SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Demonstrasi mahasiswa Universitas Trisakti yang mengkritik pemerintahan Orde Baru dan keruntuhan ekonomi akibat krisis finansial Asia 1997 di Jakarta, Indonesia berujung kerusuhan, 12 Mei 1998. Empat mahasiswa tewas dalam insiden yang lantas disebut Tragedi Trisakti itu.

Meletusnya Tragedi Trisakti itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 12 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 12 Mei:

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

907
Kekuasaan Dinasti Tang di Tiongkok yang sudah berlangsung hampir 300 tahun berakhir setelah Kaisar Ai Tang dipaksa turun dari takhtanya. Ai Tang dipaksa turun takhta oleh petinggi militernya, Zhu Wen.

1797
Pasukan Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte berhasil menaklukkan Venesia dan mengakuisisi wilayah Venesia. Napoleon kemudian menguasai Venesia sekitar enam bulan sebelum menyerahkan kawasan tersebut kepada Austria pada 12 Oktober 1797.

1881
Tunisia secara resmi menjadi wilayah protektorat Prancis. Sebelumnya, wilayah tersebut merupakan kekuasaan Ottoman sejak 1574.

1942
Pasukan Uni Soviet melancarkan serangan besar-besaran di kawasan Izium, sebalah timur Ukraina. Serangan tersebut bertujuan untuk mengusir tentara Jerman yang sangat sedikit di kawasan tersebut.

Konferensi Trident. (Wikimedia.org)
1943
Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill bertemu di Washington D.C, AS dalam Konferensi Trident. Dalam konferensi tersebut, AS dan Inggris membicarakan strategi untuk menginvasi kawasan Normandia.

1978
Kota Kolwezi di Kongo diduduki pasukan pemberontak. Pemerintah setempat lantas meminta bantuan pihak Amerika Serikat (AS), Prancis, dan Belgia untuk meredam pemberontakan di Kongo.

Marcelo Vieira da Silva Junior. (Realmadrid.com)
1988
Marcelo Vieira da Silva Junior dilahirkan di Rio de Janeiro, Brasil. Kini, namanya dikenal sebagai pemain sepak bola yang merumput bersama salah satu klub raksasa di Eropa, Real Madrid. Sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2007 silam, pemain yang biasa dipasang sebagai bek kiri itu telah bermain lebih dari 300 kali dan telah mencetak 25 gol.

1998
Demonstrasi mahasiswa Universitas Trisakti yang mengkritik pemerintahan Orde Baru dan keruntuhan ekonomi akibat krisis finansial Asia 1997 di Jakarta, Indonesia berujung kerusuhan. Empat mahasiswa tewas dalam insiden yang lantas disebut Tragedi Trisakti itu. Tragedi tersebut kemudian memicu Kerusuhan Mei 1998 yang berujung mundurnya Presiden Soeharto.

2006
Gambar kartun yang dibuat kartunis Mana Neyestani dan dimuat di sebuah surat kabar di Iran menjadi sebuah kontroversi. Kartun tersebut dianggap telah menghina orang-orang Azerbaijan yang tinggal di Iran. Karena kartun tersebut, sempat terjadi kerusuhan besar-besaran di sejumlah daerah di Iran.

2008
Gempa berkekuatan 7,9 skala Richter mengguncang wilayah, Sichuan, Tiongkok. Bencana tersebut menelan korban jiwa yang diperkirakan mencapai 14.866.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya