Sejarah Hari Ini: 14 Mei 1998 Kerusuhan Mei Ratusan Orang Meninggal

Terjadi beragam peristiwa bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 14 Mei.

 Ilustrasi kerusuhan Mei 1998 di kawasan Coyudan (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kerusuhan Mei 1998 di kawasan Coyudan (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Solopos.com, SOLO — Kerusuhan Mei 1998 terus berlanjut pada 14 Mei ratusan orang meninggal dunia akibat kebakaran yang terjadi selama kerusuhan terjadi di Jakarta. Demonstran mengepung dan menduduki gedung-gedung DPRD di daerah.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 14 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Mohandas Karamchand Gandhi. (Biography.com)
Mohandas Karamchand Gandhi. (Biography.com)

1931

Pemimpin gerakan nasionalis di India, Mahatma Gandhi, menyatakan bersedia untuk bertolak ke London, Inggris, demi melakukan sebuah perundingan. Gandhi akan membahas kemerdekaan India bersama dengan Inggris dan meminta Inggris untuk segera angkat kaki dari India.

1931

Tentara Swedia menembaki para pekerja yang berunjuk rasa di Kota Adalen sehingga menewaskan lima orang tak bersenjata. Peristiwa itu kini dikenang dengan nama Penembakan Adalen.

Baca juga: Hari Ini Dalam Sejarah: 13 Mei 1998 Kerusuhan Rasial di Indonesia

1939

Seorang gadis di Kota Lima, Peru, bernama Lina Marcela Medina de Jurado diklaim sebagai ibu termuda di dunia. Lina melahirkan seorang bayi saat usianya baru lima tahun.

1940

Pertempuran Belanda berakhir setelah pasukan Belanda menyerah kepada tentara Jerman yang melakukan pengepungan selama beberapa hari. Belanda lantas mendirikan pemerintahan darurat di London, Inggris.

1943

Kapal selam milik Jepang berhasil menenggalamkan kapal milik Inggris, AHS Centaur, di perairan dekat Queensland, Australia. Peristiwa itu terjadi dalam konflik perebutan wilayah Australia antara pihak Jepang dan Sekutu.

1948

Israel mendeklarasikan kemerdekaannya setelah invasi Inggris di kawasan Palestina berakhir. Perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan itu diklaim telah dilakukan bangsa Israel selama kurang lebih 2.000 tahun.

Baca juga: Presiden UEA Wafat: Rakyat Berkabung 40 Hari, Kerja Berhenti 3 Hari

1955

Pakta Warsawa secara resmi ditandatangani delapan negara, yakni Uni Soviet, Albania, Bulgaria, Ceko, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, dan Rumania. Pakta Warsawa dibentuk untuk menandingi Pakta Pertahanan Atlantik Utara menyusul Perang Dingin yang makin memanas.

Presiden Soekarno
Presiden Soekarno (Wikimedia.org)

1962

Presiden Pertama Indonesia Soekarno lolos dari upaya percobaan pembunuhan yang dilakukan anggota organisasi DI/TII. Peristiwa itu berlangsung di Istana Negara saat Soekarno melaksanakan Salat Iduladha. Wakil Ketua DPR Zainul Arifin justru menjadi orang yang terluka terkena peluru.

1984

Mark Elliot Zuckerberg lahir di White Plains, New York, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal luas sebagai pendiri media sosial Facebook dan masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Baca juga: Keji, Wartawan Al Jazeera Dibunuh Israel saat Meliput

1998

Kerusuhan Mei 1998 terus berlanjut pada 14 Mei ratusan orang meninggal dunia akibat kebakaran yang terjadi selama kerusuhan terjadi di Jakarta. Demonstran mengepung dan menduduki gedung-gedung DPRD di daerah.

2006

Pada 14 Mei 2006, jenazah 11 Penggali pasir di Desa Nyalindung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung berhasil ditemukan. Sehari sebelumnya pada 13 Mei, 11 penggali pasir tertimbun longsor saat melakukan penggalian di lokasi kejadian.

2010

Wahana Antaraiksa Atlantis diluncurkan ke angkasa luar pada Jumat sore waktu Florida, Amerika Serikat (AS), pada 14 Mei 2010. Perjalanan pesawat ulang alik milik Badan Antariksa AS ini menjadi ekspedisi terakhir Atlantis sebelum pensiun.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Investasi Yusuf Mansur: Berharap Berkah Berbuah Musibah?

Sebagian investasi Yusuf Mansur itu kini digugat ke pengadilan dan dilaporkan secara pidana ke kepolisian.

Perjalanan Berisiko Jokowi dan Para Pemimpin Dunia Demi Misi Damai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi kepala negara Asia pertama yang berkunjung ke Ukraina di tengah invasi Rusia. Sebelum Jokowi, sejumlah pemimpin negara lain di Eropa juga mempertaruhkan keselamatan mereka dengan berkunjung ke Ukraina.

Mungkinkah Duet Anies-Ganjar di Pilpres 2024, Begini Analisisnya

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mewacanakan duet Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 menjadi pemersatu bangsa

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

IHSG Dibuka Melemah 6.973,12, Sejumlah Saham Ambrol

Pembukaan perdagangan saham hari ini, Rabu (29/6/2022), IHSG dibuka melemah

1,7 Juta Bayi Belum Imunisasi, Black Campaign Picu Kesenjangan Imunitas

Pada periode 2019-2021, Kementerian Kesehatan mencatat 1,7 juta bayi belum memperoleh imunisasi dasar. Black campaign antiimunisasi yang disampaikan terang-terangan melalui seminar maupun talkshow melahirkan kesenjangan imunitas di kalangan anak-anak.

Apresiasi Prestasi Mahasiswa, UMS Gelar Student Achievement Award 2022

Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Student Achievement Award (SAA) 2022.

10 Berita Terpopuler: 11 Daerah Wajib MyPertamina & Piala Presiden 2022

Ulasan tentang 11 daerah yang wajib menerapkan MyPertamina untuk membeli Pertalite-Solar dan Piala Presiden 2022 menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Rabu (29/6/2022).

Wapres: Pernikahan Beda Agama Dilarang

Wapres Ma'ruf Amin menyatakan sesuai fatwa MUI pernikahan beda agama haram dilakukan.

Duh, 1,7 Juta Bayi di Indonesia Belum Peroleh Imunisasi Dasar

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan kondisi tersebut berdampak pada peningkatan jumlah kasus penyakit yang seharusnya bisa dicegah lewat imunisasi atau PD3I.

Butuh Kerja Sama Antarnegara Mencegah Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo menyerukan negara G7 dan G20 bersama-sama mengatasi krisis pangan yang saat ini mengancam rakyat di negara-negara berkembang agar tidak jatuh ke jurang kelaparan dan kemiskinan ekstrem.

Sejarah Hari Ini: 29 Juni 1957, Menara Tokyo Mulai Dibangun

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi di belahan dunia pada 29 Juni.

Ladang Ganja 10 Hektare Ditemukan di Cianjur, Lokasinya di Tengah Hutan

Polres Cianjur menemukan ladang ganja seluas 10 hektare di lereng Gunung Karuhan, Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka.

Kedaulatan Pangan Benteng Menghadapi Ancaman Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo pada pekan lalu meminta jajarannya fokus mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan. Langkah ini sangat penting sebagai upaya menghadapi krisis pangan global yang mulai melanda berbagai negara di belahan dunia.

UIN Salatiga Serahkan 54 Kambing untuk Guru Ngaji di Temanggung

Bantuan kambing UIN Salatiga untuk guru ngaji di Temanggung itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Belajar dari Friendster yang Tumbang karena Kepopulerannya Sendiri

Pada 2004, Friendster menjadi jejaring sosial online terkemuka di dunia. Namun, sejumlah keputusan buruk yang diambil manajemen perusahaan justru perlahan menyuntik mati Friendster dari jagad maya.