SOLOPOS.COM - Jessica Watson gadis berusia 16 tahun keliling dunia (Kidzworld.com)

Solopos.com, SOLO — Seorang gadis muda kelahiran Australia, Jessica Watson, 16 tahun berhasil mengarungi samudra keliling dunia selama tujuh bulan dengan kapal layar (yacht). Ia dijuluki Pahlawan Australia oleh Perdana Menteri Australia.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 14 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

908

Putra Kaisar Romawi Leo VI yang masih berusia tiga tahun, Konstantinus VII, dinobatkan sebagai Kaisar Bizantium. Konstantinus VII lantas memimpin Kekaisaran Bizantium hingga akhir hayatnya pada 959.

1911

Lebih dari 300 imigran Tiongkok di Kota Torreon, Meksiko dibantai pasukan revolusi pimpinan Emilio Madero yang telah menguasasi kota tersebut. Tragedi itu kemudian dikenang dengan sebutan Pembantaian Torreon.

1919

Orang-orang Turki melakukan unjuk rasa besar-besaran memprotes pendudukan Izmir yang dilakukan pasukan Yunani. Protes itu dilancarkan setelah pasukan Yunani membunuh 350 orang Turki tak bersenjata.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 14 Mei 1998 Kerusuhan Mei Ratusan Orang Meninggal

Pasangan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 Joko Widodo-Jusuf Kalla, menjawab pertanyaan saat debat capres dan cawapres putaran pertama di Balai Sarbini Jakarta, Senin (9/6/2014). Debat kali ini merupakan debat tahap pertama yang menghadirkan pasangan capres dan cawapres dari lima kali debat yang dijadwalkan dengan tema yang Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis) Jusuf Kalla
Joko Widodo-Jusuf Kalla (JIBI/dok)

1942

Muhammad Jusuf Kalla lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia pada 15 Mei 1942. Ia adalah wakil presiden ke-10 dan ke-12 Indonesia yakni masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono 2004-2009 dan pemerintahan Joko Widodo periode 2014-2019.

1945

Pasukan Blok Poros yang berada di Prevalje, Yugoslavia menyerah kepada Sekutu. Blok Poros menyerah setelah bertempur melawan Sekutu selama dua hari di wilayah Prevalje, Yugoslavia.

1948

Pasukan Mesir, Yordania, Lebanon, Suriah, Irak, dan Arab Saudi mulai menyerang Israel, sehari setelah Israel mendeklarasikan kemerdekaannya. Serangan itu memicu Perang Arab-Israel hingga 10 Maret 1949 dan berakhir dengan kemenangan Israel.

1972

Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengembalikan Kepulauan Okinawa yang dikuasai sejak 1945 kepada Jepang. Semasa dikuasai AS, Kepulauan Okinawa dijadikan sebagai pangkalan pesawat tempur.

Baca juga: Presiden Jokowi: Hentikan Perang di Ukraina Sekarang Juga!

1957

Untuk kali pertama, Inggris menguji coba bom hidrogen di Pulau Christmas di Samudera Hindia, sebelah selatan Indonesia. Pengujian bom hidrogen tersebut dipicu negara-negara lain yang berlomba memperbanyak senjata selama Perang Dingin.

1982

Pasukan Inggris untuk kali pertama melakukan serangan darat pada perebutan Kepulauan Falkland dengan pasukan Argentina. Pada serangan darat pertama itu, pasukan Inggris berhasil menghancurkan 11 pesawat tempur dan sebuah gudang senjata milik Argentina.

1998

Francis Albert Sinatra atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Frank Sinatra meninggal dunia pada usia 82 tahun di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS). Semasa hidupnya, Frank dikenal sebagai musisi yang memiliki pengaruh besar di musik jaz, pop, dan swing.

Baca juga: Hari Ini Dalam Sejarah: 13 Mei 1998 Kerusuhan Rasial di Indonesia



1998

Kerusuhan Mei 1998 berakhir pada 15 Mei dan menghasilkan turunnya Soeharto sebagai Presiden RI digantikan BJ Habibie. Kerusuhan Mei 1998 merupakan kerusuhan rasial yang terjadi di Jakarta dan sejumlah daerah lainnya dipicu krisis ekonomi dan kritik pemerintahan orde baru.

2010

Seorang gadis muda kelahiran Australia, Jessica Watson, 16 tahun berhasil mengarungi samudra keliling dunia selama tujuh bulan dengan kapal layar (yacht). Ia dijuluki Pahlawan Australia oleh Perdana Menteri Australia.

2015

H. Didi Widiatmoko aktor dan produser film Indonesia kelahiran 12 Juli 1956. Dalam kariernya dia lebih dikenal sebagai Didi Petet dan pemeran Emon dalam film Catatan si Boy ini meninggal pada 15 Mei 2015.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya