Sejarah Hari Ini: 13 Januari 1610, Galileo Galilei Temukan Callisto
Galileo Galilei menemukan Callisto pada 13 Januari 1610. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Galileo Galilei menemukan Callisto pada 13 Januari 1610. Callisto merupakan satelit terbesar ketiga di Tata Surya dan terbesar kedua di sistem Jupiter setelah Ganymede.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 13 Januari. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 13 Januari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1610

Galileo Galilei menemukan Callisto pada 13 Januari. Callisto merupakan satelit terbesar ketiga di Tata Surya dan terbesar kedua di sistem Jupiter setelah Ganymede. Diameter Callisto kurang lebih sekitar 99% diameter planet Merkurius, tetapi massanya hanya sekitar sepertiganya.

Untuk diketahui, Galileo Galilei adalah seorang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah. Kemudian ia disebut sebagai "bapak astronomi observasional","bapak ilmu fisika modern","bapak metode ilmiah",dan "bapak ilmu pengetahuan".

1815

Pasukan Inggris menyerang wilayah Fort Peter, Saint Marys, Camden County, Georgia, Amerika Serikat (AS) demi merebutnya dari pasukan AS. Salah satu pertempuran di masa Perang 1812 itu berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan Inggris. Pertempuran tersebut merupakan satu-satunya pertempuran di Georgia selama Perang 1812 berlangsung.

Lukisan Pertempuran Veracruz karya Carl Nebel yang menggambarkan salah satu pertempuran di masa Perang AS-Meksiko. (Wikimedia.org)
Lukisan Pertempuran Veracruz karya Carl Nebel yang menggambarkan salah satu pertempuran di masa Perang AS-Meksiko. (Wikimedia.org)

1847

Perjanjian Cahuenga ditandatangani pihak Amerika Serikat (AS) dan Meksiko di Campo de Cahuenga atau kini dikenal sebagai Universal City di California pada 13 Januari. Perjanjian itu dibuat demi mengakhiri Perang Meksiko-AS yang berlangsung sejak 25 April 1846. Namun demikian, perang baru benar-benar berakhir pada 3 Februari 1848.

1895

Pertempuran antara pasukan Italia dan pasukan Etiopia meletus di Quatit, Eritrea, Etiopia. Pertempuran pertama di masa Perang Italia-Etiopia I itu berhasil dimenangi pasukan Italia yang berhasil menumpas sedikitnya 1.500 tentara Etiopia dan hanya kehilangan 229 tentaranya.

1915

Gempa bumi berkekuatan 6,7 skala Richter mengguncang wilayah Italia bagian tengah pada 13 Januari. Bencana yang terjadi di pagi hari waktu setempat itu menewaskan antara 29.978 orang sampai 32.610 orang. Kemudian kerugian akibat gempa bumi itu diperkirakan mencapai US$60 juta.

Miki Tikus atau Mickey Mouse (wikipedia.org)

1930

Komik strip Miki Tikus keluar untuk pertama kalinya pada 13 Januari. Miki Tikus atau Mickey Mouse adalah tokoh fiksi kartun berbentuk seekor tikus yang menjadi ikon bagi The Walt Disney Company yang diciptakan oleh Ub Iwerks. Kemudian berkembang menjadi salah satu simbol yang terkenal di dunia. Dalam beberapa kartun Miki awal, suaranya diisi oleh Walt Disney sendiri.

1942

Kursi lontar pada pesawat tempur pertama di dunia mulai digunakan untuk pesawat tempur milik Jerman, Heinkel He 280. Kursi lontar adalah perlengkapan dalam kokpit pesawat sebagai wahana penyelamat bagi penerbang ketika pesawat mengalami kerusakan baik teknis atau terkena tembakan maupun rudal lawan.

1951

Pertempuran antara pasukan Prancis dan pasukan Viet Minh meletus di Vinh Yen, Vinh Phuc, Vietnam pada 13 Januari. Salah satu pertempuran di masa Perang Indochina itu berlangsung selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan Prancis.

1958

Pasukan Pembebasan Maroko menyerbu pasukan Spanyol yang menduduki wilayah Edchera, Maroko. Bahkan serangan pasukan Maroko itu kemudian berhasil membuat pasukan Spanyol mundur dari wilayah Edchera.

Sylvanus Olympio. (Wikimedia.org)
Sylvanus Olympio. (Wikimedia.org)

1963

Kudeta militer meletus di Togo demi menggulingkan pemerintahan Presiden Togo, Sylvanus Olympio pada 13 Januari. Dalam peristiwa perebutan kekuasaan itu, Presiden Togo, Sylvanus Olympio, tewas terbunuh.

1985

Kereta api cepat yang melintasi wilayah Awash, Etiopia keluar dari jalur dan menewaskan 428 orang dan sekitar 500 orang lainnya luka-luka. Kecelakaan kereta api itu adalah yang paling buruk di Afrika sepanjang sejarah.

1991

Pasukan Uni Soviet yang diiringi tank T-80 dan kendaraan infantri BMP-3 menyerbu para simpatisan pendukung kemerdekaan Lituania di Vilnius, Lituania pada 13 Januari. Akibatnya, 14 orang tewas dan sekitar 1.000 orang mengalami luka-luka.

2001

Sebuah gempa bumi melanda El Salvador. Lebih dari 5.000 orang tewas.Republik El Salvador adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Honduras dan Guatemala. Luas totalnya 8.123 mil persegi (21.040 km²), hampir seukuran negara bagian Massachusetts.

2012

Kapal pesiar Costa Concordia kandas di perairan dangkal dekat Isola del Giglio, Italia, 17 orang tewas pada 13 Januari. Costa Concordia adalah sebuah kapal pesiar kelas Concordia yang dimiliki dan dioperasikan oleh Costa Cruises. Kapal ini dibangun di galangan kapal Sestri Ponente milik Fincantieri di Italia.

 

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom