SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill bertemu di Casablanca, Maroko dalam Konferensi Casablanca, 14 Januari 1943. Konferensi itu digelar untuk membahas strategi dalam Perang Dunia II dan mencari cara untuk segera mengakhiri perang tersebut.

Digelarnya Konferensi Casablanca itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 14 Januari. Masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 14 Januari setiap tahunnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 14 Januari yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

1301
Dinasti Arpad yang memerintah Kerajaan Hungaria sejak abad ke-9 berakhir setelah Raja Andrew III meninggal dunia dan tak meninggalkan keturunan laki-laki. Karoly Robert kemudian merebut kekuasan di Hungaria dan memulai Dinasti Angevin di Hungaria.

Ekspedisi Mudik 2024

1761
Pertempuran Panipat III antara Kerajaan Durrani pimpinan Ahmad Shah Durrani dan Kerajaan Maratha yang dipimpin Sadashivrao Bhau terjadi di Panipat atau kini Haryana, India. Pertempuran itu hanya berlangsung sehari dan berakhir dengan kemenangan Kerajaan Durrani. Atas kemenangan itu, Kerajaan Durrani berhasil merebut wilayah Punjab sampai ke utara Sungai Sutlej dan sebagian Afghanistan dari Kerajaan Maratha.

1822
Pasukan Yunani pimpinan Theodoros Kolokotronis dan Demetrios Ypsilantis berhasil merebut wilayah Acrocorinth dari pasukan Kesultanan Ottoman. Peristiwa itu terjadi di masa Perang Kemerdekaan Yunani melawan Kesultanan Ottoman.

Stasiun penelitian Norwegia di wilayah Tanah Ratu Maud. (Wikimedia.org)

1939
Norwegia mengklaim sebagian wilayah di Antartika dan menamainya sebagai Tanah Ratu Maud. Nama itu diambil dari nama istri Raja Norwegia, Haakon VII. Laut sekitar wilayah Tanah Ratu Maud kemudian dinamai sebagai Laut Raja Haakon VII. Hingga kini, wilayah tersebut masih menjadi kekuasaan Norwegia.

1943
Jepang mulai melaksanakan Operasi Ke demi mengevakuasi pasukannya dari Guadalkanal, Kepulauan Solomon. Penarikan pasukan itu berlangsung hingga 7 Februari 1943 dan terhitung berhasil lantaran banyak tentara Jepang yang berhasil dievakuasi. Pasukan Jepang ditarik dari Guadalkanal setelah Sekutu berhasil mengambil alih wilayah tersebut.

1953
Josip Broz Tito secara resmi dilantik sebagai presiden pertama di Yugoslavia. Ia kemudian memangku jabatan itu sampai akhir hayatnya pada 4 Mei 1980. Semasa memimpin Yugoslavia, Tito dikenal sebagai pemimpin yang otoriter. Ia mulai mendapatkan perhatian lebih dari dunia saat menjadi penggerak Gerakan Non-Blok semasa Perang Dingin bersama Soekarno dari Indonesia, Jawaharlal Nehru dari India, dan Gamal Abdul Nasir dari Mesir.

Victor Valdes Arribas. (Reuters)
1982
Victor Valdes Arribas lahir di L’Hospitalet, Spanyol. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub besar di Eropa, Barcelona, sejak 2002 sampai 2014. Kini, pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang itu melatih tim di Madrid, Spanyol, yakni Moratalaz.

2004
Bendera nasional Georgia yang dinamai Bendera Lima Salib kembali dipakai sebagai bendera nasional di negara tersebut setelah selama 500 tahun digantikan bendera lain. Bendera Lima Salib merupakan bendera dengan warna dasar putih dan terdapat satu salib merah besar yang dikelilingi salib merah kecil.

2010
Pemerintah Yaman secara terbuka mendeklarasikan perang terhadap kelompok teroris Al-Qaeda setelah didera serangkaian serangan. Pada Agustus di tahun yang sama, pasukan Yaman baru melancarkan serangan ke Lawdar di Semenanjung Arab yang diduduki Al-Qaeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya