SDGs Desa, dan BUM Desa untuk Kebangkitan Indonesia

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meluncurkan Galeri Ekonomi dan Investasi Desa (GEID) sebagai wahana pengembangan ekosistem ekonomi dan investasi desa berbasis digital.

Terkini, Kondisi Korban Kecelakaan Bus Pariwisata yang Renggut 4 Nyawa

Sejumlah korban kecelakaan maut bus pariwisata di Jl. Raya Payungsari, Dusun Pari, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, tiba di Tangerang pada Minggu (22/5/2022).

Polisi Cari Sopir Bus Pariwisata yang Kecelakaan hingga Renggut 4 Nyawa

Polres Ciamis masih mencari sopir bus pariwisata yang mengalami kecelakaan menabrak kendaraan dan rumah warga di Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Sabtu (21/5/2022) pukul 18.00 WIB.

Profil Fahmi Idris dari Pebisnis, Politikus, hingga Menteri Era SBY

Mantan Menteri Perindustrian era Kabinet Indonesia Bersatu atau era Presiden SBY, yakni Fahmi Idris, meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra Jakarta, Minggu (22/5/2022).

Politisi Senior & Menteri Era Habibie-SBY, Fahmi Idris Meninggal Dunia

Politisi senior Partai Golkar sekaligus Mantan Menteri Perindustrian era Kabinet Indonesia Bersatu, Fahmi Idris, meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra Jakarta pada Minggu (22/5/2022).