SOLOPOS.COM - Pembangunan tembok Berlin dimulai oleh Pemerintah Jernam Timur. (Twitter @politiskadagar)

Solopos.com, SOLO – Tembok Berlin pada 13 Agustus 1961 mulai dibangun Pemerintah Jerman Timur yang memisahkan Berlin Barat di Jerman Barat dengan Berlin Timur di Jerman Timur.

Masih banyak peristiwa yang terjadi pada 13 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1704

Pasukan Aliansi Agung yang terdiri atas Inggris, Skotlandia, Kekaisaran Romawi Suci, dan Republik Belanda berhasil mengalahkan pasukan Prancis dalam Pertempuran Blindheim, di Blindheim, dekat Hochstadt, Bayern, Jerman.

1806

Pertempuran Misar yang melibatkan pasukan Kesultanan Ottoman dan pasukan Revolusioner Serbia meletus di Misar, Serbia. Kesultanan Ottoman kehilangan sekitar 6.000 tentara, sedangkan pasukan Revolusioner Serbia hanya kehilangan hingga 600 tentara.

1920

Pertempuran antara pasukan Polandia dan pasukan Soviet Rusia meletus di Warsawa Polandia. Pertempuran yang terjadi pada masa Perang Polandia-Soviet Rusia itu berlangsung selama 13 hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Polandia.

Baca juga: Kasus Disetop, Tidak Ada Pelecehan Seksual terhadap Istri Ferdy Sambo

1926

Fidel Alejandro Castro Ruz lahir di Biran, Provinsi Holguin, Kuba. Ia lantas dikenal sebagai revolusioner dan presiden Kuba yang menjabat sejak 1976 hingga 2008. Castro meninggal pada 25 November 2016 pada usia 90 tahun.

1937

Pertempuran Shanghai antara Tentara Revolusioner Tiongkok dan pasukan Jepang meletus di Shanghai dan sekitarnya. Pertempuran tersebut berlangsung hingga 26 November di tahun yang sama dengan kemenangan Jepang.

1944

Pasukan Jerman memulai penghancuran Desa Anogeia, tengah Pulau Kreta, Yunani. Sekitar 25 penduduk desa tersebut dibantai pasukan Jerman. Penghancuran desa itu berlangsung hingga 5 September di tahun yang sama.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 12 Agustus 1990, Temuan Fosil Tyrannosaurus Rex

1960

Afrika Tengah meraih kemerdekaan penuh dari Prancis yang menguasainya sejak akhir abad ke-19. Setalah 16 tahun merdeka, berdirilah Kerajaan Afrika Tengah. Namun pada 1979, negara tersebut berubah bentuk menjadi republik.

1961

Tembok Berlin mulai dibangun Pemerintah Jerman Timur yang memisahkan Berlin Barat di Jerman Barat dengan Berlin Timur di Jerman Timur. Pemerintah Jerman timur menyatakan tembok tersebut sebagai benteng pelindung anti fasis. Sedangkan pemerintah Jerman Barat menyebutnya sebagai tembok yang memalukan.

1992

Lucas Rodrigues Moura da Silva lahir di Sao Paulo, Brasil. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola ternama yang membela klub besar di Prancis, yakni Paris Saint-Germain (PSG).

Baca juga: Gibran Jadi Trending Twitter Gara-gara Paspampres Pukul Sopir di Solo

2007



Kelompok Taliban di Afganistan melepaskan dua pekerja asal Korea Selatan (Korsel) yang ditawan selama tiga pekan. Sebelumnya, ada 23 pekerja asal Korsel yang ditahan Taliban dan dua di antaranya tewas dibunuh, 19 sandera lainnya dibebaskan beberapa hari kemudian.

2010

Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari, pada 13 Agustus secara resmi mengumumkan membatalkan perayaan hari kemerdekaan Pakistan yang jatuh pada 14 Agustus karena bencana banjir yang sedang berlangsung.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya