Makam Sebastiao Gomes, aktivis pro-kemerdekaan di Timor Timur. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 12 November 1991, Tentara Indonesia menembaki para mahasiswa di Dili, Timor Timur yang melakukan aksi protes atas tindakan tentara yang sebelumnya dianggap telah menembak mati Sebastiao Gomes, salah seorang aktivis pro-kemerdekaan di Timor Timur. Akibat peristiwa itu, 271 mahasiswa tewas.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-316—hari ke-317 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 12 November. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 12 November yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 12 November:

Patung kepala Lothaire di Musee Saint Remi di Reims, Prancis. (Wikimedia.org)
Patung kepala Lothaire di Musee Saint Remi di Reims, Prancis. (Wikimedia.org)

954
Di usia yang masih 13 tahun, Lothaire secara resmi dinobatkan sebagai raja di Franka Barat setalah ayahnya meninggal sekitar sebulan sebelumnya. Ia lantas memangku takhta sebagai raja Franka Barat hingga akhir hayatnya pada 2 Maret 986.

1330
Pasukan Wallachia pimpinan Basarab I berjumlah 7.000 hingga 10.000 orang berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Hungaria pimpinan Charles I dengan jumlah 30.000 tentara di perbatasan antara Transylvania dan Wallachia. Pasukan Wallachia yang bertempur selama empat hari akhirnya berhasil mengusir pasukan Hungaria yang ingin menguasai Wallachia. Atas kekalahan itu, Hungaria gagal memperluas wilayah kekuasaannya.

1918
Pendirian Republik Austria-Jerman dideklarasikan. Negara itu dibentuk setelah Perang Dunia I di wilayah yang penduduknya mayoritas berbahasa Jerman yang sebelumnya adalah bagian dari Austria-Hungaria. Pada September 1919, negara tersebut berubah nama menjadi Austria.

1920
Italia dan Kerajaan Serbia-Kroasia-Slovenia menandatangani Perjanjian Rapallo di Rapallo, dekat Genoa, Italia. Perjanjian itu mengakhiri konflik yang melibatkan negara-negara tersebut dalam perebutan wilayah bekas Kerajaan Austria-Hungaria.

1940
Pertempuran Gabon antara Pasukan Pembebasan Prancis dan pasukan Prancis Vichy di Gabon berakhir. Pertempuran itu berhasil dimenangi Pasukan Pembebasan Prancis yang berhasil merebut Gabon dari cengkeraman Prancis Vichy.

1941
Untuk kali pertama, Uni Soviet menggunakan pasukan militer yang menggunakan ski untuk melawan pasukan Jerman di Moskow. Hal itu disebabkan temperatur di Moskow mencapai -12 derajat Celsius sehingga salju menutupi hampir seluruh Kota.

1941
Dalam Pertempuran Sevastopol, kapal penjelajah milik Uni Soviet Chervona Ukraina dibombardir pasukan Blok Poros. Sehari kemudian, kapal tersebut tenggelam lantaran kerusakan yang sangat parah.

1942
Pertempuran antar-angkatan laut antara Amerika Serikat (AS) dan Jepang meletus di perairan dekat Pulau Guadalkana, Kepulauan Solomon. Pertempuran itu berlangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan Angkatan Laut AS.

Ignazio Abate. (Acmilan.com)
Ignazio Abate. (Acmilan.com)

1986
Ignazio Abate lahir di Sant Agata de Goti, Italia. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola profesional yang membela salah satu klub besar di Italia, yakni AC Milan. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu juga dipercaya untuk memperkuat Timnas Italia sejak 2011 lalu.

1991
Tentara Indonesia menembaki para mahasiswa di Dili, Timor Timur yang melakukan aksi protes atas tindakan tentara yang sebelumnya dianggap telah menembak mati Sebastiao Gomes, salah seorang aktivis pro-kemerdekaan di Timor Timur. Akibat peristiwa itu, 271 mahasiswa tewas, 382 orang terluka, dan 250 lainnya menghilang. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Insiden Dili.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten