SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pada 12 Juli 1998, Prancis berhasil meraih gelar juara Pala Dunia FIFA untuk kali pertama. Prancis yang menjadi tuan rumah berhasil membekuk Brasil di partai final dengan skor telak, 3-0.

Keberhasilan Prancis di ajang Piala Dunia FIFA itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 12 Juli. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 12 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 12 Juli:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1191
Tentara Salib mengakhiri pengepungannya di Acre, Palestina yang dilancarkan sejak Agustus 1189 demi merebutnya dari Dinasti Ayyubiyyah. Peristiwa yang terjadi pada masa Perang Salib Ketiga itu berhasil dimenangi Tentara Salib setelah pasukan Dinasti Ayyubiyyah pimpinan Sultan Salahuddin Ayyubi yang menguasai Acre menyerah.

1470
Pasukan Kesultanan Ottoman pimpinan Sultan Mehmed II berhasil merebut wilayah Euboea dari kekuasaan Republik Venesia. Invasi pasukan Kesultanan Ottoman itu lantas berlanjut ke wilayah lain di sekitar Euboea.

Raja Inggris, Henry VIII. (Wikimedia.org)
1543
Raja Inggris, Henry VIII, menikah untuk kali keenam. Dalam pernikahannya yang keenam itu, Henry mempersunting Catherine Parr di Istana Hampton, London, Inggris. Semasa hidupnya, Henry VIII dikenal sebagai raja yang kerap menikah dan juga kerap bercerai.

1913
Pasukan Kerajaan Serbia mulai menyerang Kota Vidin di wilayah Kerajaan Bulgaria. Peristiwa yang terjadi pada masa Perang Balkan II itu berlangsung selama kurang lebih sepekan. Meski dikepung selama sepekan, pasukan Kerajaan Bulgaria berhasil mempertahankan Kota Vidin.

1918
Kapal perang milik Jepang, Kawachi, meledak di perairan sebelah barat Honshu, Jepang setelah gudang amunisinya meledak. Peristiwa itu menewaskan 621 awak kapal. Semasa Perang Dunia I, Kawachi sangat berjasa dalam kemenangan Jepang dalam Pertempuran Tsingtao melawan Jerman.

1920
Perjanjian Damai Lutania-Uni Soviet ditandatangani di Moskow, Rusia. Dari perjanjian itu, Uni Soviet mengakui kemerdekaan Lituania dari Polandia yang dideklarasikan pada 16 Februari 1918.

1943
Pertempuran antara pasukan Jerman dan pasukan Uni Soviet meletus di Prokhorovka, Rusia. Kini, pertempuran itu dikenang sebagai bentrok terbesar yang melibatkan kendaraan lapis baja sepanjang sejarah peperangan.

1962
Mick Jagger, Keith Richards, dan Brian Jones yang tergabung dalam grup band Little Blue & The Blue Boys tampil dalam acara musik bertajuk The Rollin’ Stones di Marquee Club, London, Inggris bersama Dick Taylor dan Ian Stewart. Pertemuan lima musisi itu disebut-sebut sebagai cikal bakal terbentuknya band legendaris bernama The Rolling Stones. Hingga kini, The Rolling Stones sudah meluncurkan 25 album studio.

Monumen Nasional di Jakarta, Indonesia. (Wikimedia.org)
1975
Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Indonesia resmi dibuka untuk umum setelah pembangunannya rampung sepenuhnya. Monas didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia-Belanda. Monumen setinggi 132 meter itu dibangun sejak 17 Agustus 1961.

1998
Untuk kali pertama, Prancis berhasil meraih gelar juara Pala Dunia FIFA. Prancis yang menjadi tuan rumah berhasil membekuk Brasil di partai final dengan skor telak, 3-0. Ketiga gol Prancis diciptakan Zinedine Zidane pada menit ke-27 dan ke-46, serta Emmanuel Petit di menit ke-90.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya