SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Perang Sepak Bola meletus di perbatasan El-Salvador dan Honduras melibatkan pasukan El-Salvador dan Honduras, 14 Juli 1969. Perang tersebut dipicu ketegangan politik dan dipicu tim nasional sepak bola El-Salvador dan Honduras bertemu dalam laga kualifikasi Piala Dunia 1970.

Meletusnya Perang Sepak Bola itu adalah satu dari sekian banyak peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-193—hari ke 196 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 14 Juli. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam Sejarah Hari Ini, 14 Juli:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1223
Louis VIII dinobatkan menjadi raja Prancis menyusul kematian ayahnya, Philip II, di hari yang sama. Ia lantas memerintah Prancis hingga akhir hayatnya pada 1226. Louis VIII meninggal dunia karena sakit disentri di Chateau de Montpensier, Auvergne, Prancis.

1420
Pertempuran Bukit Vitkov di Bukit Vitkov, dekat Praha, Ceko yang melibatkan Tentara Salib dan pasukan Husite berakhir dengan kemenangan pasukan Husite. Sebanyak 200.000 tentara salib gagal menembus benteng di Bukit Vitkov untuk menyerbu Kota Praha.

1789
Penyerbuan di Benteng Bastile di Kota Paris dalam Revolusi Prancis dimulai. Para pemberontak mengincar sejumlah senjata di benteng untuk digunakan bertempur melawan pasukan kerajaan. Revolusi Prancis berlangsung selama lebih dari 10 tahun dan berakhir dengan runtuhnya Kekaisaran Prancis.

Bendera Nazi Jerman. (Reuters)
1933
Pemerintah Jerman di bawah pimpinan Adolf Hitler melarang semua partai politik, kecuali Partai Nazi, di Jerman. Hal itu membuat Jerman menjadi negara satu partai. Partai Nazi, satu-satunya partai di Jerman, adalah partai yang mengusung Adolf Hitler menjadi pemimpin Jerman.

1941
Dua kapal milik pasukan Blok Poros hancur di Tropoli, Libya. Serangan terhadap kapal Blok Poros itu dilakukan Angkatan Udara Inggris dengan menggunakan pesawat pengebom.

1950
Pertempuran Taejon meletus di Taejon, Korea Selatan (Korsel) yang melibatkan pasukan Korea Utara (Korut) dan Korsel. Salah satu pertempuran pada masa Perang Korea itu berlangsung selama sepekan. Baik pihak Korsel maupun Korut sama-sama mengkalim kemenangan dalam Pertempuran Taejon.

1958
Sebuah kudeta militer di Irak berhasil menggulingkan pemerintahan Raja Faisal II. Faisal II lantas dieksekusi mati bersama keluarganya. Tewasnya Faisal II sekaligus mengakhiri pemerintahan monarki di Irak yang dikuasai Dinasti Hashim selama 37 tahun.

1969
Perang Sepak Bola meletus di perbatasan El-Salvador dan Honduras melibatkan pasukan El-Salvador dan Honduras. Perang tersebut sebenarnya dipicu ketegangan politik antara dua negara tersebut. Namun perang tersebut disebut dengan Perang Sepak Bola karena ketegangan politik dua negara tersebut berbuah perang setelah dipicu tim nasional sepak bola El-Salvador dan Honduras bertemu dalam laga kualifikasi Piala Dunia 1970.

2006
Pasukan Israel menyerbu Lebanon karena dua tentaranya ditangkap kelompok Hizbullah. Serangan Israel itu menewaskan lebih dari 50 orang yang kebanyakan adalah warga sipil.

Penampakan Pluto yang terekam New Horizons. (Youtube-NASA)
2015
NASA mengklaim wahana antariksanya bernama New Horizons telah berhasil mencapai Pluto. Hal itu juga membuat NASA mengklaim telah sepenuhnya berhasil melakukan pengamatan di Tata Surya. New Horizons ditugaskan mengirimkan foto-foto Pluto dan satelitnya dari jarak dekat. Wahana ini memiliki berat hampir 500 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya