Monumen pembantaian 15.000 orang Yahudi di Drobitsky Yar, Ukraina. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 15 Desember 1941, pasukan Jerman membantai lebih dari 15.000 orang Yahudi di Drobitsky Yar, sebuah jurang di tenggara Kota Kharkiv, Ukraina.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-349—hari ke-350 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 15 Desember.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 15 Desember yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 15 Desember:

533
Pasukan Kekaisarn Bizantium dibawah pimpinan Flavius Belisarius berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Vandal yang dipimpin Gelimer dalam Pertempuran Tikameron di dekat Kartago, Afrika bagian utara. Kemenangan Bizantium itu sekaligus meruntuhkan Kerajaan Vandal yang berdiri sejak 407.

1864
Salah satu pertempuran di masa Perang Saudara Amerika Serikat (AS) antara pasukan Union dan pasukan Konfederasi meletus di Nashville, Tennessee, AS. Pertempuran itu berlangsung selama dua hari dan berkahir dengan kemenangan Union. Setelah kalah, Pasukan Tenesse bentukan Konfrderasi resmi dibubarkan.

1891
Olahraga bola basket untuk kali pertama dikemukakan seorang guru olah raga asal Kanada, James Naismith, di sebuah perguruan tinggi di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Pada awalnya, setiap tim basket berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah tangan melalui lemparan.

1914
Setelah pertempuran antara pasukan Jerman dan Rusia di Lodz, Polandia berakhir, Rusia mulai menarik pasukannya. Pemenang dalam pertempuran itu sebenarnya masih menjadi perdebatan, namun karena menarik pasukannya, beberapa pihak menganggap Rusia kalah.

1914
Pasukan Serbia berhasil merebut kembali Kota Belgrade yang sempat dikuasai pasukan Austria-Hungaria. Sebelumnya, Kota Belgrade telah diduduki pasukan Austria-Hungaria selama 15 hari.

Kondisi Douaumont di Prancis seusai Pertemmpuran Verdun. (Wikimedia.org)
Kondisi Douaumont di Prancis seusai Pertemmpuran Verdun. (Wikimedia.org)

1916
Pertempuran Verdun antara Prancis dan Jerman di Verdun-sur-Meuse, Prancis berakhir dengan kemenangan Prancis. Setelah bertempur selama lebih dari sembilan bulan, pasukan Prancis berhasil mengusir pasukan Jerman dari Verdun-sur-Meuse. Pertempuran Verdun merupakan pertempuran terpanjang dan paling dahsyat selama Perang Dunia I.

1917
Rusia menandatangani perjanjian gencatan senjata dengan negara-negara anggota Blok Poros. Dengan perjanjian itu, Rusia secara resmi tak lagi terlibat dalam Perang Dunia I.

1941
Pasukan Jerman membantai lebih dari 15.000 orang Yahudi di Drobitsky Yar, sebuah jurang di tenggara Kota Kharkiv, Ukraina. Peristiwa tragis itu adalah salah satu dari serangkaian pembantaian orang Yahudi yang dilakukan Jerman di Ukraina. Sejak 1941 hingga 1944, sekitar 500.000 orang Yahudi di Ukraina dibantai pasukan Jerman.

1943
Pertempuran antara pasukan Sekutu dan pasukan Jepang meletus di Arawe, Britania Baru, Kepulauan Bismarck. Pertempuran untuk memperbutkan wilayah Britania Baru itu berlangsung hingga 24 Februari 1944. Pasukan Sekutu berhasil menang dalam pertempuran tersebut.

Martin Skrtel. (Liverpoolfc.com)
Martin Skrtel. (Liverpoolfc.com)

1984
Martin Skrtel lahir di Handlova, Slowakia. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool, sejak 2008 hingga 2016. Kini, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu membela salah satu klub di Turki, yakni Fenerbache.

Sumber: Thepeoplehisory.com, Wikipedia.org


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten