Tutup Iklan
Sejarah Hari Ini: 12 September 1979, Gempa Papua Telantarkan 8.000 Orang
Ilustrasi dampak gempa bumi. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Pada 12 September 1979, gempa bumi berkekuatan 8,0 skala Richter mengguncang Kepulauan Yapen, Papua. Gempa Bumi itu membuat sekitar 8.000 orang di Kepulauan Yapen kehilangan tempat tinggal mereka.

Gempa Bumi di Papua itu merupakan salah satu peristiwa pada 12 September yang dikenang hingga kini. Selain itu, masih banyak hal bersejarah lain pada 12 September yang layak dikenang. Berikut Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 12 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1309
Pasukan Kerajaan Kastilia merebut wilayah Gibraltar dari Keamiran Granada. Keberhasilan Kerajaan Kastilia itu diraih setelah melakukan pengepungan selama berhari-hari.

1683
Pasukan Austria dan pasukan Polandia bersatu melawan pasukan Kesultanan Ottoman yang mengepung ibu kota Austria, Wina. Pengepungan yang lantas dikenang dengan nama Pertempuran Wina itu berakhir dengan kemenangan pasukan Austria dan pasukan Polandia. Pasukan Kesultanan Ottoman harus mundur dari Wina setelah mengepung selama hampir dua bulan.

1915
Pasukan Prancis berhasil menyelamatkan lebih dari 4.000 orang Armenia dari genosida yang dilakukan pasukan Kesultanan Ottoman. Penyelamatan itu dilakukan di Gunung Musa Dagh yang diduga sebagai lokasi pasukan Kesultanan Ottoman membantai orang Armenia.


Adolf Hitler. (Biography.com)
1919
Adolf Hitler bergabung dengan Partai Pekerja Jerman, partai yang lantas menjadi Partai Nazi. Pada 1933, Hitler berhasil menjadi pemimpin Jerman melalui partai tersebut.

1942
Kapal RMS Laconia milik Inggris yang mengangkut warga sipil, tentara Sekutu, dan tahanan perang asal Italia ditorpedo pasukan Jerman di Samudera Atlantik, sebelah barat Afrika. Akibatnya, 1.619 orang tewas dalam peristiwa itu.

1944
Pasukan Sekutu berhasil membebaskan wilayah Bajina Basta di Serbia bagian barat dari cengkeraman Jerman. Operasi pembebasan Serbia dari Jerman itu berlanjut hingga meletusnya serangan di ibu kota Serbia, Beograd, pada 28 September di tahun yang sama.

1973
Paul William Walker IV lahir di Glendale, California, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal sebagai aktor yang membintangi sejumlah film layar lebar. Peran Walker yang paling dikenal ialah saat dirinya menjadi Brian O Conner dalam serial film The Fast and the Furious. Walker meninggal dunia pada 30 November 2013 setelah terlibat kecelakaan lalu lintas di Santa Clarita, California, AS.

1979
Gempa bumi berkekuatan 8,0 skala Richter mengguncang Kepulauan Yapen, Papua. Akibatnya, sebanyak sekitar 8.000 orang di Kepulauan Yapen kehilangan tempat tinggal mereka.


Kim Nam-joon alias Rap Monster. (Solopos-Dok.)
1994
Kim Nam-joon lahir di Goyang, Korea Selatan. Kini, ia dikenal luas sebagai penyanyi dengan nama panggung Rap Monster. Selain itu, Kim Nam-joon merupakan anggota dari grup musik Bangtan Boys (BTS).

2011
Monumen Peringatan 11 September di New York, Amerka Serikat (AS) secara resmi dibuka untuk umum. Monumen itu dibangun untuk mengenang para korban Serangan 11 September sepuluh tahun sebelumnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho