SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Kapal penumpang berukuran besar, RMS Titanic, menabrak gunung es di Samudera Atlantik dalam perjalanannya dari Inggris ke Amerika Serikat (AS) saat tengah malam menjelang pergantian hari, 14 April 1912. Kapal tersebut lantas tenggelam beberapa jam kemudian.

Tenggelamnya Titanic itu hanyalah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 14 April dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 14 April:

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

70
Pasukan Kekaisaran Romawi mulai mengepung Kota Yerusalem untuk merebutnya dari tangan orang-orang Yahudi. Pertempuran antara pasukan Kekaisaran Romawi dan orang-orang Yahudi terjadi selama beberapa bulan. Pada akhir perang, pasukan Kekaisaran Romawi berhasil merebut Kota Yerusalem dari orang-orang Yahudi.

Ekspedisi Mudik 2024

1028
Putra Kaisar Romawi Conrad II, Henry III, dinobatkan sebagai kaisar di Jerman. Henry III lantas memimpin Kekaisaran Romawi beberapa tahun kemudian saat ayahnya meninggal dunia.

Abraham Lincoln. (Whitehouse.gov)
1865
Presiden ke-16 Amerika Serikat (AS) Abraham Lincoln ditembak oleh John Wilkes Booth ketika menonton pertunjukan di Teater Ford, Washington bersama istrinya. Sehari setelah penembakan itu terjadi, Lincoln meninggal dunia.

1912
Kapal penumpang berukuran besar, RMS Titanic, menabrak gunung es di Samudera Atlantik dalam perjalanannya dari Inggris ke Amerika Serikat (AS) saat tengah malam menjelang pergantian hari. Kapal tersebut lantas tenggelam beberapa jam kemudian. Kejadian tragis itu menewaskan 1.514 penumpang beserta awak kapal dari total 2.224 orang.

1941
Pasukan Jerman yang dipimpin Jenderal Erwin Rommel mengepung Kota Tobruk, Libya untuk merebutnya dari tangan Inggris dan pasukan sekutunya. Jenderal Erwin Rommel adalah pemimpin militer Jerman yang pernah dipuji Perdana Menteri Inggris Winston Churchill yang notabene adalah musuh bebuyutan Jerman. Meski pernah dipuji musuh karena kecerdasannya, pasukan Jerman yang ia pimpin gagal merebut Kota Tobruk dari Inggris.

1971
Yusufu Lule dilantik sebagai presiden Uganda setelah presiden sebelumnya, Idi Amin, digulingkan dan diusir dari negara tersebut. Penggulingan Idi Amin itu didukung pihak militer Tanzania.

1988
Uni Soviet menarik pasukannya yang menginvasi Afganistan. Penarikan pasukan tersebut sekaligus mengakhiri invasi Uni Soviet ke Afganistan yang sudah berlangsung selama sembilan tahun.

1991
Georgia menyelenggarakan pemilihan presiden untuk kali pertama setelah memisahkan diri dari Uni Soviet. Georgia menjadi bagian dari Uni Soviet sejak 1921.

2003
Pasukan Amerika Serikat (AS) yang menginvasi Irak berhasil menangkap pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina, Muhammad Zaidan alias Abu Abbas, di Bagdad. Ia ditangkap setelah dituduh sebagai dalang dari pembajakan terhadap sebuah kapal pada 1985 dan menewaskan satu warga negara AS.

Retakan tanah di Yushu, Qinghai, Tiongkok akibat gempa bumi, 14 April 2010. (Wikimedia.org)
2010
Gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter mengguncang Yushu, Qinghai, Tiongkok. Bencana tersebut menyebabkan kurang lebih 2.700 orang meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya